on

InFocus M810 – Satu Lagi Rival Berat Motorola Moto G 2015

Kompetisi smartphone Android kelas mid-low tahun ini makin kompetitif diawali dengan kemunculan Xiaomi Mi4i, Lenovo K3 Note, Motorola Moto X Play, ubahan besar yang dilakukan Motorola terhadap Moto G generasi terbaru dan bahkan pada akhirnya InFocus pun turut mendatangkan smartphone terbarunya untuk bermain di segmen ini lewat M810. InFocus M810 mungkin bakal menjadi pemain inferior di hadapan ketiga nama yang disebut di atas, namun tak ada salahnya mengenal lebih dekat sebelum melakukan keputusan pembelian.

Harga InFocus M810 yang dibanderol sekitar Rp 3,2 juta-an menunjukkan kepercayaan diri yang cukup dari pabrikan yang semula hanya dikenal lewat produk-produk projector-nya itu dalam berhadapan dengan nama-nama yang lebih mapan di industri ponsel. Bahkan selain Mi4i, K3 Note dan Moto G 2015 masih ada pula Samsung Galaxy J5 dan Asus Zenfone 2 yang sudah lebih dulu menancapkan kukunya di segmen yang sama. Modal apakah yang dimiliki oleh InFocus M810 sehingga demikian percaya diri?

InFocus M810 Indonesia


Bedah Smartphone Android Kelas Menengah InFocus M810

Mengusung desain yang cukup tipis (6.99 mm) berikut layar berukuran lebar (5.5 inch) serta bingkai metal pada casing-nya memang sekilas InFocus M810 tak terkesan inferior jika harus berhadapan dengan rival-rival yang disebut di atas. Kamera utama dengan sensor 13 MP berikut dukungan LED flash serta kamera sekunder 5 MP secara teoritis membuatnya imbang jika berhadapan dengan merek lain sekelasnya.

Desain sudah pasti merupakan key selling point dari InFocus M810. Perpaduan antara bingkai metal dengan serat kaca pada cover bagian belakang memberi kesan premium. Bahkan cover bagian belakang ini dilapisi dengan anti-fingerprint yang menjadikankanya tak lekas kusam oleh noda-noda tangan ataupun jari yang umum terjadi pada casing smartphone. Sayangnya cover ini tak dilindungi oleh Corning Gorilla Glass atau proteksi lain yang berfungsi meminimalisir goresan, sehingga pengguna harus ekstra berhati-hati jika tak menghendaki ponselnya penuh goresan.

Kamera InFocus M810

Sama halnya seperti pendekatan yang dilakukan Sony dalam membesut seri Xperia, InFocus pun memberikan tekstur unik menyerupai teksur pemutar jam pada tombol daya. Kelebihannya tentu saja selain lebih nyaman dioperasikan juga membantu pengguna membedakan antara tombol daya dengan tombol pengatur volume tanpa perlu melihatnya.
Sedangkan bagian kirinya diisi oleh slot keping SIM serta slot keping microSD.

Kelebihan dan Kekurangan InFocus M810

Spesifikasi dan Harga InFocus M810

Layar 5.5 inch pada smartphone Android InFocus M810 menampilkan resolusi 1080 pixels (FHD) dengan tingkat kecerahan (brightness level) yang cukup baik sehingga masih terbaca jelas di luar ruangan. Tampaknya lagi-lagi InFocus menghemat biaya produksi dengan tidak memberikan lapisan perlindungan pada layar sehingga pengguna harus menambahkan pelindung layar sendiri.

Pada bagian belakang terdapat kamera dengan sensor 13 MP Sony CMOS dan aperture f/2.2 kamera ini bekerja dengan iCatch independent image processing engine. Sedang pada bagian depan seperti juga sudah disebut sebelumnya memiliki kamera selfie 5 MP.

Kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera utama InFocus M810 cukup baik dari sisi reproduksi warna, namun detil yang ditangkap jauh dari ekspektasi. Dari sisi ini M810 masih belum mampu diperhadapkan dengan Mi4i, K3 Note, Moto X Play maupun Moto G 2015. Sedangkan kamera depannya sendiri menghasilkan foto yang cenderung gelap.

Pada sisi lain stamina baterai dengan kapasitas 2600 mAh cukup memuaskan, pada jaringan 3G dengan sesekali WiFi, beberapa menit menjalankan game dan aktivitas normal lainnya sanggup bertahan selama di atas 12 jam.

Satu hal lagi yang di atas kertas menjadi kekurangan InFocus M810 adalah penggunaan chipset Snapdragon 801 dengan prosesor Quad-core berkecepatan 2.5 GHz yang sudah termasuk berumur. Namun kombinasinya dengan RAM berkapasitas 2 GB ternyata masih terasa mumpuni bahkan kala menjalankan aplikasi yang cukup kompleks seperti game “Frontline Commando: WWII”, “GT Racing 2” ataupun “Overkill 3”. Performa multisking-nya juga sangat baik, menjalankan 10-12 aplikasi secara bersamaan masih mampu diladeni.

Review InFocus M810

Dari sisi dukungan jaringan dan konektivitas sendiri InFocus M810 hanya mendukung single SIM card pada jaringan 4G/LTE. Seperti smartphone Android lain tentu saja WiFi, Bluetooth dan audio jack 3.5 mm juga menjadi bagian yang disediakan.

Kesimpulan Review Smartphone Android Kelas Menengah InFocus M810

InFocus M810 sebenarnya termasuk produk yang menjanjikan, kualitasnya sama sekali tak bakal menodai reputasi InFocus yang sangat positif selama puluhan tahun. Namun di segmen yang sama sayangnya sudah hadir pemain-pemain yang lebih kuat. Xiaomi Mi4i, Lenovo K3 Note, Motorola Moto X Play dan Motorola Moto G 2015 sejauh ini masih menjadi pilihan yang lebih baik ketimbang InFocus M810.