on

Bedah Spesifikasi Alcatel OneTouch Flash 2

Belum lama berselang, Alcatel mencatat sukses membanggakan di industri ponsel lewat dua produk andalan mereka yaitu Alcatel OneTouch Flash dan Alcatel OneTouch Flash Plus. Respon konsumen terhadap keduanya demikian positif, termasuk di Indonesia. Meneruskan sukses tersebut perusahaan yang sama baru-baru ini memperkenalkan Alcatel OneTouch Flash 2 yang diharapkan mampu menjaga momentum positif tersebut.

Perusahaan berbasis di Perancis yang mayoritas sahamnya kini dimiliki oleh perusahaan berbasis di Cina tersebut tampaknya paham bahwa ubahan besar sangat riskan terhadap sebuah produk yang sudah terbukti sukses. “You Don’t change the winning team”, kurang lebih demikian istilah yang kerap digunakan di dunia olah raga. Maka dari itu tak mengherankan jika dalam beberapa hal Alcatel OneTouch Flash 2 masih mempertahankan hal yang sudah ditemukan sebelumnya pada Alcatel OneTouch Flash generasi pertama. Lalu apa saja perbedaan antara Alcatel OneTouch Flash 2 dengan Alcatel OneTouch Flash yang sudah dikenal selama ini?

Alcatel OneTouch Flash 2 Indonesia


Mengenal Alcatel OneTouch Flash 2

  • 1.3GHz Mediatek MK6753 octa-core processor
  • 2GB RAM, 16GB internal storage (expandable)
  • 5.0-inches IPS HD LCD, 1280 × 720 pixels
  • 13.0-megapixels primary camera with Auto Focus, Dual LED and Dual Tone Flash
  • 5.0-megapixels secondary camera with LED Flash
  • 3G, HSPA+, LTE, Dual-SIM, dual LTE
  • WiFi, Bluetooth 4.0, GPS, aGPS
  • 3,000mAh Li-Ion battery
  • Android 5.1 Lollipop

Kelemahan Alcatel OneTouch Flash yang paling kentara tahun lalu adalah desain serta build quality yang benar-benar tak mampu menyembunyikan fakta bahwa dirinya merupakan smartphone kelas low-end. Seolah sadar akan hal itu maka sang produsen kali ini memberikan build quality yang jauh lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Desainnya memang tidak lantas menampakkan kesan premium, namun kala digenggam Alcatel OneTouch Flash 2 terasa sangat solid fan kokoh berkali-kali lipat dibanding pendahulunya.

Kamera Alcatel OneTouch Flash 2

Kritik lain terhadap smartphone keluaran Alcatel sebelumnya juga ditujukan terhadap tampilan antar muka LeWA UI, kritikan tersebut terutama dilontarkan oleh konsumen di negara-negara Barat yang tidak terlalu menggemari penampilannya. Karena itu pada Alcatel OneTouch Flash 2 kali ini sang produsen menyingkirkan tampilan antar muka tersebut dan menggantikannya dengan stock Android.

Masih seputar penyempurnaan sebagai hasil pembelajaran dari produk sebelumnya Alcatel melakukan revisi terhadap modul kamera Alcatel OneTouch Flash 2, pasalnya tahun lalu kamera Alcatel OneTouch Flash banyak dikritik karena performa serta hasil foto di bawah ekspektasi.
Kamera dengan sensor 13 MP ISOCELL buatan Samsung kini menjadi andalan di belakang dengan dukungan beberapa fitur menjanjikan seperti auto focus, dual LED flash dan Dual Tone flash. Sedangkan pada bagian depan terdapat kamera selfie dengan sensor 5 MP yang juga dilengkapi dengan LED flash.

Perbedaan Alcatel OneTouch Flash 2

Secara teoritis keduanya terdengar potensial, sayang sekali kami belum berkesempatan menguji untuk menilai seperti apa kualitas foto-foto yang dihasilkan oleh kedua kamera baru Alcatel OneTouch Flash 2 tersebut.

Spesifikasi dan Harga Alcatel OneTouch Flash 2

Lantas pada bagian mana Alcatel mempertahankan apa yang sudah ada pada generasi sebelumnya? Jika menilik spesifikaso Alcatel OneTouch Flash 2 maka sektor peforma tampaknya bukan bagian yang dianggap pihak pabrikan perlu direvisi atau disempurnakan. Kapasitas RAM 2 GB serta prosesor 64 bit octa-core SoC yang digunakan masih sama persis seperti yang digunakan pendahulunya. Demikian pula halnya dengan layar 5 inch dengan teknologi serta tingkat resolusi yang sama persis.

Menilik apa yang ditampilkan pendahulunya tampaknya memang kedua sektor tersebut bukan termasuk kekurangan yang perlu disempurnakan untuk ukuran smartphone kelas low-end dengan banderol Rp 2 juta-an. Tak salah jika sang produsen pilih menghemat biaya produksi dengan mempertahankan konfigurasi lama.

Kelebihan dan Kekurangan Alcatel OneTouch Flash 2

Kesimpulan Impresi Awal Alcatel OneTouch Flash 2


Jual Alcatel OneTouch Flash 2

Alcatel tampak cukup peka dalam mendengarkan masukan dari konsumen terhadap produk mereka sekalipun performa di pasar masih terbilang baik bahkan sampai saat ini pun. Meski belum berkesempatan menguji secara langsung namun penyempurnaan di sektor kamera layak diapresasi, setidaknya bisa diharapkan performa serta kualitas foto yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Peningkatan di sektor build quality serta tampilan yang kini beralih ke stock Android juga merupakan dua penyempurnaan yang tak bisa dibilang sepele. Karena itu kami cukup yakin bahwa selama harganya tetap kompetitif Alcatel OneTouch Flash 2 bakal menjadi salah satu pemain dominan si segmen entry level.