on

Perbandingan Sony Xperia Z5 Premium vs. Samsung Galaxy Note 5

Perbandingan Sony Xperia Z5 Premium vs. Samsung Galaxy Note 5 diprediksi bakal menjadi kompetisi terpanas di segmen premium Android phablet tahun ini. Meski tahun ini Samsung menghadirkan pula Galaxy S6 Edge Plus namun popularitas dan preferensi konsumen terhadap Galaxy Note 5 tetap sekuat tahun-tahun sebelumnya. Tantangan justru datang dari Xperia Z5 Premium yang dengan berani menjadi phablet pertama dengan layar beresolusi 4K.

Target market keduanya memang berbeda, Sony lewat Xperia Z5 Premium tampaknya cenderung membidik konsumen yang menghendaki perangkat dengan kemampuan mendukung multimedia optimal. Sedangkan Samsung masih seperti biasanya mencoba melayani konsumen yang lebih mementingkan kemampuan perangkat mobile untuk mendukung produktivitas melalui Galaxy Note 5. Walau demikian bukan tak mungkin kedua target market yang tampak berbeda itu kenyataannya tetap mempertimbangkan keduanya. Untuk membantu proses pengambilan keputusan berikut kami coba sajikan perbandingan antara Sony Xperia Z5 Premium vs. Samsung Galaxy Note 5.

Perbandingan Sony Xperia Z5 Premium vs. Samsung Galaxy Note 5


Head-to-head Perbandingan Sony Xperia Z5 Premium vs. Samsung Galaxy Note 5

Dari sisi desain Samsung Galaxy Note 5 tampak lebih menonjol berkat desain yang berkesan kekinian. Kesan tersebut timbul sebagai hasil dari kombinasi bezel tipis dengan layar lebar. Dimensi Samsung Galaxy Note terbaru ini pun secara keseluruhan lebih ramping serta masih ditunjang lagi dengan desain cover belakang mengkurva yang menjaidkannya solid sekaligus nyaman dalam genggaman.

Sony sendiri sebagaimana sempat diulas beberapa waktu lalu masih berpegang pada desain OmniBalance yang cenderung bertahan sejak Xperia seri Z generasi kedua. Bukan hal buruk sebenarnya, hanya saja bezel berukuran tebal membuat penampilan Sony Xperia Z5 tampak tak se-modern Galaxy Note 5.

Dari sisi build quality keduanya sangat berimbang namun dari sisi estetika rasanya adil mengakui Samsung Galaxy Note 5 lebih baik ketimbang Sony Xperia Z5.

Masuk pada perbandingan layar Samsung Galaxy Note 5 vs. Sony Xperia Z5 Premium bukan hal mudah memutuskan mana yang lebih baik meski secara teoritis Xperia Z5 Premium memang lebih layak diunggulkan.

Perbandingan Spesifikasi Sony Xperia Z5 Premium vs. Samsung Galaxy Note 5

Perbandingan Layar Sony Xperia Z5 Premium vs. Samsung Galaxy Note 5

Teknologi Super AMOLED yang diaplikasikan pada layar Galaxy Note 5 memiliki keunggulan terutama dalam menampilkan warna hitam yang lebih solid.
Sedangkan Sony di lain sisi menampilkan resolusi 4K yang pertama kalinya digunakan pada layar sekecil ini, alhasil dengan ukuran layar yang lebih kecil dibandingkan layar televisi maka tingka kepadatan warna yang dihasilkan berkali-kali lipat lebih tinggi. Sony Xperia Z5 Premium hingga saat ini adalah smartphone/phablet dengan tingkat kepadaran warna paling tinggi.

Bagi sebagian konsumen tertentu saturasi warna khas layar Super AMOLED dianggap lebih baik dibanding IPS, sedangkan beberapa konsumen lainnya menilai resolusi dan kepadatan warna jauh lebih berharga dipertimbangkan. Tentu saja keduanya memiliki argumen dan alasan berbeda, namun mengingat bahwa resolusi 4K terutama pada smartphone memang terbukti memberi sensasi sama sekali berbeda dibanding layar Full HD atau Quad HD sekalipun maka wajar menempatkan layar Sony Xperia Z5 sebagai pemenang dalam perbandingan kali ini.

Di sektor kamera baik Samsung maupun Sony sama-sama melakukan penyempurnaan yang bisa dibilang revolusioner dibanding sebelumnya. Kamera Galaxy Note 5 adalah kamera yang sama digunakan oleh Galaxy S6 dan sejauh ini hanya bisa dikalahkan oleh kamera LG G4.
Sony Xperia Z5 Premium pun tercatat sebagai generasi pertama dari Xperia seri Z yang mengusung kamera dengan modul baru. Sayang sekali sampai saat ini belum berkesempatan menguji langsung performa serta kualitas foto yang dihasilkan dari kamera smartphone terbaru buatan Sony ini.
Karenanya untuk poin ini kami tidak memberikan penilaian sementara waktu. Sekedar catatan saja bahwa sensor yang digunakan oleh kamera Samsung Galaxy Note adalah sensor buatan Sony.

