on

Perbedaan Motorola Moto X Style vs. Motorola Moto X Play vs. Motorola Moto X2

Seri Motorola Moto X yang dirilis secara bersamaan dengan Moto G 2015 yaitu Moto X Style, Moto X Play dan Moto X 2 dalam waktu singkat mendapat sorotan sekaligus respon positif dari calon konsumen maupun reviewer blog teknologi. Tak mengherankan karena meski harganya terjangkau namun ketiganya menawarkan fitur yang membuatnya nyaris setara dengan smartphone kelas high-end.

Motorola Moto X Style, Moto X Play dan Moto X2 tanpa keraguan memang layak dinantikan sekaligus mendapat sorotan positif. Namun mana diantara ketiganya yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Apa pula perbedaan diantara ketiganya? Lewat artikel kali ini kami mencoba mengulas perbadaan antara Motorola Moto X Style vs. Motorola Moto X Play vs. Motorola Moto X2 untuk membantu Anda memilih mana diantaranya yang paling mendekati kebutuhan dan anggaran yang tersedia.

Perbedaan Motorola Moto X Style vs. Motorola Moto X Play vs. Motorola Moto X2


Mengupas Perbedaan Motorola Moto X Style vs. Motorola Moto X Play vs. Motorola Moto X X2

Ketiga smartphone seri Motorola Moto X terbaru sekilas memiliki kesamaan dari sisi desain. Bagian cover belakang yang mengkurva serta bingkai metal membuat ketiganya sekilas bukan saja identik namun sama-sama memancarkan kesan elegan.

Jika dilihat dimensinya secara aktual sebenarnya tak satupun dari ketiga seri Motorola Moto X tersebut yang masuk dalam kategori tipis. Namun desain yang dibuat sedemikian rupa mampu menyiratkan kesan tipis.

Motorola Moto X Style adalah yang terbesar diantara ketiganya dari sisi dimensi. Ukurannya nyaris setara dengan Samsung Galaxy Note 4, sedangkan Moto X Play sedikit lebih kecil atau setara dengan LG G4. Dari sisi dimensi tentu saja Moto X generasi kedua adalah yang paling kompak.

Salah satu fitur yang ditonjolkan oleh Motorola dari Moto X Style adalah lapisan anti air, namun perlu dicatat bahwa lapisan (coating) ini fungsinya berbeda dengan desain casing anti air yang diaplikasikan pada Moto G 2015. Jika pada Moto G 2015 desain casingnya benar-benar mampu menahan rembesan kala ponsel terendam air maka lapisan pada Moto X Style sekedar mampu menahan cipratan/percikan air. Artinya jika ponsel tersebut terendam secara sengaja maupun tidak maka tetap saja air akan merembes ke dalam casing dan membahayakan komponen di dalamnya.

Sementara itu diantara ketiga seri Motorola Moto X, hanya Moto X Play-lah satu-satunya yang menawarkan removable back cover. Namun di baliknya pengguna sebatas bisa mengakses slot SIM card serta microSD sebab baterainya sendiri menggunakan tipe non-removable.

Untuk melihat perbandingan Motorola Moto X Style vs. Motorola Moto X Play vs. Motorola Moto X2 dari sisi spesifikasi silakan menyimak spesifikasi ketiganya di bawah ini:

Moto X (2nd Gen):

  • OS: Android 4.4 KitKat
  • Screen: 5.2in display (1080x1920), 423ppi, AMOLED
  • Processor: 2.5GHz Snapdragon 801 (quad-core)
  • RAM: 2GB
  • Storage: 32GB or 64GB, no microSD slot
  • Cameras: 13Mp rear, 2Mp front

Moto X Play:

  • OS: Android 5.1.1
  • Screen: 5.5in Full HD 1920x1080, 403ppi, IPS LCD
  • Processor: 1.7GHz Snapdragon 615 (octacore)
  • RAM: 2GB
  • Storage: 16GB or 32GB, with up to 128GB via microSD
  • Cameras: 21Mp rear, 5Mp front

Baca juga: Mengenal Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Motorola Moto X Play

Moto X Style:

  • OS: Android 5.1.1
  • Screen: 5.7in Quad HD 2560x1440, 520ppi, IPS LCD
  • Processor: 1.8GHz Snapdragon 808 (hexacore)
  • RAM: 3GB
  • Storage: 32GB or 64GB, with up to 128GB via microSD
  • Cameras: 21Mp rear, 5Mp front
Baca juga: Mengenal Motorola Moto X Style: Lawan Berat OnePlus 2

Dari paparan spesifikasi ketiga Motorola Moto X seketika langsung kentara bahwa Motorola Moto X Play adalah stripped down version atau versi murah dari Moto X Style. Beberapa fitur serta spesifikasi termasuk material yang digunakan sedikit diturunkan dalam rangka menekan biaya produksi. Walau demikian secara teoritis performa kecepatan Moto X Play mestinya imbang dengan Moto X 2015, sedangkan Moto X Style adalah yang terbaik diantara ketiganya karena selain chipset yang lebih baru dan bertenaga juga kapasitas RAM-nya lebih besar dibanding dua lainnya.

Sementara itu Motorola melakukan perubahan besar dari sisi layar, sebab tahun lalu Motorola Moto X menggunakan layar berteknologi AMOLED sedangkan kali ini mereka beralih ke IPS. Ada dua alasan yang bisa diduga setidakya, pertama adalah teknologi IPS lebih murah ketimbang AMOLED dan yang kedua saturasi warna layar AMOLED memang bukan selera kebanyakan orang. Keunggulan utama dari layar berteknologi AMOLED sendiri terletak pada kebutuhan akan sumber daya baterai yang lebih hemat. Karena itu Motorola mengkompensasi dengan memberikan baterai yang kapasitasnya lebih besar.

Mengenai kualitas sendiri sebenarnya lebih merupakan selera atau preferensi pribadi. Sebab beberapa konsumen menilai warna layar AMOLED lebih baik ketimbang IPS demikian pula ada yang berpendapat sebaliknya. Terlepas dari pro dan kontra mana yang lebih baik antara layar berteknologi AMOLED dan IPS yang jelas reproduksi warna maupun tampilan gambar pada ketiga layar Motorola Moto X sangat impresif. Lebih-lebih pada Moto X Style yang sudah mengadopsi resolusi QuadHD. Tingkat kecerahan maupun kontras-nya sangat ideal, sama sekali tak ada kritikan pada sektor ini.

Kesimpulan Perbedaan Motorola Moto X Stye vs. Motorola Moto X Play vs. Motorola Moto X2

Dari ulasan dalam upaya menemukan perbedaan Motorola Moto X Style vs. Motorola Moto X Play vs. Motorola Moto X2 jelas bahwa Moto X Style adalah pilihan paling ideal jika memang anggaran yang tersedia cukup leluasa. Dari berbagai aspek Moto X Style tampak superior dibanding Moto X Play maupun Moto X2. Harga Motorola Moto X Style sendiri sebenarnya juga masih tergolong masuk akal, dengan banderol sekitar Rp 5,5 juta-an smartphone Android kelas mid-end terbaru buatan Motorola ini memiliki spesifikasi, kualitas dan fitur nyaris setara smartphone Android kelas high-end yang umumnya dibanderol Rp 10 juta-an. Namun jika memang anggaran Anda di bawah itu maka Moto X Play dan Moto X2 juga tak kalah menarik untuk dipertimbangkan meski ada specs-down di sana-sini.