on

Perbandingan iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 Edge

Kehadiran iPhone terbaru membuka babak baru kompetisi sengit antara Apple dan Samsung di segmen high-end. Perbandingan iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 Edge bakal merepresentasikan produk terbaik dari kedua pabrikan itu di industri ponsel tahun 2015 ini.

iPhone 6s sendiri sebagaimana diketahui mengusung pembaruan cukup signifikan dibanding iPhone 6, di antaranya adalah modul kamera baru, material casing baru serta fitur 3D touch yang menjadi andalannya. Samsung Galaxy S6 Edge pada dasarnya adalah Samsung Galaxy S6 dengan nilai plus pada layar yang melengkung/mengkurva pada kedua tepi. Mana diantara keduanya yang lebih pas untuk selera serta kebutuhan Anda? Silakan menyimak perbandingan iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 Edge dalam artikel kali ini.

Perbandingan Head-to-head iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 Edge


Perbandingan iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 Edge


Dari sisi dimensi kedua pabrikan melakukan pendekatan berbeda jika membandingkan masing-masing dengan pendahulunya. Sementara bobot Samsung Galaxy S6 Edge mengalami penyusutan dibanding Galaxy S5, bobot iPhone 6s justru bertambah. Menariknya, meski menawarkan layar berukuran lebih lebar serta unik namun bobot Samsung Galaxy S6 Edge yang hanya 132 gram terasa jauh lebih ringan dibanding iPhone 6s yang saat ini memiliki bobot 143 gram.

Perbandingan iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 Edge

Untuk material yang digunakan kali ini untuk pertama kalinya Apple berpaling ke aluminium 7000 dalam upaya menghindari terulangnya skandal “bendgate” beberapa waktu lalu. Bagi Apple dan penggunanya perubahan ini terasa cukup berarti mengingat belum pernah dalam sejarahnya pabrikan berbasis di Cupertino tersebut menggunakan material ini. Namun demikian Samsung sebenarnya juga sudah mengadopsi material yang sama terlebih dahulu, bukan untuk Samsung Galaxy S6 Edge saja namun juga untuk Galaxy S6.

Perbandingan iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 Edge

Kedua pabrikan juga sama-sama melakukan pamer teknologi pada smartphone terbarunya. Jika Apple mengandalkan fitur 3D touch sebagai teknologi unggulan iPhone 6s maka Samsung mengandalkan edge screen yang merupakan pengembangan dari teknologi serupa pada Galaxy Note Edge.

Perbandingan iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 Edge

Sementara itu untuk perbandingan di sektor layar, meski iPhone selama ini selalu mendapatkan pujian pada sisi ini namun untuk kali ini terpaksa harus mengakui keunggulan Samsung. Galaxy S6 Edge menawarkan layar yang lebih unik, lebih lebar, lebih cerah, lebih tampak hidup dan menampilkan warna hitam yang lebih solid. Mungkin sudah saatnya bagi Apple untuk berbenah dan tak lagi terlena dengan keunggulan masa lalu. Sebab para kompetitornya sudah menunjukkan kemajuan yang sangat berarti.

Perbandingan iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 Edge

Untuk perbandingan kamera utama iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 Edge keduanya tak diragukan merupakan yang terbaik di kelasnya saat ini bersama dengan LG G4. Apple melakukan revisi modul kamera utama setelah mempertahankan modul yang sama selama empat tahun. Kali ini lensa f/2.2 dengan sensor 12 MP menjadi andalannya. Sayang sekali sang produsen belum melengkapi dengan fitur OIS yang sudah menjadi standar untuk smartphone kelas high-end.

Sedangkan kamera 16 MP milik Samsung Galaxy S6 Edge bukan saja sudah mengusung fitur OIS namun juga menggunakan lensa lebih lebar yaitu f/1.9 yang mampu menangkap cahaya dengan lebih baik.

Perbandingan iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 Edge

Kamera depan iPhone 6s pun meski mengalami peningkatan dibanding iPhone 6 namun masih bukan tandingan kamera Samsung Galaxy S6 Edge. Pasalnya Apple lagi-lagi masih mengandalkan lensa f/2.2 dimana Samsung sudah menggunakan f/1.9.

Perbandingan iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 Edge

Di sektor performa kecepatan seperti biasa Apple selalu merahasiakan detil prosesor yang digunakan. Kali ini pun Apple hanya menyebutkan bahwa chipset A9 yang digunakan oleh iPhone 6s lebih cepat dibanding A8 pada iPhone 6.
Sebaliknya seperti umumnya pabrikan ponsel Android Samsung terang-terangan menjelaskan detil Exynos terbaru yang menjadi jantung performa Samsung Galaxy S6 Edge.

Perbandingan iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 Edge

Untuk performa multitasking sendiri kapasitas RAM iPhone 6s memang defisit 1 GB dibandingkan Samsung Galaxy S6 Edge. Namun tahun lalu hanya meski hanya dengan RAM 1 GB pun iPhone 6 mampu menunjukkan performa multitasking yang baik, artinya perbedaan 1 GB tersebut tidak bisa dijadikan patokan, lebih-lebih mengingat keduanya menjalankan sistem operasi yang sama sekali berbeda.

Kesimpulan Perbandingan iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 Edge


Perbandingan Harga iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 Edge
iPhone 6s Samsung Galaxy S6 Edge
Harga iPhone 6s Harga Samsung Galaxy S6 Edge
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Apple dan Samsung masing-masing memiliki basis konsumen loyalnya sendiri, meski belakangan cukup banyak pengguna Samsung yang berpaling ke Apple demikian pula sebaliknya. Dari perbandingan iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 Edge di atas Samsung memang unggul dalam beberapa poin, namun mana yang lebih pas bagi Anda akhirnya berpulang pada preferensi masing-masing.