on

Smartphone Android Meizu MX5: Kebaruan Apa Saja yang Ditawarkan?

Pertengahan tahun ini salah satu produsen smartphone Android asal Cina: Meizu, memperkenalkan flagship model terbarunya yaitu Meizu MX5 sebagai pengganti MX4 yang mendapat rating tinggi dari para reviewer di akhir tahun lalu. Jadwal kemunculan MX5 sendiri terasa dini mengingat pada tahun lalu pendahulunya baru diperkenalkan pada bulan September. Hanya dengan selisih waktu beberapa bulan saja mungkinkah ada ubahan signifikan yang dibawa oleh Meizu MX5?

Selain MX4 tahun lalu Meizu juga merilis MX4 Pro yang diposisikan setingkat di atasnya. Layar beresolusi QuadHD, kamera dengan kualitas menakjubkan serta pemindai sidik jari merupakan tiga fitur yang menjadi key selling points MX4 Pro tahun sebelumnya. Kini dengan banderol $300 Meizu MX5 hadir dengan casing metal yang penampilannya sama sekali tak kalah dari iPhone atau HTC, akankah MX5 membawa Meizu pada level kompetisi yang lebih tinggi di tahun ini?

Spesifikasi dan Harga Meizu MX5


Mengupas Desain dan Spesifikasi Smartphone Android Meizu MX5

  • Display: 5.5-inch 1920×1080 resolution AMOLED display; About 401 PPI
  • Processor: MediaTek Helio X10, MT6795, octa-core chip clocked at 2.2GHz
  • Graphics: PowerVR G6200 MP4
  • Memory: 3GB of RAM
  • Storage: 16GB, 32GB, 64GB of storage, no microSD card slot
  • Camera: 20.7MP sensor with laser autofocus. 5MP front-facing camera capable of 1080p video.
  • WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.1 LE, GPS, A-GPS and GLONASS
  • Battery: 3150mAh non-removable.
  • Dimensions: 149.9 x 74.7 x 7.6 mm

Desainnya bukan saja terkesan premium, namun kala digenggam Meizu MX5 ternyata tak kalah solid jika dibandingkan HTC One M9 yang saat ini menjadi benchmark smartphone Android untuk poin desain. Jika pada Meizu M2 Note pabrikan tersebut menempatkan tombol daya serta pengatur volume di samping kiri yang membuat pengguna perlu melakukan penyesuaian diri agar terbiasa ternyata tidak demikian halnya dengan MX5. Penempatan tombol-tombolnya sama seperti smartphone pada umumnya.

Jual Meizu MX5

Sementara pada sisi kiri terletak slot Dual SIM card yang keduanya sama-sama mendukung jaringan 4G. Tentu ini merupakan salah satu keunggulan Meizu MX5 mengingat umumnya smartphone Dual SIM card hanya menyediakan satu slot yang mendukung 4G atau 3G sementara sisanya hanya mendukung 2G.

Menariknya meski mengusung layar berukuran lebar (5.5 inch) namun mengoperasikan Meizu MX5 dengan satu tangan ternyata masih sangat memungkinkan, bahkan sama sekali tak terasa sulit. Penempatan speaker masih tetap pada bagian bawah seperti sebelumnya, namun kondisi ini sama sekali bukan masalah mengingat volume suaranya cukup keras sehingga baik kala digunakan untuk bermain game, menonton film maupun mendengar musik kenikmatannya sama sekali tak berkurang.

Kelebihan & Kekurangan Meizu MX5

Pada cover bagian belakang umumnya produsen lain akan menggunakan desain mengkurva untuk alasan kenyamanan serta menghindari lensa kamera tergores. Tidak demikian halnya dengan Meizu MX5, cover belakangnya rata dan lensa kamera menonjol. Terkesan rawan, meski selama pengujian kurang lebih satu minggu tidak ditemukan goresan pada lensa tersebut.

Layar 5.5 inch-nya menampilkan resolusi Full HD (1080 p) berteknologi AMOLED. Meski tak sebaik kualitas layar Samsung Galaxy S6 namun secara keseluruhan kualitasnya melebihi ekspektasi dari sebuah smartphone Android yang banderolnya tak sampai Rp 4 juta, bahkan setara dengan smartphone model flagship.

Chipset MediaTek Helio X10 dengan prosesor octa-core berkecepatan 2.2 GHz terasa garang memproses berbagai aplikasi kompleks termasuk game atau aplikasi pengolah gambar pada Meizu MX5. Pada pengujian benchmark baterainya pun terbukti memiliki daya tahan yang panjang. Sehingga di sektor performa tak ada kekurangan Meizu MX5 ditemukan selama penggunaan dalam kurun waktu satu pekan.

Sensor pemindai sidik jari yang merupakan salah satu fitur andalan Meizu MX5 juga bekerja dengan baik, tidak menujukkan tanda-tanda inferior dihadapan fitur serupa milik Galaxy S6 maupun iPhone 6.

Kamera Meizu MX5

Pada bagian belakang Meizu menempatkan lensa 20.7 MP sama seperti sebelumnya, bedanya jika tahun lalu mereka menggunakn sensor buatan Toshiba kali ini entah untuk alasan apa Meizu MX5 mengandalkan sensor buatan Sony. Dan sama halnya dengan LG G4 pabrikan asal Cina ini pun juga menempatkan fitur auto-focus berdampingan dengan dual tone flash. Kualitas foto yang dihasilkan lagi-lagi membuat orang bakal terkagum-kagum, sebab kala diuji dengan mode Auto kualitas foto yang dihasilkan bahkan mampu melewati kamera Sony Xperia Z3 pada mode yang sama.

Kesimpulan Review Smartphone Android Meizu MX5


Harga Meizu MX5
Hitam
Harga Meizu MX5
Jual Meizu MX5

Tak ada lompatan besar jika membandingkan Meizu MX5 dengan Meizu MX4, namun mengingat banderol $300 sementara dalam banyak hal performa serta fitur yang dimiliki layak disejajarkan dengan smartphone flagship model yang banderolnya di kisaran $500 jelas Meizu MX5 sangat layak dipertimbangkan. Satu-satunya kelemahan smartphone Android keluaran Meizu ini adalah dukungan jaringan purna jual di Indonesia yang tentu belum bisa disejajarkan dengan Samsung, LG dan Apple.