on

Mengenal Phablet Android Murah Lenovo A7000

Lenovo A7000 dihadirkan untuk bersaing dengan kompetitor yang sudah lebih dahulu menggarap segmen phablet Android murah seperti Samsung, Huawei serta ZTE. Kecenderungan konsumen yang dewasa ini makin menggemari smartphone berlayar lebar (phablet) membuat Lenovo pada akhirnya tergoda untuk turut mencicip segmen yang sedang booming. Sebelumnya pabrikan yang sama sudah mencatat kesuksesan lewat Lenovo A6000 dan A6000 Plus, akankah mereka meraih sukses yang sama lewat Lenovo A7000?

Lenovo A7000 utamanya ditujukan bagi mereka yang tidak sekedar menggunakan ponsel untuk bertelepon ata berkirim pesan (SMS, BBM, WA, e-mail, dll.) namun juga secara rutin menggunakan perangkat tersebut untuk internet surfing bahkan mungkin juga sesekali memutar film. Bagi konsumen dengan kebutuhan semacam ini tentu layar yang lebar bakal terasa sangat membantu. Untuk melihat apa saja yang ditawarkan oleh Lenovo A7000 selain layar berukuran lebar, silakan menyimak ulasan singkat berikut:

Phablet Android Murah Lenovo A7000


Desain dan Spesifikasi Phablet Android Murah Lenovo A7000

Dari sisi desain Lenovo A7000 seolah merupakan Lenovo A6000 yang dimensinya diperbesar, dengan kata lain ada kemiripan yang begitu kental antara kedua ponsel tersebut pada sisi desain. Dengan tebal 8 mm dan bobot 140 gram sebenarnya phablet Android murah buatan Lenovo ini termasuk nyaman dioperasikan meski ukuran layarnya begitu lebar.

Seperti halnya dengan A6000, material casing A7000 pun mengandalkan plastik untuk menghemat biaya produksi. Namun seperti sebelumnya Lenovo kembali berhasil mengaburkan kesan murahan lewat pengerjaan yang rapi. Beberapa tombol seperti pengatur volume serta tombol daya dibuat dengan material logam. Satu-satunya kelemahan di sektor desain adalah capacitive buttons di bawah layar yang masih non backlit sehingga cukup sulit kala menggunakannya di malam hari.

Harga Lenovo A7000

Desainer Lenovo lagi-lagi menunjukkan ketelitiannya dengan menempatkan lubang speaker di bagian kanan atas bagian belakang yang jauh dari jangkauan jari kala digenggam. Tujuannya tentu saja agar suara yang dihasilkan tidak terhalang. Sayangnya mereka melupakan kemungkinan speaker ini bakal terhalang oleh meja atau permukaan lain kala phablet itu diletakkan.

Di balik cover belakang sendiri terletak baterai, slot dual SIM card serta slot untuk meletakkan microSD.
Lenovo memercayakan performa kecepatan A7000 pada chipset MediaTek MT6752m dengan prosesor Octa-core serta GPU Mali-T760MP2 terintegrasi.
Pada satu sisi pihak pabrikan tampak bermurah hati dengan memberikan RAM berkapasitas 2 GB, namun pada saat yang bersamaan mereka hanya menyediakan kapasitas memori internal 8 GB. Untungnya selain mendukung memori eksternal hingga kapasitas maksimal 32 GB, phablet Android murah keluaran Lenovo ini juga mendukung USB OTG.

Spesifikasi Lenovo A7000

Fitur yang disediakan antara lain adalah kamera utama 8 MP, kamera sekunder 5 MP, dukungan jaringan 4G, Wi-Fi a/b/g/n dan Bluetooth 4.0.

Kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera 8 MP relatif baik namun tidak istimewa, keistimewaannya justru terletak pada kecepatannya yang di atas rata-rata phablet di kisaran harga ini.

Layar IPS-nya sendiri memiliki resolusi HD 720 pixels dengan kepadatan warna 267 ppi dan terlindung oleh Dragontrail buatan Asahi. Kualitas layarnya cukup baik untuk ukuran enty level phablet. Tingkat saturasi, viewing angles serta tingkat kecerahan warnanya meski tak istimewa namun dalam kategori baik.

Kualitas Lenovo A7000

Sistem Android Lollipop beserta tampilan antar muka VIBE UI 3.0 menjadi perangkat lunak yang sejak awal dijalankan oleh phablet murah Lenovo A7000. Beberapa game seperti “Asphalt 8” mampu dijalankan dengan baik oleh perangkat mobile yang banderolnya termasuk murah ini.
Kondisi itu ditegaskan pada uji benchmark dimana A7000 mencatat point 30,159 pada uji AnTutu, 14,714 untuk Quadrant, 22 fps pada 3DMark Ice Storm Extreme serta 5,990 untuk uji GFXbench. Singkatnya para penggemar games Android tak bakal dikecewakan oleh performa Lenovo A7000.

Sama seperti Lenovo A6000, sang produsen pun memberikan dukungan teknologi Dolby Atmos untuk Lenovo A7000. Namun jika pada A6000 kami memberikan penilaian positif bahkan menyebutnya sebagai keunggulan utama ponsel tersebut maka tidak demikian halnya pada A7000. Sejujurnya kami tak merasakan ada perbedaan kala mode Dolby diaktifkan dengan kondisi kala di-nonaktifkan pada phablet ini. Suaranya memang tidak pecah meski diset pada volume paling tinggi, namun sekalipun diset di level tertinggi ini pun kami merasa suara yang dihasilkan masih belum cukup keras.

Sementara itu baterai berkapasitas 2900 mAh yang diusungnya mampu bertahan selama 10 jam 12 menit kala melakukan video loop.


Cek Harga Lenovo A7000
Lenovo A7000
Harga Lenovo A7000
Laptop Asus X200MA


Kesimpulan dan Harga Phablet Android Murah Lenovo A7000

Dengan kelebihan dan kelemahan yang dimiliki Lenovo A7000 sebenarnya banderol yang tak lebih dari Rp 2 juta terasa sangat layak. Mengingat di kisaran harga sama masih ada beberapa produk besutan produsen lain seperti Huawei Honor 4x, Xiaomi Redmi Note 4G dan juga InFocus M330 maka phablet keluaran Lenovo ini rasanya tak bakal melenggang dengan mudah. Walau demikian kami cukup optimis dengan potensi yang dimiliki phablet Android murah Lenovo A7000.