on

Dell Venue 8 7000 – Tablet Android dengan Empat Kamera

Pengumuman resmi bakal hadirnya tablet Android Dell Venue 8 7000 cukup mengejutkan, sebab sudah cukup lama perusahaan asal Texas itu absen di industri perangkat mobile. Nama Dell Venue bahkan sudah sempat dilupakan oleh konsumen termasuk di negeri asalnya sendiri. Kondisi tersebut masih diperparah lagi dengan menurunnya permintaan atas Tablet karena umumnya konsumen beralih ke Phablet serta Hybrid yang menjadikan kategori Tablet terhimpit diantaranya.

Dell Venue 8 7000 bagaimanapun diyakini oleh pabrikan pembuatnya bakal mendapat respon positif dari pasar. Selain harganya yang ideal juga ada beberapa keunggulan Dell Venue 8 7000 lain yang melatarbelakangi rasa percaya diri tersebut. Simak ulasan singkat tablet Android Dell Venue 8 7000 berikut.

Tablet Android Terbaru Dell Venue 8 7000


Membedah Potensi Tablet Android Dell Venue 8 7000

Dari tampilannya Dell Venue 8 7000 cukup menonjol karena tidak mengusung desain konvensional sebagaimana kompetitor lain sekelasnya. Dell bahkan mengklaim bahwa tablet Android terbarunya ini adalah yang tertipis di antara tablet berukuran layar 8 inch yang ada saat ini, ketebalannya sendiri hanya 6 mm.

Sementara itu pilihan Dell untuk mengandalkan prosesor Intel Atom, GPU PowerVR, wireless 802.11ac bahkan kamera RealSense Snapshot buatan Intel lagi-lagi terasa mengejutkan, sebab dengan spesifikasi tersebut umumnya sebuah tablet bakal menjalankan sistem operasi Windows dan bukannya Android sebagaimana dalam kasus Dell Venue 8 7000 ini.

Sistem RealSense Snapshot sendiri adalah salah satu keunikan dari Dell Venue 8 7000 yang berpotensi juga menjadi salah satu keunggulan. Mengadopsi sistem tersebut maka pihak pabrikan menempatkan empat kamera pada tablet Android Dell Venue 8 7000. Dua di antaranya yaitu masing-masing di bagian depan dan belakang sudah sangat lumrah, namun di belakang tablet ini sendiri sebenarnya ada tiga kamera. Dimana dua diantaranya merupakan aplikasi dari RealSense Snapshot.

RealSense pada prinsipnya bekerja hampir serupa dengan sistem Lytro yang sudah dikenal sebelumnya. Sistem ini menggunakan dua sensor tambahan yang ada di belakang tablet tersebut untuk menangkap lebih banyak layer sebuah objek. Menurut klaimnya kamera tambahahan tersebut mampu menangkap informasi (detil) hingga 30 meter di depannya.

Sedangkan aplikasi perangkat lunak pendukungnya sendiri memberi keleluasaan bagi pengguna untuk menentukan fokus serta bokeh sehingga hasil akhir fotonya bisa tampak sangat dramatis di samping layer-layer-nya pun lebih nyata ketimbang kamera konvensional.

Masih ada fitur-fitur lain yang ditawarkan oleh perangkat lunaknya seperti pilihan mode filter dan sebagainya yang pada dasarnya mirip dengan kemampuan yang ditawarkan oleh perangkat lunak pengolah gambar seperti Photoshop hanya saja RealSense menjadikan proses tersebut jauh lebih sederhana sehingga pengguna tak perlu belajar terlebih dahulu untuk melakukan olah foto.

Tak kalah penting serta menakjubkannya adalah kerjasama antara perangkat keras dan perangkat lunak pada sistem RealSense ini memungkinkan Anda untuk mengukur dimensi objek-objek yang ditangkap olehnya. Ambil contoh saja saat hendak belanja furniture, alih-alih membawa meteran dan mengukur furniture untuk memastikan ukuranya pas dengan ruangan rumah Anda maka yang perlu Anda lakukan hanyalah mengambil fotonya dan nantinya perangkat lunak akan mendeteksi dimensi panjang, lebar serta tinggi dari objek tersebut. Hanya saja untuk mengoptimalkan akurasi pengukuran tersebut Anda tidak boleh berdiri terlalu jauh dari objek yang dimaksud.

