on

Apa yang Menjadikan LG G4 Smartphone Terbaik Tahun 2015?

Samsung Galaxy S6 memang adalah smartphone Android pertama dalam sejarah yang sanggup menaklukan iPhone. Dalam berbagai sisi termasuk kamera dan sistem operasi, Galaxy S6 mewakili Android mengalahkan iPhone 6. Namun tahta itu hanya dipegang beberapa bulan saja. Sebab tak lama kemudian kompetitor senegara-nya yaitu LG merilis LG G4 yang bukan saja lebih baik dari iPhone 6 namun juga lebih baik dketimbang Galaxy S6.

Sementara hampir semua flagship smartphones keluaran tahun ini memiliki kemiripan desain yang kental satu sama lain, LG berani tampil beda. Suka tidak suka dengan desainnya harus diakui bahwa LG G4 langsung memberikan kesan berbeda bahkan saat hanya melihat sekilas lalu. Bukan itu saja, penggunaan leather pada cover belakang dan penempatan tombol daya di bagian belakang makin membuatnya unik dibanding sesama smartphone Android merek lain.

Smartphone Terbaik Tahun 2015


Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Terbaik 2015 LG G4

LG G4 masih mengusung layar berukuran lebar 5.5 inch dan resolusi 1440 pixels seperti pendahulunya. Namun bukan berarti tak ada ubahan di sektor layar. Jika tahun lalu LG G3 banyak dikritik karena tingkat kecerahan layarnya dianggap tidak optimal maka kali ini sang produsen sudah mengatasinya dengan tingkat brightness yang 25% lebih terang jika dibanding layar LG G3.

Daftar Smartphone Terbaik Tahun 2015

Meski masalah layar teratasi namun penigkatan tersebut tentu membawa konsekuensi negatif pada konsumsi daya baterainya. Karena itu untuk menjaga baterai tetap hemat maka LG G4 hanya menggunakan chipset Snapdragon 808 yang performanya secara teoritis di bawah Exynos milik Galaxy S6 dan Snaprdragon 810 pada HTC One M9. Uji benchmark memperkuat dugaan tersebut dimana raihan point LG G4 jauh di bawah HTC One M9 dan Samsung Galaxy S6.

Harga Smartphone Terbaik Tahun 2015

Jangan lupa bahwa data tersebut tidak mewakili kondisi sesungguhnya, sebab kala digunakan nyaris tak ada perbedaan antara LG G4 yang menggunakan prosesor hexa-core dengan kompetitor sekelas yang sudah menggunakan prosesor octa-core. Waktu loading, kemampuan multitasking, kecepatan transisi antar aplikasi serta kala menjalankan aplikasi kompleks sama sekali tak terasa inferior dibanding Galaxy S6 maupun One M9.

Sementara Samsung pilih menyingkirkan baterai removable dan menggantinya dengan tipe non-removable tak demikian halnya pada LG. LG G4 tetap menggunakan baterai removable dengan daya 3.000 mAh berikut dukungan microSD hingga kapasitas 1 TB.

Daya tahan baterainya pun di atas kompetitor, selama penggunan dalam kurun waktu 3 minggu untuk berbagai aktivitas rata-rata baterai LG G4 sanggup bertahan selama 27 jam 44 menit. Waktu tersingkat yang tercatat selama penggunaan tiga minggu tersebut adalah 17 jam 50 menit. Bukan saja lebih baik dibanding Galaxy S6 dan One M9 namun juga mengalahkan catatan rekor pendahulunya LG G3 tahun lalu.


Kelemahan LG G4 sendiri terletak pada tampilan antar muka. Sama seperti Samsung Galaxy S6 tampilan antar muka LG G4 juga sudah jauh berbeda dari tampilan standar Android Lollipop. Bedanya pada LG G4 nyaris tak ada tambahan fitur yang istimewa, keistimewaannya hanya terletak pada fitur pendukung kamera yang antara lain menyediakan mode manual. Dalam hal ini Samsung dengan TouchWiz-nya masih jauh lebih baik ketimbang LG.

Kamera dengan sensor 16 MP di bagian belakang ada key selling point dari LG G4 yang membuatnya unggul atas Samsung Galaxy S6 serta iPhone 6. Dengan aperture f/1.8 jelas tak ada kamera smartphone lain yang lebih unggul atas LG G4 untuk saat ini. Fitur pendukung lain yang turut berperan atas keunggulan ini adalah OIS, infrared dan sensor spektrum warna yang menghasilkan reproduksi warna lebih akurat dibanding kamera Galaxy S6 maupun kamera iPhone 6.

Kamera Smartphone Terbaik Tahun 2015

Bahkan foto yang dihasilkan oleh kamera LG G4 masih terlihat baik kala ditampilkan di layar televisi berukuran lebar. Kemampuannya menghasilkan foto berkualitas tinggi dalam berbagai kondisi pencahayaan sangat mengagumkan. Mengabadikan momen matahari terbenam (sunset) dengan kamera LG G4 sama sekali bukan halangan, dan hasilnya benar-benar layak dinikmati.


Selain mendukung mode manual, kamera LG G4 juga mendukung penyimpanan file dalam format RAW. Bagi fotografer profesional dan amatir yang gemar mengolah foto tentu dianggap sebagai sebuah kelebihan tersendiri.

Smartphone Terbaik Tahun 2015

Kamera depannya juga tak kalah menarik, sensor 8 MP serta aperture f/2.0 benar-benar bakal menjadi idaman bagi pengguna yang gemar melakukan foto selfie dan wefie.

Kesimpulan Review Smartphone Terbaik 2015 LG G4

Perbandingan Harga iPhone 6 vs. LG G4 vs. Samsung Galaxy S6
iPhone 6 LG G4 Samsung Galaxy S6
Harga iPhone 6 Harga LG G4Harga Samsung Galaxy S5
Sony Xperia Z2 beli sekarang beli sekarang


Menyebut LG G4 sebagai smartphone terbaik 2015 tidaklah berlebihan, bukan hanya terbaik di antara sesama smartphone berbasis Android namun benar-benar terbaik di lintas platform. Desain unik serta elegan, performa kecepatan setara dengan kompetitor yang menggunakan prosesor octa-core, daya tahan baterai di atas rata-rata juga tentu saja di atas segalanya adalah performa kamera yang menempatkannya sebagai kamera smartphone terbaik sepanjang sejarah sudah lebih dari cukup menjadi alasannya.