on

Nikon D5300: Harga, Ulasan dan Spesifikasi

Harga Nikon D5300 relatif terjangkau untuk ukuran sebuah kamera DSLR, wajar saja sebab kamera digital 24 MP ini memang diposisikan untuk entry-level segment. Beberapa fitur serta mode yang ditawarkan memperkuat positioning tersebut. Layar swivel berukuran 8.1 cm serta build quality solid menjadi daya tarik utama dari Nikon D5300 di samping faktor harga tentu saja.

Banderol Nikon D5300 hingga saat ini masih di bawah Rp 10 juta, tak jauh berbeda jika dibandingkan harga generasi pendahulunya Nikon D5200 yang menjadi andalan pabrikan tersebut di segmen sama tahun lalu. Untuk melihat seperti apa sebenarnya Nikon D5300 berikut mengenal beberapa ubahannya dibanding Nikon D5200 silakan menyimak ulasan singkatnya berikut.

Nikon D5300 Harga dan Spesifikasi


Kehandalan di Balik Harga Nikon D5300

Beberapa fungsi seperti eksposure, burst shooting, GPS, movie mode, WiFi dan sebagainya bisa diakses dengan mudah lewat tombol yang diletakkan dalam posisi ergonomis. Nikon D5300 mendukung koneksi dengan smartphone Android maupun iOS sayangnya dukungan yang sama belum disediakan untuk smartphone berbasis WP. Lagi pula koneksi yang dimaksud hanya sebatas pada pengaturan focus dan shutter.


Seperti sudah sedikit disinggung di atas bahwa build quality-nya sangat solid, bobotnya tergolong ringan untuk sebuah kamera digital SLR demikian pula grip-nya juga mantap dan tidak licin.

Harga Nikon D5300

Harga Kamera Digital SLR Nikon D5300

Pengoperasiannya secara keseluruhan terasa halus (fluid), memang untuk objek yang jaraknya dekat perlu waktu cukup lama bagi auto focus-nya untuk mengunci objek namun di luar itu secara umum Nikon D5300 termasuk responsif. Koreksi distorsi yang dilakukan secara otomatis lagi-lagi juga bekerja dengan sangat memuaskan.


Kekurangan di Balik Harga Nikon D5300

Nikon D5300 tidak menyediakan in-body focus drive karena itu lensa Nikkor keluaran lawas tak mampu melakukan auto-focus kala digunakan dengan kamera DSLR buatan Nikon ini. Selain itu kamera DSLR untuk pemula ini juga tak mendukung exposure bracketing.

Harga Kamera Digital Nikon D5300
Hitam
Harga Kamera Digital Nikon D5300
Jual Kamera Digital Nikon D5300

Bagaimanapun dengan harga Nikon D5300 yang saat ini ada di kisaran Rp 7 juta-an (body only) beberapa kekurangan tersebut sangat bisa dimengerti. Pada sisi lain, di luar beberapa kelebihan yang sudah disebut di atas fakta bahwa D5300 kompatibel dengan hampir semua lensa APS-C keluaran Nikon dan bahkan keluaran produsen lain seperti Pentax maupun Sony. Soal kualitas foto yang dihasilkan sama sekali tak ada komplain dari sudut pandang kami sekalipun banderol harga Nikon D5300 sangat terjangkau.