on

Sekilas Spesifikasi Asus Zenfone Selfie

Asus Zenfone Selfie menjadi smartphone kedua buatan pabrikan asal Taiwan Asus yang menyedot banyak perhatian setelah sebelumnya perusahaan yang sama mencatat sukses dengan Asus Zenfone 2. Lewat Zenfone Selfie ini tampaknya Asus ingin mengekploitasi kegemaran berfoto diri (selfie) yang makin hari makin populer di berbagai kelompok usia.

Penamaan Asus Zenfone Selfie lagi-lagi memang membuat sebagian konsumen bertanya-tanya mengenai kebijakan penamaan produk smartphone Asus. Setelah menggunakan nama Zenfone 4, 5 dan 6 pabrikan asal Taiwan itu merilis Asus Zenfone 2 dalam beberapa versi. Kini bahkan muncul Asus Zenfone Selfie yang seolah terlepas dari lini produk yang sudah ada sebelumnya.

Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone Selfie


Spesifikasi Asus Zenfone Selfie

Asus Zenfone Selfie yang rencananya akan dirilis dalam beberapa bulan kedepan mengusung layar IPS LCD dengan resolusi Full HD berukuran 5.5 inch dan menghasilkan kerapatan warna hingga 403 ppi. Pihak produsen mengklaim bahwa layar ini memiliki viewing angles yang luas yaitu hingga 178 derajat. Seolah tak ingin main-main dengan kualitas layarnya maka Asus pun mengadopsi teknologi TruVivid yang konon mampu menghasilkan warna serta gambar yang lebih jernih, lebih tajam dan lebih hidup dibandingkan layar yang tak mengadopsi teknologi tersebut. Dalam rangka memaksimalkan layar pula para desainer bahkan hanya memberikan ruang selebar 3.3 mm untuk bezel-nya. Corning Gorilla Glass 4 serta oleophobic coating menjadi pelengkap sekaligus bertugas meminimalisir kemungkinan terjadinya goresan pada layar canggih milik Asus Zenfone Selfie ini.

Smartphone Android terbaru keluaran Asus ini memiliki dimensi 156.5 x 77.2 x 10.8 mm dan bobot 170 gram. Dimensi dan bobotnya memang tidak tampak istimewa namun ada dua hal di bagian desain yang seolah ingin memperkuat citra serta positioning Asus Zenfone Selfie sebagai smartphone khusus selfie yaitu pilihan warna casing yang mencolok dengan warna-warna pastel serta penempatan tombol kamera yang didesain secara khusus untuk memudahkan proses berfoto selfie.

Tentu saja performa kecepatan tak lantas dikorbankan hanya karena positioning-nya sebagai ponsel selfie. Sang produsen memercayakan performa kecepatan ini pada chipset Snapdragon 615 yang memiliki prosesor octa-core serta GPU Adreno 405 terintegrasi. Kemampuan multitasking-nya sendiri diladeni oleh RAM berkapasitas 2 GB dan 3 GB. Paduan spesifikasi tersebut menempatkan Asus Zenfone Selfie sejajar dengan smartphone Android kelas menengah masa kini lainnya dilihat dari performa kecepatan.

Fitur utama Asus Zenfone Selfie yang sudah pasti juga menjadi sorotan calon konsumen tentu saja adalah performa kamera. Pada bagian belakang pabrikan Taiwan ini menempatkan kamera utama 13 MP dengan lensa f/2.0 yang dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuannya menangkap cahaya dalam ruangan atau di malam hari. Sedangkan di bagian depan terdapat kamera sekunder 13 MP juga namun kali ini lensanya memiliki aperture f/2.2. Baik kamera depan maupun belakang sama-sama menggunakan lensa Largan dan sensor Toshiba berikut dukungan fitur dual tone LED flash. Di atas kertas mestinya kedua kamera ini sanggup menghasilkan foto dengan detil dan reproduksi warna yang baik. Namun untuk kepastiannya masih harus diuji saat Asus Zenfone Selfie resmi dirilis nanti.

Kamera Asus Zenfone Selfie

Bersama dengan sistem operasi Android Lollipop pihak pabrikan menyertakan tampilan antar muka ZenUI seperti biasa namun dengan tambahan beberapa fitur pendukung selfie seperti misalnya hanya dengan pergerakan menyerupai huruf “S” di depan layar akan secara otomatis mengaktivasi kameranya.

Calon pembeli dihadapkan pada dua opsi kapasitas memori internal masing-masing adalah 16 GB dan 32 GB dimana keduanya sama-sama mendukung memori eksternal hingga 64 GB.
Sedangkan baterai berkapasitas 3.000 mAh secara teoritis mampu bertahan setidaknya selama dua hari.

Impresi Awal Asus Zenfone Selfie

Asus Zenfone Selfie tampaknya memiliki potensi kuat lebih-lebih dalam rangka memperkuat posisi pabrikan asal Taiwan itu di pasar telepon selular dengan makin memperluas segmen serta pangsa pasar yang dibidik.
Dalam beberapa bulan kedepan smartphone Android khusus selfie ini akan resmi dirilis meski sampai saat ini berapa harga Asus Zenfone Selfie masih belum diumumkan secara resmi.