on

Alcatel Idol 3: Ambisi Alcatel Membanjiri Pasar dengan Phandroid Murah

Meski bukan termasuk pemain dominan di industri telepon genggam namun ambisi Alcatel yang belakangan ini terus merilis produk smartphone Android untuk segmen low-end tampaknya patut diwaspadai oleh para kompetitor. Sukses Microsoft menempatkan diri sebagai pemain yang disegani dengan cara bergerilya di segmen paling bontot tampaknya cukup menginspirasi Alcatel. Setelah di beberapa emerging markets mencatat penjualan cukup baik dengan Alcatel Onetouch Flash pabrikan yang sama belum lama ini merilis pula Alcatel Idol 3 untuk segmen menengah.

Spesifikasinya biasa saja, demikian fitur kamera yang diusung tidak tampak istimewa. Namun dengan perangkat lunak yang ringan pabrikan ini sanggup menyediakan smartphone Android murah yang performa fluiditasnya handal untuk keseharian. Seperti apakah Alcatel Idol 3? Simak liputan berikut.

Alcatel Idol 3


Kupas Spesifikasi Alcatel Idol 3

Casing berbahan plastik sudah tidak lagi ditolerir untuk smartphone kelas high-end masa kini, itu sebabnya pabrikan seperti Samsung yang bertahun-tahun mempertahankan material tersebut pada Galaxy seri S sudah meninggalkannya tahun ini. Namun siapa yang bakal berkeberatan jika smartphone Android kelas menengah seperti Alcatel Idol 3 masih menggunakan material plastik?

Walau demikian bukan berarti membuatnya tampak lebih berkelas juga merupakan keputusan yang bisa ditolerir. Itu sebabnya desain Alcatel Idol 3 yang tidak dilekati dengan logo berukuran besar atau warna-warni norak patut diapresiasi. Pendekatan sederhana sekaligus minimalis justru menjadikan smartphone Android murah berlayar 5.5 inch ini tampak beda dari kompetitor sekelasnya.

Bahkan desain ergonomis tampaknya juga tidak dikesampingka oleh sang produsen, alhasil semua tombol berada dalam posisi yang mudah dioperasikan dan dijangkau juga casingnya terasa nyaman saat digenggam.
Dengan tebal 7.4 mm bahkan ketebalan casing Alcatel Idol 3 tak beda jauh jika dibandingkan iPhone 6 Plus.

Kualitas Layar Alcatel Idol 3

Spesifikasi Harga Alcatel Idol 3

Mengharapkan layar dengan resolusi 4K atau Quad HD untuk phablet Android di kisaran harga ini tentu masih merupakan sebuah kemewahan, setidaknya sampai sekarang. Namun resolusi full HD yang ditampilkan oleh layar 4.4 inch milik Alcatel Idol 3 terbilang sangat baik untuk kelasnya. Ketajaman gambar dan warnanya memuaskan, meski warna hitam cenderung ditampilkan kemerah-merahan. Sedangkan viewing angles-nya termasuk luas.


Kualitas layar itu ditunjang pula dengan speaker JBL menghadap ke muka yang meski kualitasnya masih tak sebaik HTC One namun termasuk istimewa di kelas menengah. Pada volume tinggi suara yang dihasilkan tidak menjadi pecah, hanya saja memang suara bass-nya terasa belum optimal.

Alcatel memercayakan performa kecepatan Alcatel Idol 3 pada chipset Snapdragon 616 dengan prosesor octa- core 64 bit terintegrasi berikut RAM berkapasitas 2 GB untuk mendukung kemampuan multitasking-nya.
Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa tingka fluiditasnya sangat baik, hanya pada saat melakukan loading aplikasi berat Anda harus lebih bersabar menanti.

Di atas kertas kamera utama 13 MP membuat orang berharap kualitasnya mendekati iPhone 6 Plus atau Samsung Galaxy Note 4. Sayangnya tidak demikian, reproduksi warna dihasilkan cenderung kekuning-kuningan, lensa yang digunakan pun tak selebar dua produk kelas high-end yang disebut sebelumnya itu.
Melihat kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera Alcatel Idol 3 maka promosi pihak pabrikan yang menyebutnya sebagai “industry leading” menjadi terdengar menggelikan.

Kamera Alcatel Idol 3

Setidaknya pada bagian depan Alcatel menempatkan kamera selfie 8 MP yang kualitasnya cukup memesona selama Anda hanya bermaksud mengunggah foto-foto di media sosial atau blog dan tidak untuk dicetak.

Kelebihan dan Kekurangan Alcatel OneTouch Idol X+

Kesimpulan untuk Phablet Android Alcatel Idol 3

Phablet Android Alcatel Idol 3 di atas kertas terdengar potensial. Harga yang murah, desain lumayan elegan, layar berkualitas baik serta speaker yang bakal menyenangkan hati penggemar musik merupakan kekuatan dari smartphone terbaru buatan Alcatel ini. Namun di kisaran harga sama saat ini ada nama-nama seperti Asus Zenfone 2, OnePlus One dan Xiaomi Mi4 yang potensinya lebih terbukti ketimbang Alcatel Idol 3.