on

Pilih Asus Zenfone 2 ber-chipset Intel atau Asus Zenfone 2 ber-chipset Qualcomm?

Pada gelaran Computex beberapa waktu lalu pabrikan asal Taiwan Asus memperkenalkan versi baru dari Asus Zenfone 2. Kali ini Zenfone 2 bukannya menggunakan chipset Intel Atom sebagaimana sudah resmi dirilis lebih dahulu melainkan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon. Sang produsen memberi nama Asus Zenfone 2 ber-chipset Snapdragon 615 ini dengan sebutan Asus Zenfone 2 ZE600KL.

Asus Zenfone 2 ZE600KL bukan saja mengusung chipset yang berbeda dari tipe Zenfone 2 lainnya namun juga ukuran layar yang lebih besar yaitu 6 inch dengan resolusi Full HD (pada versi resminya nanti). Diperkenalkan secara bersamaan dengan Asus Zenfone Selfie tampaknya smartphone Android terbaru buatan Taiwan itu segera disambut penuh antusiasme terutama dari calon konsumen yang selama ini sudah jatuh hati terhadap produk Asus Zenfone 2 namun masih memiliki keraguan terhadap chipset Intel Atom yang diusungnya.

Pilih Asus Zenfone 2 ber-chipset Intel atau Asus Zenfone 2 ber-chipset Qualcomm?


Panduan Singkat: Pilih Asus Zenfone 2 ber-chipset Intel atau Asus Zenfone 2 ber-chipset Qualcomm?

Keputusan pabrikan asal Taiwan itu untuk memberi nama Asus Zenfone 2 ZE600KL lagi-lagi menambah kebingungan di benak konsumen. Selain karena saat ini sudah ada beberapa tipa Asus Zenfone 2 yang sudah beredar di pasaran juga sebenarnya ZE600KL ini cukup berbeda dari Zenfone tipe lain. Sebenarnya bakal terasa lebih masuk akal dan sekaligus mudah diingat dalam benak konsumen jika Asus memberinya nama Asus Zenfone 3.

Mula-mula hal paling utama yang membedakan adalah penggunaan chipset Snapdragon 615 dimana Zenfone 2 lain menggunakan Intel Atom. Bahkan jika benar seperti klaim beberapa pihak yang menyebutkan bahwa performa chipset besutan Qualcomm ini setara dengan Intel Atom namun bukan berarti keduanya memberikan pengalaman yang sama persis di lapangan.

Baca juga: Bingung Dengan Asus Zenfone 2? Ini Penjelasannya!

Di luar itu Asus pun memberikan beberapa fitur baru pada Asus Zenfone 2 ZE600KL. Selain layar lebar berukuran 6 inch dengan resolusi 1080 pixels masih ada pula fitur laser autofocus pada kamera utama seperti yang selama ini hanya dimiliki oleh smartphone kelas high-end yaitu LG G4 dan beberapa smartphone LG lainnya di segmen tertinggi.

Kamera Asus Zenfone 2 ZE600KL

Baca Juga: Impresi Awal LG G4

Kala dipamerkan di event Computex versi purwarupa Asus Zenfone 2 ZE600KL masih menerapkan resolusi 720 pixels pada layarnya, namun pihak pabrikan menyebut bahwa saat resmi dirilis nanti akan tersedia pula versi layar dengan resolusi Full HD. Dan sekalipun hanya layar beresolusi 720 pixels yang ditawarkan pada unit demo namun tingkat kecerahan warna layarnya (brightness level) tampak lebih baik jika dibanding Zenfone 2 yang sudah beredar saat ini.

Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone 2 ZE600KL Indonesia

Jadi, Pilih Asus Zenfone 2 ber-chipset Intel atau Asus Zenfone 2 ber-chipset Qualcomm?

Meski dengan updgrade minimal seperti ini umumnya pabrikan lain akan memberi nama yang berbeda pada produk terbarunya. Sebaliknya Asus justru menempatkannya sebagai salah satu tipe baru dari keluarga Asus Zenfone 2.

Pada satu sisi keputusan tersebut bisa membuat konsumen semakin bingung namun sisi positifnya keputusan ini merupakan bukti bahwa Asus memiliki komitmen tinggi terhadap lini produk Zenfone 2. Tak penting sebenarnya bagaimana mereka memberi nama, fakta bahwa Zenfone 2 adalah lini produk handal, kaya fitur dengan harga sangat terjangkau sudah pasti sangatlah menguntungkan di sisi calon konsumen manapun.

Jika memang banderol harga Asus Zenfone 2 dengan chipset Snapdragon 615 ini tak jauh berbeda dengan versi yang sudah ada maka dari sisi value for money tampaknya lebih layak dilirik ketimbang pendahulunya.