on

Perbandingan Meizu MX5 vs. OnePlus 2

Meizu MX5 vs. OnePlus 2 bisa jadi membuka awal kompetisi panas antar dua “flagship killer” buatan Negeri Tirai Bambu di pasar global. Tahun lalu meski keduanya sama-sama sudah melahirkan smartphone yang banyak mendapat apresiasi namun reputasi serta pangsa pasar Meizu masih di pasar global masih jauh di bawah OnePlus. Kondisinya cukup berbeda tahun ini karena nama Meizu sudah makin dipertungkan di luar negara asalnya.

Sama halnya seperti OnePlus 2, Meizu MX5 pun belum bisa disetarakan dengan smartphone kelas flagship. Bahkan bagi beberapa orang histeria “flagship killer” asal Cina itu dianggap melebihi kondisi sebenarnya. Namun tak bisa disangkal bahwa meski keberadaannya hampir mustahil menggoda target market flagship smartphones tidak demikian bagi calon konsumen dengan anggaran lebih terbatas. Lantas diantara Meizu MX5 dan OnePlus2 mana yang lebih menjanjikan untuk dilirik?

Perbandingan Meizu MX5 vs. OnePlus 2


Membandingkan Desain & Spesifikasi Meizu MX5 vs. OnePlus 2

Models
Meizu MX5
OnePlus 2
Images Meizu MX5 VS MX4 13 OnePlus 2 Vs Meizu MX5 24
Screen 5.5 inch Super AMOLED touchscreen 5.5-inch FHD IPS screen
Processor Helio X10 MTK6795T 64Bit Octa Core 2.2GHz Snapdragon 810 64bit Octa Core 2.0GHz
OS Flyme 4.5 OS(Based on Android 5.0 Lollipop) Android 5.1 OS
Camera 20.7MP rear camera + 5.0MP front camera 16.0 MP Rear Camera + 5.0MP Front Camera
RAM 3GB 3GB
Storage 16GB ROM(32GB/64GB is optional) 16GB ROM
Battery 3,150mAh 3,300mAh
Network 4G LTE 4G LTE
Add-ons Dual Nano Simcard, Bluetooth, Wi-Fi Dual SIM, Bluetooth, Wi-Fi
Price US$ 319.99 US$ 449.99

Desain OnePlus 2 sudah berkali-kali diulas karena itu kami tak hendak melakukan repetisi selain menggarisbawahi bahwa sang produsen melakukan penyempurnaan yang sangat berarti pada smartphone keluaran terbarunya tersebut.
Sedangkan Meizu MX5 melakukan pendekatan yang kurang lebih mirip dengan iPhone 6 yaitu mengandalkan full metal body. Keduanya sama-sama menarik dari sisi estetika, namun dimensi serta bobot Meizu MX5 yang jauh lebih ringan dibanding OnePlus 2 mungkin bakal dinilai sebagai keunggulan bagi sebagian calon konsumen.

Pada perbandingan layar Meizu MX5 vs. OnePlus 2 perbedaan keduanya juga tak telalu signifikan. Ukuran, teknologi, resolusi bahkan nilai kepadatan warna keduanya benar-benar identik satu dengan yang lain. Di sini OnePlus sedikit memiliki keunggulan karena sudah mengadopsi proteksi Corning Gorilla Glass 4, sementara Meizu menggunakan Gorilla Glass 3.

Perbandingan Meizu MX5 vs. OnePlus 2

Dalam rangka mempertahankan predikat sebagai “flagship killer” OnePlus mengandalkan chipset yang umum dipakai oleh smartphone kelas flagship tahun ini yaitu Snapdragon 810 dengan prosesor octa-core 64 bit berkecepatan 1.8 GHz. Prosesor ini didampingi oleh RAM dengan kapasitas 4 GB.

Sementara itu Meizu seperti umumnya produsen ponsel asal Cina pilih menggunakan MediaTek MT6795 dengan prosesor octa-core berkecepatan 2.2 GHz serta kapasitas RAM 3 GB.

Di sini proses mempertimbangkan keduanya menjadi menarik, sebab pada satu sisi Meizu unggul dengan prosesor lebih cepat namun OnePlus menawarkan kapasitas RAM lebih lega. JIka mengacu pada hasil benchmark antara MediaTek MT6795 memang terbukti mencatatkan poin lebih tinggi dibanding Snapdragon 810. Namun pada kondisi di lapangan tampaknya kapasitas RAM yang lebih besar bakal memberi manfaat yang berarti ketimbang prosesor dengan kecepatan sedikit lebih tinggi.

Walau pasti ada perbedaan namun secara keseluruhan kedua smartphone ini memiliki potensi yang sama untuk menjalankan aplikasi kompleks berikut multitasking dengan mulus.

Di sektor kamera Meizu MX5 mengusung kamera utama 20.7 MP dengan berbagai fitur canggih termasuk laser auto focus. Sementara pada bagian depan tersedia kamera selfie 5 MP.
OnePlus 2 sendiri mengusung kamera 13 MP enam lensa dengan fitur yang kurang lebih sama seperti kompetitornya.

Di atas kertas kamera Meizu MX5 unggul atas OnePlus 2 jika hanya berpatokan pada nilai MP. Namun karena kualitas foto ditentukan juga oleh beberapa faktor lain dan untuk saat ini Meizu MX5 sendiri belum diuji secara langsung maka sulit menyebut kamera mana yang lebih baik dinatara keduanya.

Pada dukungan konektivitas serta jaringan keduanya berimbang kecuali fakta bahwa OnePlus 2 sudah memiliki UC konektor tipe C dan belum diketemukan pada smartphone lain pada saat ulasan ini dibuat.

Perbandingan Meizu MX5 vs. OnePlus 2

Kesimpulan Hasil Perbandingan Meizu MX5 vs. OnePlus 2

Sejauh ini perbandingan antara Meizu MX5 vs. OnePlus 2 menunjukkan posisi yang cukup berimbang. Jika demikian maka pada akhirnya faktor harga yang bakal berperan besar dalam pertimbangan konsumen. Saat ini harga Meizu MX5 masih lebih murah dari harga OnePlus 2, apakah fakta ini bakal menguntungkan Meizu? Kita lihat saja nanti.