on

Perbandingan Motorola Moto X Style vs. OnePlus 2: Perebutan Gelar Flagship Killer Sejati

Menarik disimak pertarungan antara Motorola Moto X Style vs. OnePlus 2 karena meski tahun lalu diakui sebagai “Flagship Killer” kini kehadiran Motorola Moto X Style sejauh ini tampak begitu mengancam upaya OnePlus mempertahankan gelar tersebut. Meski mengedepankan fitur kamera sebagai key selling point namun ada banyak hal lain yang ditawarkan oleh Motorola Moto X Style dengan kisaran harga terjangkau yang membuatnya layak disebut pula sebagai “Flagship Killer”.

Dalam banyak hal Motorola Moto X Style dan OnePlus 2 memiliki kesamaan, bukan hanya dari sisi spesifikasi namun juga keunikan cover casing yang ditawarkan oleh keduanya. OnePlus ngotot menggunakan layar dengan resolusi FHD karena menurutnya mayoritas konsumen tak bisa membedakan antara resolusi FHD dan QHD. Sementara Motorola melangkah lebih maju dengan menggunakan layar beresolusi QHD karena sadar bahwa Moto X Style harus sedekat mungkin menyamai kualitas flagship smartphones namun dengan banderol harga yang lebih terjangkau.

Pilih Motorola Moto X Style atau OnePlus 2?


Perbandingan Spesifikasi Motorola Moto X Style vs. OnePlus 2

Moto X Style (aka Moto X Pure)OnePlus Two
Display5.7-inch display

Quad HD (2560x1440) resolution, 515 ppi
5.5-inch LCD, Full HD
Processor1.8 GHz hexa-core Qualcomm Snapdragon 808 processor

Adreno 418 GPU
1.8GHz Snapdragon 810
RAM3GB3 or 4 GB (depending on storage option)
Storage32/64 GB

expandable via microSD up to 128 GB
16 or 64GB storage
Camera21 MP rear-facing camera with dual LED flash

5 MP front-facing camera
13MP rear

5MP front
Battery3,000mAh3,300mAh
MicroSDYesNo
NFCYesNo
Fingerprint scannerNoYes
Quick chargingYesNo
WaterproofingYes, IP52 certifiedNo
SoftwareAndroid 5.1.1 LollipopOxygenOS based on Android 5.1
Dimensions 153.9 x 76.2 x 11.1 mm, 179g151.8 x 74.9 x 9.85 mm, 175g
Price$399$339 (16GB), $389 (64GB)

Dari tabel perbandingan spesifikasi Motorola Moto X Style vs. OnePlus 2 di atas hal paling mencolok yang menunjukkan keunggulan OnePlus 2 di atas kertas adalah chipset yang digunakan. Sementara Moto X Style menggunakan chipset Snapragon 808, OnePlus 2 sudah menggunakan Snapdragon 810 seperti yang digunakan oleh Sony Xperia Z3+. Selain itu OnePlus 2 juga sudah mengadopsi port USB tipe terbaru (tipe C) serta memiliki sensor pemindai sidik jari yang tak diketemukan pada Moto X Style.


Motorola Moto X Style pun memiliki beberapa keunggulan dibanding OnePlus 2. Selain resolusi layar yang disinggung di atas masih ada pula sertifikasi IP52 yang menunjukkan casingnya tahan air, fitur fast charging, modul NFC serta dukungan terhadap microSD sebagai memori eksternal.

Perbandingan Kamera Motorola Moto X Style vs. OnePlus 2

Mana yang Lebih Baik Pada Perbandingan Motorola Moto X Style vs. OnePlus 2?

Preferensi personal tentu merupakan penentu utama. Namun jika harus menyarankan kami cenderung menjatuhkan pilihan pada Motorola Moto X Style. USB Type C memang terdengar canggih mengingat belum ada smartphone lain yang memiliki, namun keberadaannya tidak substansial. Chipset Snapdragon 810 juga terdengar menjanjikan, tapi tak bisa dikesampingkan bahwa tingkat fluiditas dan performa juga dipengaruhi oleh hal-hal lain seperti kebutuhan sistem operasi terhadap sumber daya. Dan dalam hal ini Motorola Moto X Style sama sekali tak menunjukkan gejala lag kala menjalankan aplikasi berat ataupun waktu loading yang lama. Pemindai sidik jari tampaknya menjadi satu-satunya kelebihna substansial OnePlus 2 dibanding Motorola Moto X Style untuk alasan keamanan.


Sebaliknya betapapun argumen OnePlus yang menyebut bahwa mayoritas konsumen tak menyadari perbedaan resolusi FHD dan QHD tetap kentara ketika membandingkan keduanya secara langsung. Mungkin yang dimaksud OnePlus adalah kondisi kala tak diperbandingkan langsung sebelah menyebelah. Selain itu dukungan microSD serta sertifikasi IP52 yang dimiliki Motorola Moto X Style juga terasa lebih bermanfaat dibanding keunggulan OnePlus 2 atas Motorola Moto X Style.

Sekali lagi bahwa pada akhirnya preferensi pribadi lah yang bakal menentukan, fitur mana yang dianggap penting dan ketiadaan fitur mana yang bisa ditolerir pastinya akan menjadi penilaian berbeda di benak tiap konsumen. Dengan banderol harga OnePlus 2 yang beberapa ratus ribu Rupiah lebih murah dibanding Moto X Style kemungkinan calon konsumen juga bakal lebih mempertimbangkannya sebagai opsi utama.