on

Xiaomi Redmi 2 Prime Masuk Indonesia, Apa Bedanya dengan Xiaomi Redmi 2?

Hanya berselang beberapa bulan setelah merilis Xiaomi Redmi 2, produsen asal Cina tersebut merilis model revisi dalam wujud Xiaomi Redmi 2 Prime yang saat ini sudah dijual pula di Indonesia. Penyempurnaan yang diusungnya tidak banyak, tampaknya sang produsen sekedar bermaksud mempertahankan posisi kompetitifnya mengingat saat ini ada cukup banyak kompetitor sekelas yang cukup potensial.

Xiaomi Redmi 2 Prime diposisikan oleh pihak pabrikan sebagai “Special Edition” dari Redmi 2. Penjualannya di Indonesia sendiri secara ekslusif dilakukan oleh Lazada lewat Flash Sale yang dimulai pada tgl. 28 September ini. Dengan banderol harga sekitar Rp 200 ribu lebih mahal dibanding Redmi 2, apa kelebihan yang didapat konsumen dari Xiaomi Redmi 2 Prime?

Xiaomi Redmi 2 Prime dijual di Indonesia


Menyimak Desain & Spesifikasi Xiaomi Redmi 2 Prime

Desain serta build quality Xiaomi Redmi 2 Prime sama sekali tidak berbeda dari Xiaomi Redmi 2, dari sisi manapun Anda melihat atau menggenggam keduanya benar-benar identik. Bahkan perbedaan minor pun tak bakalan ditemukan. Tidak terlalu mengejutkan sebenarnya, mengingat Xiaomi selalu mengedepankan efisiensi biaya produksi, penggunaan desain dan bahan yang sudah ada tentu jauh lebih hemat ketimbang melakukan ubahan sekecil apapun ubahan tersebut.

Meski pada beberapa iklan komersial Xiaomi Redmi 2 Prime ditampilkan dalam beberapa pilihan warna casing namun pada kenyataannya tetap hanya tersedia dua pilihan warna yang dijual yaitu White dan Grey. Peletakkan LED notifikasinya juga masih tetap sama seperti sebelumnya yang cenderung tidak lazim yaitu di bagian kanan bawah.

Tombol daya serta tombol pengatur volume diletakkan pada sisi kanan sementara port 3.5 mm di bagian atas. Di sisi bawah terletak port microUSB yang berfungsi sebagai port pengisi daya sekaligus transfer data. Cover bagian belakang memiliki tekstur yang nyaman digenggam sekaligus tidak mudah terselip yang juga adalah salah satu keunggulan Redmi 2 dari sisi desain.

Pengalaman Xiaomi Redmi 2 Prime

Harga Xiaomi Redmi 2 Prime di Indonesia

Lensa kamera primer sedikit menonjol dengan LED flash, speaker dan secondary microphone mengelilinginya. Jika cover bagian belakangnya dibuka maka pengguna bisa mengakses dua buah slot micro SIM card, slot microSD serta baterai.

Xiaomi Redmi 2 Prime Masuk Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 2 Prime

Dalam genggaman Xiaomi Redmi 2 Prime memang terasa solid sekaligus nyaman, sayangnya kala digunakan untuk menelepon desain smartphone entry-level ini tak terasa terlalu nyaman menempel di telinga.

Masuk ke sektor performa kecepatan lagi-lagi tak banyak yang berubah dari Xiaomi Redmi 2 Prime dibanding Xiaomi Redmi 2. Chipset Snapdragon 410 dengan prosesor 64 bit berkecepatan 1.2 GHz berikut GPU Adreno 306 terintegrasi masih menjadi jantung performanya. Bedanya jika kapasitas RAM Xiaomi Redmi 2 hanya 1 GB saja maka kali ini Remid 2 Prime mengusung kapasitas RAM dua kali lipat lebih besar yaitu 2 GB. Selain itu kapasitas memori internalnya juga membengkak dua kali lipat menjadi 16 GB.

Layarnya juga masih sama seperti sebelumnya, layar berukuran 4.7 inch dengan resolusi 720 x 1280 pixels serta kepadatan warna 312 ppi sama sekali tidak berbeda dari layar Redmi 2 yang sudah kita kenal lebih dahulu.

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 2 Prime

Modul kamera primer maupun kamera sekunder juga tidak berubah, lensa 8 MP dengan f.2/2 serta lensa 2 MP sebagai kamera sekunder menjadi andalan Xiaomi Redmi 2 Prime seperti pendahulunya.

Sedangkan dukungan konektivitas yang disediakan oleh Xiaomi Redmi 2 Prime meliputi 4G, Wi-Fi b/g/n, Bluetooth 4.0, GPS, FM radio dan USB-OTG.

Kelemahan Xiaomi Redmi 2 Prime sama seperti smartphone Xiaomi yang sudah-sudah terletak pada tampilan antar muka MIUI 6 yang tidak memiliki app drawer, pendekatan yang sama dilakukan pula oleh produsen senegaranya. Kesederhanaannya pada satu sisi memang memudahkan pengguna pemula, namun pada sisi lain terasa tidak praktis bagi yang sudah terbiasa dengan tampilan antar muka buatan produsen lain.

Sisi positifnya, tampilan antar muka yang sederhana ini tidak mengkonsumsi terlalu banyak sumber daya sehingga meski hanya menggunakan Snadragon 410 namun Xiaomi Redmi 2 Prime terasa fluid dan operasional sehari-hari. Anehnya, enta subjektif atau memang demikian namun selama pengujian tidak terasa perbedaan performa yang berarti antara Xiaomi Redmi 2 Prime dengan Xiaomi Redmi 2 sekalipun saat melakukan multitasking.

Sebaliknya dalam uji benchmark AnTuTu serta Quadrant Xiaomi Redmi 2 Prime memang mencatatkan point yang lebih tinggi ketimbang Xiaomi Redmi 2.

Performa kamera rasanya tak perlu dibahas panjang lebar mengingat modul keduanya masih sama seperti Redmi 2. Auto-focus masih menjadi kelemahan utamanya, namun kualitas foto yang dihasilkan tergolong outstanding untuk ukuran smartphone harga kurang dari Rp 2 juta-an. Lagi-lagi secara objektif kami merasa reproduksi warna yang dihasilkan oleh kamera Xiaomi Redmi 2 Prime sedikit lebih baik dibanding Remdi 2. Sedangkan kala digunakan mengambil foto di malam hari atau di dalam ruangan kamera ini masih belum mampu menghasilkan kualitas foto yang layak.



Kesimpulan Review Xiaomi Redmi 2 Prime


Cek Harga Xiaomi Redmi 2 Prime
Xiaomi Redmi 2 Prime
Harga Xiaomi Redmi 2 Prime
Xiaomi Redmi 2


Harga Xiaomi Redmi 2 Prime yang dibanderol Rp 1.8 juta-an membuatnya menjadi salah satu pilihan yang menarik dipertimbangkan diantara pilihan entry-level smartphone yang ada saat ini. Namun apakah selisih harga hampir Rp 200 ribu dibanding Xiaomi Redmi 2 cukup layak untuk kapasitas memori internal serta RAM yang dua kali lipat lebih besar berikut kamera dengan reproduksi warna lebih baik tentu Anda sendiri sebagai calon konsumen yang bisa menilainya.