on

Mengenal Tablet Android Asus ZenPad 7 (Z370CG)

Selain Samsung yang baru saja merilis Tablet Android Samsung Galaxy Tab S2, rivalnya yang berasal dari Taiwan yaitu Asus juga tak mau ketinggalan dengan memperkenalkan Tablet Android terbarunya yang bernama Asus ZenPad 7. Jika Galaxy Tab S2 menjadi buah bibir karena diprediksi bakal menjadi Tablet Terbaik tahun ini, maka ZenPad 7 menjadi buah bibir karena dianggap sebagai Tablet yang menawarkan best value for money.

Meski predikat best value for money menyiratkan kesan murahan atau ala kadarnya ternyata tidak demikian dengan tampilan Asus ZenPad 7. Setidaknya pada impresi awal dari sisi desain pabrikan asal Taiwan ini mampu memberikan desain yang cukup elegan dengan build quality yang tampaknya juga tak kalah memikat.

Tablet Android Asus ZenPad 7 (Z370CG)


Kupas Spesifikasi Tablet Android Asus ZenPad 7

  • Intel Atom x3-C3230 quad-core processor
  • 2GB of RAM
  • 7-inch, WXGA display with Gorilla Glass protection, 1280 x 800 resolution
  • 16GB of internal storage
  • 8-megapixel rear camera with AF
  • 2-megapixel front camera
  • 3G (Single Sim)
  • WiFi, Bluetooth, GPS, GLONASS, Miracast
  • Android 5.0
  • 13Wh Li-polymer battery

Menilik dari spesifikasi Asus ZenPad 7 di atas sudah bisa ditebak bahwa memang Tablet Android terbaru keluaran Asus ini kelasnya berada di bawah Galaxy Tab S2 dan Tablet Android kelas high-end lainnya. Namun juga tidak termasuk Tablet yang performanya pas-pasan.

Kardus atau boks Asus ZenPad 7 tampil sederhana dan begitu dibuka penampilan ZenPad 7 langsung menarik perhatian. Kelengkapan atau aksesoris yang berada di dalamnya sangat standar. Charger, kabel USB ke microUSB serta manual adalah hal lain yang bisa ditemukan di samping handset-nya sendiri. Hampir sama seperti Xiaomi yang minim sekali dalam menyediakan aksesoris, Asus pun tak menyediakan earphone sebagai aksesoris standar.

Tablet Android Asus ZenPad 7 (Z370CG)

Desain Asus ZenPad 7 sendiri sangat memikat lebih-lebih untuk ukuran sebuah Tablet Android yang banderol harganya tak sampai Rp 3 juta. Jika dibandingkan kompetitor sekelasnya seperti Xiaomi MiPad kentara sekali bahwa Asus lebih serius memperhatikan desain produk Tablet Android-nya.

Kelebihan dan Kekurangan Tablet Android Asus ZenPad 7 (Z370CG)

Setidaknya ada empat hal di sektor desain yang menjadikan ZenPad 7 begitu menonjol. Pertama-tama adalah bobotnya yang sangat ringan hingga kala dimasukkan ke dalam tas pun seolah tak ada penambahan beban. Kedua adalah dimensinya yang sangat tipis dibanding kompetitor di kisaran harga sama. Hal ketiga adalah cover removable di belakang yang memiliki tekstur unik dimana pada satu sisi meningkatkan nilai estetika sementara pada sisi lain juga memberikan rasa nyaman kala harus berlama-lama memegang Tablet tersebut.

Spesifikasi dan Harga Tablet Android Asus ZenPad 7 (Z370CG)

Keempat tentu saja adalah perpaduan antara bezel yang tipis dengan layar berteknologi “One Glass Solution”. Teknologi ini terbukti mampu menjadikan gambar yang ditampilkan tampak lebih hidup dan realistis.

Intel Atom x3-C3230 quad-core processor terbukti cukup tangguh dalam menghasilkan performa komputasi yang mulus berikut fluiditas yang sangat baik. Satu-satunya kelemahan Asus ZenPad 7 di sektor performa terletak pada kemampuan multitasking-nya yang tidak terlalu baik. Gejala lag kala melakukan multitasking cukup kentara namun tidak dalam tahap mengganggu.

Di luar itu Asus ZenPad 7 lebih dari mampu bahkan tergolong istimewa untuk menjalankan berbagai tugas harian seperti browsing, mendengarkan musik, memutas film dan bahkan menjalankan game Android terkini.

Impresi Awal Tablet Android Asus ZenPad 7


Tablet Android Asus ZenPad 7 (Z370CG)

Selama pengujian singkat Asus ZenPad 7 menunjukkan potensi besar, terlebih mengingat harganya yang sangat terjangkau. Kelemahan kala melakukan multitasking sepertinya lebih merupakan masalah software sebab RAM berkapasitas 2 GB mestinya sudah cukup untuk sebuah Tablet kelas menengah. Jika benar demikian maka kemungkinan pihak pabrikan akan mampu mengatasi lewat update perangkat lunak berikutnya.

Asus ZenPad 7 mungkin tak bakal menjadi Tablet Android Terbaik tahun ini, namun kami cukup yakin bahwa Tablet buatan Asus ini layak digelari “Tablet Android Terbaik dengan Harga Terjangkau”. Popularitas Xiaomi MiPad rasanya tak bakal bertahan lama oleh karena kehadiran ZenPad 7.