Menarik memang fitur pengukuran tersebut, tentu akan lebih baik jika fitur yang sama diterapkan pada kamera smartphone mengingat tablet bukanlah perangkat yang senantiasa dibawa oleh pengguna kemana-kemana terlebih jika tujuannya hanya untuk berfoto atau belanja furniture mengingat dimensi yang sama sekali tidak terasa praktis.

Dell Venue 8 7000 Masuk Indonesia

Bicara soal dimensi, Dell Venue 8 7000 memiliki lebar yang hampir sama dengan iPad Mini. Bobotnya yang 307 gram sendiri berarti juga hanya 1 gram lebih berat dibanding iPad Mini. Jadi untuk ukuran sebuah tablet sebenarnya Dell Venue 8 7000 mendukung mobilitas dengan sangat baik. Sayangnya penempatan kamera depan maupun belakang yang berada di bagian bawah berdampak negatif dari sisi ergonomis. Kamera-kamera tersebut berada tepat pada bagian dimana umumnya orang menggenggam sebuah tablet, sehingga besar kemungkinan lensa-lensa tersebut kotor oleh tangan dan harus sering-sering dibersihkan terutama sebelum menggunakannya untuk berfoto. Untungnya pihak pabrikan cukup sadar dengan memberikan fitur yang akan memberi peringatan manakala sensor tersebut terhalang baik oleh tangan maupun objek lain.

Kamera Dell Venue 8 7000

Pada uji benchmark performa Dell Venue 8 7000 menempatkan dirinya sejajar dengan smartphone flagship seperti Sony Xperia Z3+ meski sedikit lebih lambat jika dibandingkan Nexus 9. 931 point untuk Geekbench pada mode single core serta 2917 pada multi core menjadi acuannya. Beberapa phablet terbaik tahun ini seperti Samsung Galaxy Note 4 dan Meizu MX4 juga mencatatkan point lebih baik dibanding Dell Venue 8 7000 dalam uji AnTuTu.

Bagaimanapun prosesor quad-core berkecepatan 2.33 GHz besutan Intel berikut RAM berkapasitas 2 GB semestinya sudah cukup untuk membuat tablet Android berkamera super ini menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar berikut proses loading singkat. Dell Venue 8 7000 sendiri menyediakan memori internal berkapasitas 16 GB dengan dukungan memori eksternal jika diperlukan.

Dengan penempatan speaker pada bagian depan (front facing) didukung lagi dengan sistem Maxx Audio kualitas suara yang dihasilkan cukup keras meski masih terasa belum optimal.
Sedangkan layar berukuran 8.4 inch berteknologi OLED yang menampilkan resolusi 2560 x 1600 pixels bukan hanya jernih dan tajam namun juga memiliki viewing angles luas.

Spesifikasi dan Harga Dell Venue 8 7000

Dell mengklaim bahwa baterai Tablet Android berkamera super buatannya ini sanggup bertahan selama 9.8 jam, Geekbench mencatat baterai ini sanggup bertahan selama 7 jam dan 37 menit. Namun selama Anda tidak secara intens menggunakannya untuk bermain game Android maka asumsi kami baterai Dell Venue 8 7000 ini bakal bertahan selama satu hari.

Kesimpulan Review Dell Venue 8 7000

Terlepas dari fakta bahwa pangsa pasar Tablet sudah semakin minim dalam beberapa tahun terakhir faktanya Dell Venue 8 7000 sebagai sebuah produk tampak sangat potensial. Bukan saja sebagai pendukung produktivitas berkomunikasi (e-mail, video chat, dll) serta menjelajah internet namun tablet Android terbaru keluaran Dell ini juga memiliki potensi yang besar sebagai perangkat multimedia.

Saat masuk ke Indonesia harga Dell Venue 8 7000 sendiri sejauh ini diprediksi bakal dibanderol sekitar Rp 600 ribu lebih mahal dari HTC Nexus 9. Apakah selisih harga tersebut layak untuk menebus kamera super yang dimilikinya silakan Anda sendiri sebagai calon konsumen mempertimbangkan value tersebut bagi Anda.