Perbandingan Harga Sony Xperia Z5 Premium vs. Samsung Galaxy Note 5

Perbandingan Kamera Sony Xperia Z5 Premium vs. Samsung Galaxy Note 5

Di atas kertas kamera Sony Xperia Z5 Premium unggul dalam tingkat resolusi yaitu 23 MP dibanding 16 MP pada Galaxy Note 5, namun lensa kamera Galaxy Note 5 dengan aperture f/1.9 sedikit lebih unggul dibandingkan f/2.0 pada Xperia Z5 Premium.

Sony Xperia Z5 Premium lagi-lagi unggul atas Galaxy Note 5 pada perbanding fitur. Pertama-tama kedua smartphone/phablet kelas high-end ini sama-sama sudah memiliki fitur pemindai sidik jari untuk berbagai keperluan. Namun Xperia Z5 Premium selangkah lebih maju karena casing-nya sudah mengantongi sertifikasi IP65/68 yang menunjukkan dirinya tahan terhadap debu serta mampu menahan rembesan air tawar hingga kedalaman 150 cm dalam waktu maksimal 30 menit. Tak cukup sampai disitu layar sentuh Sony Xperia Z5 Premium pun dirancang untuk mampu membaca perintah dalam kondisi sedikit basah misalnya terpercik air hujan.

Satu-satunya kelebihan Samsung Galaxy Note 5 dibanding Sony Xperia Z5 Premium pada poin fitur adalah keberadaan S-Pen yang pada generasi kelima ini kinerjanya makin sempurna dibanding para pendahulunya.

Mana yang lebih baik diantara keduanya tentu bergantung pada penilaian masing-masing calon konsumen terhadap fitur-fitur mana saja yang dianggap penting dan mana yang bisa ditolerir.

Sementara itu untuk perbanding performa kecepatan antara Sony Xperia Z5 Premium vs. Samsung Galaxy Note 5 keduanya cukup berimbang. Xperia Z5 Premium mengandalkan chipset Snapdragon 810 sedangkan Galaxy Note 5 menggunakan chipset besutan Samsung sendiri yaitu Exynos 7420.

Perbandingan Sony Xperia Z5 Premium vs. Samsung Galaxy Note 5

Kapasitas RAM Sony Xperia Z5 Premium memang defisit 1 GB dibanding Galaxy Note 5, namun performa multitasking-nya masih terasa mumpuni. Tampaknya Sony cukup berhasil melakukan manajemen perangkat lunak sehingga meski RAM-nya hanya 3 GB dan layarnya memiliki resolusi tinggi namun tak tampak gejala kekurangan sumber daya.

Kelemahan Sony Xperia Z5 Premium di sektor ini jika dibandingkan Galaxy Note 5 justru terletak pada gejala overheat yang meski tidak menyebabkan crash namun gejala panas di cover belakang kala menjalankan aplikasi berat terasa cukup mengganggu.

Samsung Galaxy Note 5 pun bukannya tanpa kelemahan dibanding Sony Xperia Z5 Premium. Sebagai phablet dengan kemampuan dan fitur multimedia segudang sudah barang tentu kapasitas media penyimpanan menjadi hal vital. Sayangnya demi menjaga desain ramping Samsung menghilangkan dukungan memori eksternal.

Perbandingan Sony Xperia Z5 Premium vs. Samsung Galaxy Note 5

Masuk ke poin konektivitas dalam perbandingan Samsung Galaxy Note 5 vs. Sony Xperia Z5 Premium, lagi-lagi Samsung menunjukkan keunggulan karena sudah mendukung LTE kategori 9 yang secara teoritis lebih cepat dibanding katergori 6 yang diterapkan pada Sony Xperia Z5 Premium. Namun pertanyaannya: relevankah keberadaannya untuk konsumen Indonesia saat ini?

Kesimpulan Perbandingan Sony Xperia Z5 Premium vs. Samsung Galaxy Note 5

Kedua phablet sama-sama menunjukkan kelebihan yang membuatnya layak disebut sebagai dua kandidat phablet terbaik 2015. Secara keseluruhan Sony Xperia Z5 Premium lebih unggul dibanding Galaxy Note 5, namun tentu saja pertimbangan antara keduanya kembali pada kebutuhan serta preferensi dari masing-masing calon konsumen.