on

Komparasi Samsung Galaxy J5 vs. Xiaomi Mi 4i

Perbandingan Samsung Galaxy J5 vs. Xiaomi Mi 4i hendak melihat sejauh mana pabrikan asal Korea tersebut memiliki kesungguhan menghadapi rival-rival baru terutama di segmen menengah yang kompetisinya tahun ini menjadi panas oleh kehadiran Xiaomi Mi 4i dan Asus Zenfone 2. Sebenarnya di segmen ini Samsung juga masih memiliki Galaxy J7 namun Galaxy J5 dipilih dalam perbandingan kali ini karena harganya lebih setara dengan Mi 4i.

Xiaomi Mi 4i disebut-sebut sebagai flagship model Xiaomi khusus untuk emerging markets sedangkan Galaxy J5 semenjak awal menempatkan fitur kamera sebagai key selling point-nya. Di masa lalu kualitas kamera smartphone Xiaomi masih jauh di bawah kamera Samsung Galaxy. Apakah kondisi yang sama masih berlaku tahun ini? Ataukah Xiaomi sudah banyak belajar kali ini?

Komparasi Samsung Galaxy J5 vs. Xiaomi Mi 4i


Kupas Komparasi Desain & Spesifikasi Samsung Galaxy J5 vs. Xiaomi Mi 4i

Casing Xiaomi Mi 4i mengandalkan material polycarbonate sebagaimana halnya Samsung Galaxy J5. Meski tak menggunakan casing berbahan metal namun kualitas desain maupun build quality yang baik menjauhkan kesan murahan daripadanya. Dengan dimensi 138.1 x 69.6 x 7.8 mm serta desain ergonomis smartphone Xiaomi terbaru yang dirancang khusus untuk emerging markets ini terasa sangat nyaman digenggam dan mendukung mobilitas tinggi pemiliknya. Bobot yang hanya 130 gram makin mendukung citra positif pada sisi desain tersebut.

Pada sisi lain Samsung Galaxy J5 sama sekali tak mengusung inovasi dari sisi desain, Samsung memang terkenal malas dalam menciptakan desain baru sehingga selama bertahun-tahun penampilan semua produk Samsung Galaxy cenderung stagnan. Jika hanya melihat sekilas saja orang bisa salah mengidentidikasikan Samsung Galaxy J5 sebagai Samsung Galaxy Grand. Membosankan memang, namun bukan berarti buruk sebab build quality yang baik masih bisa diharapkan dari smartphone Samsung Galaxy terbaru ini. Dimensi 142 x 73 x 8.5 mm serta bobot 149 gram menjadikan Galaxy J5 lebih lebar, tebal sekaligus lebih berat dibanding Xiaomi Mi 4i meski tetap nyaman mendukung mobilitas.


Perbandingan layar Samsung Galaxy J5 vs. Xiaomi Mi 4i menempatkan keduanya pada posisi imbang jika hanya melihat ukurannya saja. Namun dengan resolusi 1080 x 1920 pixels serta kepadatan warna 441 pixels menjadikan ketajaman gambar dan warna pada layar Xiaomi Mi 4i jauh lebih baik dibandingkan ketajaman serta reproduksi warna layar Samsung Galaxy J5 yang hanya menawarkan resolusi 720 x 1280 pixels dan kepadatan warna 282 ppi. Pada poin ini jelas sekali bahwa Xiaomi Mi 4i mampu mempecundangi Samsung Galaxy J5 dengan sangat telak.

Perbandingan Samsung Galaxy J5 vs. Xiaomi Mi 4i

Komparasi Samsung Galaxy J5 vs. Xiaomi Mi 4i

Keunggulan Xiaomi Mi 4i masih berlanjut di sektor performa berkat kombinasi kerja sama prosesor octa-core berkecepatan 1.7 GHz dan RAM berkapasitas 2 GB. Samsung sendiri hanya mengandalkan prosesor quad-core 1.2 GHz dan RAM 1.5 GB.
Meski demikian Samsung Galaxy J5 mendukung penambahan memori eksternal hingga kapasitas 128 GB sedangkan Xiaomi Mi 4i tidak menawarkan dukungan yang sama.
Jadi pilihan antara performa dan media penyimpanan merupakan trade-off dimana konsumen harus menentukan sendiri mana yang dianggap lebih penting dari keduanya.


Oleh karena resolusi layar serta spesifikasi prosesor yang lebih tinggi Xiaomi menempatkan baterai dengan kapasitas lebih besar dibanding Galaxy J5 yaitu 3120 mAh sedangkan Samsung cukup menggunakan baterai 2600 mAh. Dalam pengujian awal keduanya sama-sama sanggup bertahan selama sehari tanpa kesulitan.

Sayang sekali pada perbandingan kamera Samsung Galaxy J5 vs. Xiaomi Mi 4i belum bisa dibahas karena kamera Galaxy J5 belum diuji kala perbandingan ini dibuat. Di atas kertas keduanya imbang karena sama-sama menawarkan kombinasi 13 MP dan 5 MP, namun angka-angka tersebut sama sekali bukan representasi dari kualitas yang sesungguhnya.

Pada point perbandingan konektivitas Samsung Galaxy J5 vs. Xiaomi Mi 4i menempatkan Samsung sedikit lebih unggul atas Xiaomi karena versi Bluetooth yang lebih baru serta keberadaan modul NFC.

Kesimpulan Hasil Komparasi Samsung Galaxy J5 vs. Xiaomi Mi 4i

Dalam perbandingan awal Samsung Galaxy J5 vs. Xiaomi Mi 4i terlihat bahwa Xiaomi Mi 4i unggul dalam hal estetika desain, performa kecepatan serta kualitas layar. Sedangkan Samsung Galaxy J5 memiliki keunggulan dalam fleksibilitas media penyimpanan karena dukungan memori eksternal serta konektivitas. Kami memprediksi Galaxy J5 juga masih akan unggul pada fitur kamera dibanding Mi 4i jika melihat track records smartphone Samsung Galaxy dan Xiaomi selama ini.

Mana yang lebih baik diantara keduanya rasa-rasanya tak bisa dipilih begitu saja, konsumen sendirilah yang bisa menentukan berdasar preferensi masing-masing.