on

Perbandingan OnePlus 2 vs. Asus Zenfone 2 ZE551ML 64 GB

Sekalipun kompetisi antara Motorola Moto X Style vs. OnePlus 2 bakal menjadi yang terpanas di segmen menengah tahun ini namun kehadiran smartphone terbaru dari OnePlus tersebut juga diprediksi bakal berpengaruh terhadap penjualan smartphone lain di segmen yang sama. Salah satunya adalah Asus Zenfone 2. Karenanya perbandingan OnePlus 2 vs. Asus Zenfone 2 diangkat sebagai sorotan kali ini sekaligus untuk menilik seberapa besar ancaman OnePlus 2 terhadap Zenfone 2.

Kala dirilis beberapa bulan lalu Asus Zenfone 2 menjadi smartphone pertama di dunia yang menawarkan RAM dengan kapasitas 4 GB. Meski kemudian muncul smartphone kelas high-end seperti LG G4 dan Samsung Galaxy S6 yang memiliki kapasitas RAM setara namun Zenfone 2 bertahan sebagai satu-satunya ponsel kelas menengah dengan kapasitas RAM terbesar. Namun cukupkah keunggulan dari sisi tersebut membuatnya bertahan menghadapi kehadiran OnePlus 2?

Perbandingan OnePlus 2 vs. Asus Zenfone 2


Perbandingan Desain & Spesifikasi OnePlus 2 vs. Asus Zenfone 2

Desain Asus Zenfone 2 maupun OnePlus 2 tak bisa disebut baru, sementara Zenfone 2 memiliki tampilan menyerupai Zenfone 4, 5 dan 6 yang sudah muncul setahun sebelumnya demikian pula OnePlus 2 secara menyeluruh tampilannya masih identik dengan OnePlus One.

Dari sisi estetika bagaimanapun OnePlus 2 lebih unggul bukan saja karena menawarkan lebih banyak opsi desain cover belakang mulai dari Sandstone, Bamboo, Black Apricot, Rosewood hingga Kevlar namun bingkai magnesium di sekeliling casing membuatnya berkesan lebih premium jika dibandingkan Zenfone 2.
Penampilan Asus Zenfone 2 memang unik, dan membedakannya secara signifikan dengan ponsel-ponsel merek lain namun jujur saja desainnya tidak mudah diterima oleh kebanyakan orang disamping kesannya cenderung bulky.

Sedangkan pada point perbandingan OnePlus 2 vs. Asus Zenfone 2 dari sisi layar keduanya berimbang baik dari sisi teknologi, resolusi maupun ukurannya sendiri.

Bahkan setelah demikian banyak kritikan terhadap kekurangan chipset Intel pada Asus Zenfone seri lain, parbrikan asal Taiwan ini masih tetap memercayakan performa Zenfone 2 pada chipset Intel Atom Z3580 yang memiliki prosesor Quad-core berkecepatan 2.3 GHz. Kemampuan multitasking-nya ditunjang oleh RAM berkapasitas 4 GB. Di sektor media penyimpanan tersedia memori internal 64 GB dan dukungan memori eksternal dengan kapasitas yang sama.

OnePlus 2 menggunakan chipset yang umum digunakan oleh smartphone Android kelas high-end yaitu Snapdragon 810 dengan prosesor Octa-core berkecepatan 1.8 GHz terintegrasi. Kapasitas RAM serta memori internal OnePlus 2 tak berbeda dengan Zenfone 2. Hanya saja memori eksternal tak didukung oleh smartphone terbaru buatan OnePlus ini.

Jika hanya membandingkan spesifikasi keduanya di atas kertas mayoritas calon konsumen akan langsung menduga bahwa performa Snapdragon 810 pada OnePlus 2 dengan mudah mengungguli Intel Atom Z3580 milik Zenfone 2. Namun kenyataannya sama sekali tidak demikian, Asus Zenfone 2 menunjukkan kemampuan lebih baik dalam mengatasi aplikasi berat dibanding ponsel Android yang menggunakan Snapdragon 810. Bahkan benchmark yang dilakukan oleh WCCF Tech beberapa waktu lalu pun menunjukkan bahwa performa Snapdragon 810 bukan saja kalah dari Intel Atom Z3580 namun bahkan juga kalah jika dibandingkan Snapdragon 808 yang digunakan oleh LG G4 dan Motorola Moto X Style.

Dalam kasus perbandingan performa OnePlus 2 vs. Asus Zenfone 2 bagaimanapun perbedaannya dalam keseharian tidaklah terasa mencolok, beberapa pengguna mungkin bahkan tak bakal menyadarinya.

Sedangkan pada point perbandingan sistem operasi baik ZenUI maupun OxygenOS sama-sama berbasis Android Lollipop. Oleh karenanya sulit menilai mana yang lebih baik diantara keduanya dari sisi ini. Selera serta preferensi masing-masing pengguna-lah yang bakal menentukan penilaiannya.

Pilih OnePlus 2 atau Asus Zenfone 2?

Pada fitur kamera OnePlus 2 mengusung kamera 13 MP dengan 1.3µm yang diklaim oleh pabrikan asal Cina itu sebagai yang tertinggi diantara sensor 13 MP pada smartphone yang ada saat ini. Tak hanya itu kamera ini didukung pula oleh aperture f/2.0 serta enam elemen lensa yang dimaksudkan meminimalisir distorsi. Laser auto-focus yang menyertainya secara teoritis memungkinkan fokus terhadap sebuah objek hanya dalam waktu 0.2 detik saja. Sedangkan pada bagian depan terdapa pula kamera selfie dengan sensor 5 MP.

Pada sisi lain kamera 13 MP milik Zenfone 2 memiliki aperture yang sama namun hanya dengan lima elemen lensa saja. Fitur unggulan yang dimiliki sudah pasti adalah teknologi PixelMaster yang demikian dibanggakan oleh pabrikan asal Taiwan tersebut. Pada bagian depan Asus juga menempatkan kamera selfie ber-sensor 5 MP.

Sayangnya pada tahap ini masih belum bisa ditentukan mana yang lebih baik diantara keduanya pada point perbandingan kamera. Sebab kamera OnePlus 2 masih perlu pengujian lebih lanjut dalam rangka memastikan performa serta kualitasnya dalam berbagai kondisi. Satu hal yang pasti adalah jangan terjebak oleh iming-iming teknologi PixelMaster yang gencar dikampanyekan oleh Asus. Kualitas serta performa kamera Zenfone 2 tidaklah mengecewakan untuk ponsel di kisaran harga ini, namun teknologi PixelMaster-nya sendiri jauh di bawah ekspektasi.

Sedangkan pada point lain OnePlus dengan telak mengungguli Zenfone 2 berkat keberadaan pemindai sidik jari, USB tipe C serta Bluetooth 4.1 meski dua diantaranya tidaklah substansial.

Kesimpulan Perbandingan OnePlus 2 vs. Asus Zenfone 2

Harga Asus Zenfone 2 vs. OnePlus 2
Asus Zenfone 2 OnePlus 2
Harga Asus Zenfone 2 Harga OnePlus 2
Sony Xperia Z2 beli sekarang


OnePlus 2 tampak memiliki banyak keunggulan dibandingkan Zenfone 2 baik pada hal-hal yang substansial hingga hal-hal yang sifatnya sekedar gimmick. Namun pada sisi lain Asus Zenfone 2 unggul tipis dalam performa kecepatan serta harga yang lebih murah. Mana yang lebih baik dalam perbandingan OnePlus 2 vs. Asus Zenfone 2? Silakan pertimbangkan sendiri berdasar point-point yang sudah diulas di atas.