on

Tengok Perbedaan Samsung Galaxy E7 dari Samsung Galaxy E5

Samsung Galaxy E7 yang dikenal pula dengan nama Samsung Galaxy E700 mengusung konfigurasi hardware atau spesifikasi yang tak beda jauh dari saudaranya yang dibanderol sedikit lebih murah yaitu Galaxy E5. Dengan banderol yang lebih mahal banyak calon konsumen yang mengasumsikan bahwa Galaxy E7 hanyalah Galaxy E5 dalam dimensi yang lebih besar.

Harga Samsung Galaxy E7 dibanderol lebih kurang Rp 1 juta lebih mahal dibandingkan Galaxy E5. Karena itu sebelum memutuskan mana di antara keduanya yang lebih sesuai untuk keperluan Anda ada baiknya menyimak ulasan Samsung Galaxy E7 berikut:

Perbedaan Samsung Galaxy E7 dari Samsung Galaxy E5


Membedah Perbedaan Samsung Galaxy E7 dari Samsung Galaxy E5

Boks atau kardus yang menjadi wadah Samsung Galaxy E7 sama persis seperti boks pada Galaxy E5. Di dalamnya pihak pabrikan menyertakan handset, kartu garansi, quick start guide, travel charger, premium earphone, earphone plug caps dan SIM tray ejector pin.

Pada sisi handset-nya sendiri yang membedakan Galaxy E7 dari Galaxy E5 adalah ukuran layar serta dimensi yang lebih lebar. Dimensinya mencapai 77.42 x 151.82 x 7.18 mm dengan bobot 139 gram, jadi memang ada perbedaan dimensi yang relatif signifikan jika dibandingkan dengan Galaxy E5.

Perbedaan Samsung Galaxy E7 dari Samsung Galaxy E5

Sementara pada bagian casing, memang Galaxy seri E berbeda dengan Galaxy seri A yang mengedepankan material logam sebagai bahan casing-nya. Pada Samsung Galaxy E7 material logam hanya terlihat pada bingkai casing, sementara sisanya tetap menggunakan plastik seperti Samsung Galaxy yang selama ini sudah kita kenal.


Layar Super AMOLED berukuran 5.5 inch yang diusungnya memiliki resolusi 1280 x 720 pixels yang didukung dengan viewing angles luas khas layar bertenologi AMOLED. Tampilan antar muka serta sistem operasi yang menjadi bawaannya juga masih sama seperti Galaxy seri E lainnya maupun Galaxy seri A, sehingga cukup berbeda dibanding ponsel kelas high-end buatan produsen yang sama yaitu Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge dimana Android Lollipop sudah menjadi OS standar pada keduanya.


Satu hal yang cukup disayangkan adalah pilihan Samsung untuk tidak menempatkan lampu LED sebagai notifikasi untuk sebuah ponsel yang harganya lebih dari Rp 3 juta ini, demikian pula halnya dengan light sensor padahal untuk harga yang sama atau bahkan di bawahnya banyak pilihan merek lain yang sudah menawarkan dua fitur tersebut. Setidaknya masih ada sensor accelerometer dan proximity pada Galaxy E7.

Di sektor media penyimpanan, dari 16 GB total kapasitas memori internal yang dimiliki masih tersedia kurang lebih 11 GB ketika pengguna pertama kali mengaktifkannya. Sementara untuk RAM, dari 2 GB yang dimiliki masih tersisa 1.3 GB. Lagi-lagi yang cukup mengecewakan adalah tidak adanya dukungan USB OTG yang sebenarnya bisa dimanfaatkan kala melakukan instalasi aplikasi.

Sama halnya dengan Galaxy E5, chipset MSM8916 menjadi andalan performa Galaxy E7 berikut prosesor Cortex A53 64 bit berkecepatan maksimal 1.2 GHz dan GPU Adreno 306 yang terintegrasi. Tak banyak lagi yang perlu dibahas di sini karena sudah diulas pada ulasanya Samsung Galaxy E5 sebelumnya. Singkatnya di sektor performa tak ada kendala yang ditimbulkan selama menggunakan Galaxy E7. Bahkan beberapa game berat keluaran terbaru hampir semuanya bisa berjalan mulus di ponsel Samsung Galaxy terbaru ini.

Perbedaan lain Samsung Galaxy E7 dari Galaxy E5 terletak pada kamera utama dimana kali ini Samsung menempatkan sensor dengan resolusi lebih tinggi yaitu 13 MP berikut LED flash serta kamera 5 MP di bagian depan. Jujur saja tak banyak perbedaan kualitas foto yang dihasilkan Samsung Galaxy E7 dan Galaxy E5. Keduanya sama-sama menampilkan kualitas foto di atas rata-rata ponsel kelas menengah merek lain, bedanya resolusi kamera Galaxy E7 lebih tinggi. Dan perbedaan itu hanya tampak ketika Anda mencetak foto dalam ukuran besar. Di luar maksud tersebut tak ada perbedaan yang kentara.

Kesimpulan Perbedaan Samsung Galaxy E7 dari Samsung Galaxy E5


Harga Samsung Galaxy E7 dan Samsung Galaxy E5
Samsung Galaxy E7 Samsung Galaxy E5
Harga Samsung Galaxy E7 Harga Samsung Galaxy E5
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Setelah menelusuri beberapa poin perbedaan Samsung Galaxy E7 dari Galaxy E5 ternyata memang perbedaan hanya ditemukan pada dimensi layar serta kamera. Selama Anda tak memerlukan layar selebar itu dan jarang-jarang atau bahkan tidak pernah sama sekali mencetak foto dalam ukuran besar maka Galaxy E5 yang dibanderol sekitar Rp 1 juta lebih murah jelas terasa lebih valuble dan ekonomis. Harga Samsung Galaxy E7 saat ini dipatok mulai Rp 4.4 juta-an, sementara harga Samsung Galaxy E5 mulai Rp 3.3 juta-an. Silakan mempetimbangkan baik-baik sebelum Anda memilih salah satu di antaranya.