on

Bedah Spesifikasi dan Impresi Awal Huawei Mate S

Huawei Mate S tercatat sebagai smartphone pertama di dunia yang menerapkan layar sentuh Force Touch. Meski belum populer namun diprediksi bahwa nantinya semua smartphone bakal mengadopsi fitur serupa. Menyusul animo positif calon konsumen terhadap Huawei P8 dan Honor 7 akankah Huawei Mate S berperan besar menyumbang penjualan pabrikan asal Cina tersebut di tahun ini?

Diperkenalkan dalam gelaran IFA 2015, Huawei Mate S menjadi salah satu smartphone yang banyak disoroti. Penampilannya sangat elegan bahkan hanya dengan melihat sekilas saja siapapun sudah bisa menduga bahwa build quality smartphone terbaru buatan Huawei ini setara dengan Samsung Galaxy Note atau HTC One series. Dari sisi kualitas benarkah Huawei sudah layak disejajarkan dengan pabrikan mapan tersebut?

Spesifikasi dan Harga Huawei Mate S


Mengulas Desain & Spesifikasi Huawei Mate S

Dengan mengandalkan material logam di setiap bagian casingnya, Huawei Mate S memang tampak demikian elegan. Membandingkan smartphone Android buatan Cina ini dengan produk sekelas besutan Samsung, LG atau bahkan HTC dan Apple pun rasanya cukup pantas. Cover bagian belakang dengan model meng-kurva menambah nilai plus terutama dari segi kenyamanan. Sama halnya seperti phablet dan smartphone kelas high-end keluaran tahun ini, Huawei Mate S pun sudah dilengkapi dengan pemindai sidik jari.

Pada bagian depan meski tercatat sebagai smartphone pertama dengan “Force Touch” namun pihak produsen tak banyak memberi perhatian pada tingkat resolusi dan kepadatan warna. Layar 5.5 inch ini menampilkan resolusi Full HD dan kepadatan warna 401 ppi sehingga jika dibandingkan secara langsung tampak inferior atas LG G4 dan Samsung Galaxy Note 5.

Walau demikian secara keseluruhan tingkat kecerahan, reproduksi warna serta kontrasnya sangat baik. Lebih-lebih dikombinasikan bezel super tipis yang menjadikan sensasi gambar yang ditampilkan terasa istimewa. Layar ini diperkuat dengan 2.5D Glass yang berfungsi meminimalisir terjadinya goresan selama penggunaan.

Di sektor performa kecepatan masih seperti biasa Huawei setia dengan chipset buatannya sendiri. Adalah Kirin 935 Octa-core yang kini didaulat menjadi penanggung jawab performa komputasi Huawei Mate S bersama RAM berkapasitas 3 GB. Selama pengujian singkat smartphone Android Huawei terbaru ini menunjukkan performa dan tingkat fluiditas yang sangat baik.

Sedangkan untuk kapasitas media penyimpanan tersedia beberapa opsi yang bisa dipilih masing-masing adalah 32 GB, 64 GB dan 128 GB. Sekedar catatan bahwa fitur Force Touch sendiri hanya terdapat pada versi 128 GB.

Kelebihan dan Kekurangan Huawei Mate S

Dalam banyak hal terdapat kemiripan antara Huawei Mate S dengan Huawei Honor 7. Salah satunya adalah kamera sekunder 8 MP dan kamera utama 13 MP. Bedanya untuk Mate S ini sudah ditambahkan dengan fitur OIS hingga 1.2 Derajat serta dual-tone LED flash. Kamera Huawei Mate S juga sudah mendukung mode PRO yang memungkinkan pengguna berkreasi dengan foto-foto yang hendak dibuat.

Kamera Huawei Mate S

Impresi Awal Huawei Mate S

Kehadiran Huawei Mate S sebagai smartphone pertama dengan Force Touch menunjukkan komitmen tinggi Huawei terutama di industri ponsel. Walau layak diapresiasi namun keputusan pihak pabrikan merilis Mate S dan Honor 7 secara bersamaan berpotensi menjadi blunder sebab dalam beberapa hal keduanya adalah smartphone yang sama. Mate S bakal mengkanibal penjualan Honor 7? Atau sebaliknya? Waktu lah yang akan menentukan.