on

Membedah Spesifikasi Apple iPad Mini 4: Makin Matang!

Kehadiran Apple iPad Mini 4 cukup mengejutkan banyak kalangan, pasalnya jauh-jauh hari sebelum kepastian bakal munculnya generasi terbaru iPad Mini ini pihak produsen sempat memberikan isyarat takkan lagi memproduksi iPad Mini. Bukan hanya kehadiran iPad Mini 4 sendiri yang menjadi kejutan, namun penyempurnaan yang ditawarkan menunjukkan pihak Apple sudah melakukan riset mendalam sebelum memutuskan kelangsungan proyek iPad Mini itu sendiri.

iPad Mini 4 sendiri sedikit luput dari perhatian publik, sebab kala diumumkan sebagian besar media dan konsumen lebih memfokuskan pada iPhone 6s/6s Plus serta iPad Pro. Padahal beberapa penyempurnaan yang ditawarkan cukup membuatnya pantas dilirik di antara tablet-tablet lain yang mayoritas berbasis Android. Sama seperti produk terbaru Apple lainnya, iPad Mini 4 pun sudah menjalankan sistem operasi iOS 9.

Spesifikasi dan Harga iPad Mini 4


Mengenal Apple iPad Mini 4

Apple iPad Mini 4 hadir dalam dimensi yang lebih tipis dibanding pendahulunya, sama seperti iPhone 6 ia juga mengandalkan chipset A8, bedanya khusus untuk iPad seri terbaru ini kecepatannya sedikit ditingkatkan dibanding iPhone. Kapasitas RAM nya pun membengkak dibanding pendahulunya yaitu 2 GB.

Kelebihan dan Kekurangan iPad Mini 4

Semenjak generasi pertama, iPad Mini selalu mengusung kamera yang inferior jauh dari ekspektasi konsumen akan sebuah produk berlogo Apple. Kali ini produsen asal Cupertino itu terlihat memperhatikan kritikan konsumen setianya dengan memberikan modul kamera baru untuk iPad Mini 4.
Walau demikian jangan berharap berlebihan, dalam kondisi pencahayaan optimal di luar ruangan foto yang dihasilkan tampak tajam dengan reproduksi warna yang natural. Namun saat digunakan dalam kondisi mendung lebih-lebih di dalam ruangan maka gejala noisy mulai muncul.
Sementara kamera sekundernya masih tidak berubah dari generasi sebelumnya.

Layar Apple iPad Mini 4 masih tidak berubah, layar Retina 7.9 inch yang digunakan semenjak iPad Mini generasi kedua sekitar dua tahun lalu. Namun kami tak menilainya sebagai kekurangan, sebab dengan kepadatan warna mencapai 326 ppi kualitasnya masih sangat baik kala menampilkan gambar maupun huruf. Namun demikian harus diakui bahwa tingkat kontras serta kecerahan layarnya tidak istimewa, bahkan tak layak ditempatkan sebagai ukuran untuk tablet kelas high-end.

iPad Mini 4 Indonesia

Di sektor performa peningkatan kecepatan prosesor A8 menjadi 1.5 GHz cukup menjanjikan, meski tentu saja beberapa calon konsumen bakal lebih mengapresiasi andaikata Apple menggunakan prosesor A8X seperti yang digunakan oleh iPad Air 2.

Ddalam uji benchmark Apple iPad Mini 4 menunjukkan performa yang meningkat signifikan dibanding Apple iPad Mini 3 terutama dalam kemampuan olah grafisnya. Performa browser-nya juga meningkat pesat, namun untuk poin ini tampaknya iOS 9-lah yang lebih banyak berperan.


Impresi Awal Apple iPad Mini 4

Sejauh ini Apple iPad Mini 4 menunjukkan potensi yang menjanjikan, dengan ubahan pada sektor performa, sistem operasi terbaru serta kamera rasanya sudah cukup untuk mempertahankan konsumen loyal.