on

Perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Xiaomi Mi4i

Motorola Moto G 2015 menghadirkan cukup banyak penyempurnaan baik dari sisi desain maupun fitur jika dibanding Moto G generasi sebelumnya. Walau demikian di segmen yang sama ada beberapa rival kuat, salah satunya adalah Xiaomi Mi4i. Hampir dapat dipastikan bahwa calon konsumen yang menjadi target market keduanya akan melakukan perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Xiaomi Mi4i untuk menentukan mana yang lebih pas diantara keduanya baik dari sisi anggaran maupun kebutuhan.

Perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Xiaomi Mi4i diangkat sebagai topik kali ini untuk membantu calon konsumen yang sedang menghadapi situasi di atas. Secara teoritis keduanya sama-sama memberikan great value for money karena itu memilih satu diantaranya tidaklah mudah. Terlebih mengingat bahwa harga Xiaomi Mi4i dan harga Motorola Moto G 2015 juga hanya berselisih tipis.

Perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Xiaomi Mi4i


Perbandingan Desain & Spesifikasi Motorola Moto G 2015 vs. Xiaomi Mi4i

Xiaomi Mi4i yang dijuluki sebagai “flagship smartphone for emerging markets” dan sudah dijual di Indonesia secara eksklusif pada saat tulisan ini dibuat hadir dengan casing berbahan polycarbonate. Material tersebut berkombinasi sempurna dengan desain yang sudut-sudutnya tidak dibuat tajam menghasilkan kenyamanan optimal dalam genggaman.

Meski tetap mengedepankan simplicity dalam merancang desainnya namun penampilan Moto G 2015 sendiri sudah bertolak belakang dengan dua pendahulunya. Jika pada Moto G generasi pertama dan kedua desain smartphone Android murah buatan Motorola ini sama sekali tak bisa dinikmati maka tidak demikian halnya dengan versi terbaru yang baru dirilis beberapa pekan lalu ini.
Bingkai dengan aksen metal berikut permukaan cover belakang yang unik meningkatkan nilai estetikanya secara signifikan. Dan jangan lupa bahwa ada hal lain yang membuat Motorola Moto G 2015 ini begitu menonjol dibanding smartphone sekelasnya yaitu casing dengan sertifikasi IPX7 yang menandakan bahwa smartphone ini tahan terbenam di air tawar pada kedalaman dan jangka waktu tertentu. Smartphone kelas menengah dengan fitur anti air masih merupakan sesuatu yang langka sampai saat ini.

Berdasarkan alasan-alasan tersebut cukup adil rasanya jika Motorola Moto G 2015 dipilih sebagai pemenang dalam perbandingan antara Motorola Moto G vs Xiaomi Mi4i pada point desain.

Sebaliknya pada perbandingan layar kedua smartphone Android kelas mid-low ini Xiaomi Mi4i menunjukkan keunggulannya. Memang keduanya sama-sama menggunakan layar berukuran 5 inch dan teknologi IPS. Namun Xiaomi berani memberikan resolusi yang lebih tinggi 1080 x 1920 pixels yang tentu saja berdampak pula pada tingkat kepadatan warna yang mencapai 441 ppi. Sedangkan Motorola hanya menawarkan resolusi 720 x 1080 pixels dengan kepadatan warna 294 ppi.

Tidak cukup sampai di situ, Xiaomi masih menambahkan fitur yang mampu secara otomatis mengatur tingkat kontras pada tiap-tiap pixel. Hasilnya kala digunakan di luar ruangan layar Xiaomi Mi4i lebih jelas terbaca ketimbang layar Moto G 2015. Xiaomi jelas menempatkan diri sebagai pemenang pada point ini.

Menentukan mana yang lebih unggul dari sisi spesifikasi teknis antara kedua smartphone Android ini tidaklah mudah. Pada satu sisi Xiaomi Mi4i mengusung chipset Snapdragon 615 yang memiliki prosesor octa-core berkecepatan 1.7 GHz dan didampingi oleh RAM 2 GB secara teoritis jelas lebih unggul dibanding Moto G 2015 yang masih menggunakan chipset jadul yaitu Snapdragon 410 berikut prosesor quad-core terintegrasi.

Namun pada sisi lain Xiaomi Mi4i hanya menawarkan memori internal berkapasitas 16 GB tanpa dukungan memori eksternal. Padahal Motorola Moto G 2015 meski hanya memiliki memori internal dengan kapasitas 8 GB namun mendukung penggunaan memori eksternal via keping microSD hingga kapasitas maksimal 32 GB.

Dari sisi performa kecepatan Xiaomi Mi4i boleh disebut sebagai unggulan, namun pada sisi lain Moto G 2015 bukan saja menyediakan kapasitas memori lebih lega namun ketersediaan memori eksternal juga berarti lebih praktis dalam melakukan transfer data. Karenanya pada point ini calon konsumen harus jeli mempertimbangkan mana yang lebih penting antara fleksibilitas dan kapasitas media penyimpanan dengan performa kecepatan.

