on

Mengenal Sosok Lenovo K3 Note: Phablet Android Murah Berprosesor Octa-core

Phablet Android murah memang bukan sesuatu yang baru, sebab setidaknya dalam kurun waktu dua tahun terakhir berbagai pabrikan mulai menggarap segmen low-end ini dengan lebih agresif. Walau demikian kehadiran phablet murah Lenovo K3 Note tetap layak disoroti. Sebab pabrikan asal Cina ini menawarkan beberapa keunggulan yang tak banyak ditawarkan oleh kompetitor sekelas.

Lenovo K3 Note awalnya tak banyak mendapat perhatian, namun begitu beberapa media memberi ulasan positif terhadap performanya maka dalam waktu singkat publik pun dibuat penasaran oleh sosok phablet Android buatan Lenovo dengan harga terjangkau ini. Untuk meredam rasa penasaran Anda berikut sajian ulasan spesifikasi Lenovo K3 Note.

Spesifikasi dan Harga Lenovo K3 Note


Mengulas Spesifikasi Phablet Android Murah Lenovo K3 Note

Sekalipun performa kecepatan merupakan titik awal terarahnya sorotan pada Lenovo K3 Note namun perusahaan yang mulai terkenal setelah meraup sukses di industri laptop beberapa tahun lalu itu tak mengandalkan performa kecepatan sebagai satu-satunya nilai jual atau keunggulan Lenovo K3 Note.

Dengan harga di kisaran Rp 2 juta-an umumnya phablet Android yang ada di pasaran tak mampu menawarkan kualitas layar yang memadai. Berangkat dari fakta tersebut maka Lenovo memberikan layar beresolusi Full HD (1080 pixels) untuk Lenovo K3 Note. Tidak sempurna memang, ketajamannya jika dibandingkan layar beresolusi Full HD milik OnePlus One namun untuk kisaran harga ini tetap layak diapresiasi.

Reproduksi warna yang dihasilkan juga relatif enak untuk dilihat dan terasa hidup meski reproduksinya tak terlalu realistis. Lenovo juga menggunakan layar berteknologi IPS namun jangan berharap warna hitam yang ditampilkan sesolid layar IPS pada umumnya, demikian pula halnya dengan viewing angles.

Phablet Android Murah Lenovo K3 Note

Hal paling menonjol yang muncul sebagai upaya pabrikan menekan biaya produksi demi mempertahankan harga jualnya kompetitif untuk segmen low-end terlihat dari kualitas material casing yang sepenuhnya adalah plastik. Plastiknya sendiri juga tak dilindungi oleh coating apapun sehingga sangat mudah tergores selama penggunaan sehari-hari.

Seperti sudah disebut di awal bahwa keunggulan utama dari phablet murah Lenovo K3 Note terletak pada performa kecepatannya. Dengan banderol harga yang jauh lebih murah Lenovo K3 Note mampu menawarkan performa kecepatan yang sama baiknya dengan OnePlus One. Bahkan tingkat fluiditas-nya terasa setara dengan Samsung Galaxy Note 4 atau Nexus 6 yang dibanderol sekitar empat kali lipat lebih mahal dibanding harga Lenovo K3 Note.
Performa multitasking juga sama memesonanya dan membuat Anda merasa seolah sedang menggunakan phablet Android yang harganya jauh lebih mahal.

Hasil Benchmark Lenovo K3 Note

Lenovo juga mempertahankan keunggulan yang dimiliki oleh Lenovo A7000 dan Lenovo A6000 dalam hal kualitas suara kala membesut Lenovo K3 Note. Karenanya lagi-lagi mayoritas konsumen bakal terheran-heran dengan kualitas suara yang melebihi ekspektasi. Bahkan tanpa mengatur setting equalizer pun suara yang dihasilkan sudah begitu mantap sekaligus jernih. Satu-satunya kelemahan di sektor audio adalah volume yang terasa kurang maksimal, meski pada sisi lain saat volume dinaikkan ke tingkat paling tinggi tetap tidak terjadi gejala distorsi.


Seperti sudah diduga bahwa kamera utama 13 MP yang diusung oleh Lenovo K3 Note tak menghasilkan kualitas setara dengan kamera pada smartphone kelas mid-end lebih-lebih high-end. Namun di kisaran harga Rp 2 juta-an kami dengan yakin menilai kualitas kamera Lenovo K3 Note adalah yang terbaik. Foto yang dihasilkan tampak jernih dengan reproduksi warna cukup akurat. Keseimbangan warna putih dan akurasi warna adalah dua hal yang menjadi keunggulan kamera Lenovo K3 Note dibanding kamera phablet atau smartphone lain di kisaran harga ini.
Sedangkan kelemahan di fitur ini terletak pada auto focus yang relatif lambat bekerja jika dibandingkan beberapa kompetitor sekelasnya.

Kamera Lenovo K3 Note

Kesimpulan Review Phablet Android Murah Lenovo K3 Note

Harga Lenovo K3 Note saat ini dibanderol $200 dengan kualitas audio yang menakjubkan, layar 1080 p meski tak sempurna serta kamera yang melebih ekspektasi rasa-rasanya harga tersebut lebih dari pantas untuk menebus phablet Android murah buatan produsen asal Cina ini.

Jika ketiga hal itu masih belum cukup maka pertimbangkan pula performa kecepatan serta multitasking setara phablet Android yang banderolnya dua hingga empat kali lebih mahal juga fakta bahwa Lenovo K3 Note sudah menjalankan sistem operasi Android terbaru yaitu Android Lollipop.