on

Pilih Microsoft Surface 3 atau iPad Air 2?

Menarik rasanya menyoroti perbandingan Microsoft Surface 3 vs. iPad Air 2 mengingat keduanya saat ini disebut-sebut sebagai “laptop killer”. Surface 3 dirilis awal bulan Mei dengan ukuran yang sedikit lebih kompak jika dibanding Microsoft Surface 3 Pro yang dirilis tahun lalu. Sedangkan iPad Air 2 yang dirilis lebih dahulu meski mendapat banyak kritik karena tak membawa ubahan signifikan dibanding pendahulunya namun tetap dalam posisi kompetitif di kategorinya sampai detik ini.

Baik Microsoft Surface 3 maupun iPad Air 2 sama-sama menawarkan layar sentuh dan proses transformasi singkat untuk mengubahnya menjadi sebuah desktop jika diperlukan. Sejak awal memang Microsoft memosisikan seri Surface sebagai pengganti laptop, sebaliknya Apple tak pernah merencanakan iPad Air untuk posisi tersebut meski pada akhirnya tidak terelakkan. Lantas diantara keduanya mana yang lebih produktif dalam menggantikan laptop? Simak perbandingan Microsoft Surface 3 vs. iPad Air 2 berikut.

Pilih Microsoft Surface 3 atau iPad Air 2?


Menelisik Perbandingan Microsoft Surface 3 vs. iPad Air 2

Microsoft Surface 3 secara demografis dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan laptop bagi mahasiswa serta pelajar. Banderol harganya memang lebih mahal jika dibandingan Microsoft Surface 3, namun kemampuannya menunjang produktivitas memang terbukti lebih unggul. Sayangnya selain harga yang kurang bersahabat bagi mahasiswa dan pelajar juga raksasa perangkat lunak asal AS itu tidak menyertakan keyboard docks sebagai aksesoris bawaan sehingga konsumen harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 2 juta lagi hanya untuk membeli keyboards docks orisinil untuk Microsoft Surface 3.

Baca juga: Microsoft Surface Pro 3 Review : Mampu Menggantikan Laptop?

Sisi positif atau bisa disebut sebagai keunggulan Microsoft Surface 3 adalah keberadaan aplikasi Office 365 yang diberikan secara cuma-cuma selama setahun, jika dikehendaki pemilik juga dengan mudah bisa melakukan upgrade ke Windows 8 full version yang otomatis berarti juga mendukung upgrade ke sistem operasi Windows 10 saat resmi dirilis nanti.

Jika di kategori phablet selama ini Samsung Galaxy Note 4 dianggap unggul karena menyertakan S-Pen maka Microsoft pun menyediakan pula peranti sejenis yaitu stylus pen khusus untuk mengoptimalkan produktivitas Microsoft Surface 3. Namun lagi-lagi aksesoris ini harus dibeli terpisah dengan harga yang cukup mahal yaitu sekitar Rp 700 ribu-an.

Sama halnya dengan Microsoft Surface 3 Pro, keberadaan stylus pen memang bisa sangat bermanfaat terutama untuk profesi-profesi tertentu seperti jurnalis, penulis atau sekretaris yang secra intensif membuat catatan-catatan hanya saja desainer Mircrosoft tidak memikirkan cara yang efektif untuk meletakkan stylus pen ini kala tidak digunakan sehingga beberapa pengguna justru merasakan keberadaannya tidak praktis.

Kelemahan lain dari Microsoft Surface 3 yang bisa dirasakan adalah proses transisi dari tampilan antar muka mobile ke desktop yang tidak berjalan mulus. Selain itu beberapa aplikasi buatan Google seperti browser Google Chrome, Youtube dan sebagainya seringkali tidak bisa diakses dan hanya menampilkan blank page saja.

Perbandingan Microsoft Surface 3 vs. iPad Air 2

Pada sisi lain iPad Air 2 tidak mendukung tampilan antar muka desktop karena memang tidak secara khusus dimaksudkan demikian. Namun ketersediaan aplikasi resminya jauh lebih kaya dan variatif jika dibandingkan Surface 3.

Baca juga: iPad Air 2 : Perbedaannya dengan iPad Air

Oleh karena pendekatan yang berbeda pula maka iPad Air 2 tidak memiliki port sebanyak Microsoft Surface 3 yang artinya jika Anda sering menghubungkan dengan berbagai perangkat lain sudah pasti Microsoft Surface 3 menjadi pilihan yang lebih fleksibel. Sementara dengan iPad Air 2 meski masih mungkin dilakukan namun selain terbatas juga Anda akan memerlukan adaptor.

Dari sisi desain, build quality Microsoft Surface 3 juga terasa lebih solid dibandingkan iPad Air 2.

Sebagai perangkat hiburan Microsoft Surface 3 memberikan pengalaman lebih baik dari sisi audio dengan kualitas suara yang jernih serta mantap dibandingkan speaker iPad Air 2, namun pada sisi lain kualitas layar iPad Air 2 lebih tajam dan cerah dibandingkan layar Microsoft Surface 3 meski ukurannya lebih kecil.

Oleh karena keduanya dimaksudkan untuk menjadi perangkat bergerak mobile maka dimensi sudah pasti turut dipertimbangkan ketika hendak membeli salah satu diantara keduanya. Bobot iPad Air 2 yang hanya 437 gram sudah jelas menempatkan tablet buatan Apple ini sebagai pilihan yang lebih baik dari sisi mobilitas dibandinga Microsoft Surface 3 dengan bobot 622 gram.

Sementara itu iPad Air 2 juga lagi-lagi unggul pada performa kamera meski di atas kerta keduanya cukup berimbang. Kamera 8.1 MP milik iPad Air 2 menghasilkan kualitas foto dengan tingkat detil dan kecerahan warna yang lebih baik dibanding foto yang dihasilkan oleh kamera 8 MP pada Microsoft Surface 3. Dalam kondisi minim cahaya seperti di dalam ruangan atau malam hari lagi-lagi kamera iPad menunjukkan performa yang jauh lebih baik dibanding kompetitornya itu. Kondisi ini masih ditambah dengan fakta bahwa kamera Microsoft Surface 3 hanya menyediakan fungsi-fungsi dasar seperti foto, video dan panorama.

Perbandingan Harga Microsoft Surface 3 vs. iPad Air 2

Perbandingan Microsoft Surface 3 vs. iPad Air 2

Cek Harga iPad Air 2
iPad Air 2
Harga iPad Air 2
iPad Air 2


Jadi Pilih Microsoft Surface 3 atau iPad Air 2?

Mana yang Anda pilih antara Microsoft Surface 3 atau iPad Air 2 semuanya bergantung kembali pada kebutuhan masing-masing. Jika Anda sekedar memerlukan fungsi tablet berikut dukungan kualitas kamera yang mumpuni pilihan sudah pasti jatuh pada iPad Air 2.

Sebaliknya jika yang Anda perlukan adalah perangkat yang powerful, mampu mendukung produktivitas lebih baik atau bahkan sebagai pengganti laptop Microsoft Surface 3 adalah pilihan lebih baik ketimbang iPad Air 2.