Untuk point perangkat lunak baik Moto G maupun Mi4i sama-sama menjalankan sistem operasi Android Lollipop. Namun bukan berarti keduanya setara di sini.

Setidaknya ada dua point yang perlu diperhatikan; pertama, Motorola memiliki catatan sejarah yang nyaris sempurna dalam menyediakan update. Begitu sebuah versi Android terbaru keluar, Motorola termasuk produsen yang pertama-tama memberikan update resmi kepada pengguna produknya. Bahkan sejak diambil alih oleh Lenovo kondisi ini juga tidak berubah.
Xiaomi sendiri tidak termasuk yang lamban, namun tidak secepat dan se-responsif Motorrola dalam menyediakan update.

Hal kedua adalah dari sisi tampilan antar muka. Dalam rangkan memangkas biaya produksi dengan memberikan chipset jadul mau tidak mau Motorola tidak bisa memberi beban berlebihan bagi sumber daya perangkat keras. Karena itu tampilan antar muka Moto G lebih sederhana dan sangat mendekati stok UI.
Sedangkan Mi4i seperti seri Xiaomi yang lain mengandalkan tampilan antar muka MiUI 6.0 yang sudah sama sekali menghilangkan ciri khas tampilan sistem operasi Android. Mana yang lebih baik? Lagi-lagi selera konsumen yang berbeda-beda menjadikannya tidak mudah dalam menyebut siapa pemenang dalam perbandingan antara Motorola Moto G 2015 vs. Xiaomi Mi4i dari sisi perangkat lunak.

Xiaomi Mi4i mengusung baterai dengan kapasitas lebih besar yaitu 3120 mAh ditambah pula dengan fitur fast charging. Motorola Moto G sendiri hanya dibekali baterai dengan kapasitas 2470 mAh tanpa fitur fast charging. Meski pihak Motorola mengklaim baterai Moto G terbaru sanggup bertahan selama sehari penuh namun kami pilih memihak Mi4i sebagai pemenang dalam point perbandingan baterai.

Perbandingan kamera Xiaomi Mi4i vs. Motorola Moto G 2015 menempatkan keduanya berimbang jika hanya melihat data di atas kertas. Kamera 13 MP milik Mi4i yang dilengkapi dengan flash, auto-focus, face recognition, smile detection, HDR, burst mode, face beauty features dan sanggup merekam video beresolusi 1080p pada 30 fps dalam pengujian terbukti cukup memuaskan untuk sebuah smartphone yang harganya tak sampai Rp 3 juta. Kamera sekunder 5 MP yang lebih banyak difungsikan sebagai kamera selfie juga tidak mengecewakan.

Moto G terbaru sendiri juga memiliki kamera utama dengan sensor 13 MP dengan aperture F/2.0, flash, auto-focus, HDR dan sama halnya seperti Mi4i mampu merekam video beresolusi 1080p pada 30 fps. Sayangnya saat tulisan ini dibuat kami belum berkesempatan menguji langsung kamera Moto G 2015 ini. Sehingga selain perbandingan di atas kertas tak ada lagi yang bisa kami sebutkan di sini.

Untuk poin dukungan konektivitas kedua smartphone Android dimaksud sama-sama mendukung WiFi, WiFi direct, WiFi hotspot, Bluetooth 4.1.1, and GPS with A-GPS dan GLONASS. Sehingga keduanya sekali lagi dalam posisi seimbang dalam perbandingan ini.

Konklusi Hasil Perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Xiaomi Mi4i


Cek Harga Motorola Moto G 2015 dan Xiaomi Mi4i
Xiaomi Mi4i Motorola Moto G 2015
Harga Xiaomi Mi4i
Jual Motorola Moto G 2015
Sony Xperia Z2 beli sekarang

Dalam beberapa point perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Xiaomi Mi4i di atas tampak bagaimana Xiaomi unggul pada point kualitas layar, kapasitas baterai serta performa kecepatan. Sementara Moto G generasi ketiga pun memiliki keunggulan atas Mi4i dalam hal dukungan memori eksternal, desain serta reliabilitas update sistem operasi.
Saat ini harga Xiaomi Mi4i dibanderol sekitar Rp 2,8 juta, harga Motorola Moto G 2015 sendiri di Indonesia masih misteri mengingat saat tulisan ini dibuat belum secara resmi dirilis di sini. Namun jika melihat banderolnya di US maka kemungkinan bakal ada di kisaran Rp 2,5-2,7 juta.

Jika Anda adalah penggemar game maka resolusi tinggi serta performa kecepatan yang lebih baik pada Mi4i membuatnya sebagai pilihan ideal. Namun di luar itu kami cenderung merekomendasikan Motorola Moto G 2015 karena menawarkan better value for money. Tapi jangan lupa bahwa selain kedua smartphone tersebut masih ada Lenovo K3 Note yang dibanderol dengan kisaran harga tak jauh beda.