on

Kupas Tuntas iPad Mini 4

Meski diposisikan sebagai pengganti dari iPad Mini 3, namun iPad Mini 4 sejatinya lebih merupakan versi kompak dari iPad Air 2. Performa kecepatannya meningkat dibanding iPad Mini 3, namun pada saat yang bersamaan dimensi –nya sendiri mengalami penyusutan untuk lebih mendukung mobilitas pengguna.

Diperkenalkan pda sebuah gelaran yang sama dengan iPad Pro, iPhone 6s dan iPhone 6s memang diantara keempatnya iPad Mini 4-lah yang paling minim menyita perhatian. Namun demikian bukan berarti Tablet kompak terbaru besutan Apple ini tidak layak dilirik. Ukurannya yang kompak merupakan salah satu daya tarik utama iPad Mini terbaru ini.

Review iPad Mini 4 Indonesia


Membedah Desain dan Spesifikasi iPad Mini 4

Hardware
Processor Dual-core 1.5GHz Apple A8
RAM 2GB
Screen size 7.9in
Screen resolution 2,048x1,536 (324ppi)
Screen type IPS
Front camera 1.2 megapixels
Rear camera 8 megapixels
Flash No
GPS Yes (Wi-Fi + Cellular model only)
Compass Yes (Wi-Fi + Cellular model only)
Storage (free) 16/64/128GB
Memory card slot (supplied) None
Wi-Fi 802.11ac
Bluetooth Bluetooth 4.0 LE
NFC No
Wireless data 4G (Wi-Fi + Cellular model only)
Size 203x134x6.1mm
Weight 299g
Features
Operating system Apple iOS 9
Battery size 5,124mAh

Saat ini iPad Mini 4 sudah tersedia di berbagai outlet Apple Store dan menyingkirkan space iPad Mini 3. Namun di luar outlet resmi Apple tersebut iPad Mini 3 dan bahkan iPad Mini 2 masih relatif mudah untuk ditemukan. Pertanyaannya apakah iPad Mini 4 layak dibeli dengan banderol lebih mahal atau justru iPad Mini 2 dan iPad Mini 3 lebih layak dipertimbangkan mengingat banderol harga keduanya yang saat ini sudah lebih murah dibanding beberapa bulan lalu?

Sekalipun bobot iPad Mini 4 kini menjadi 299 gram saja yang berarti dirinya sekaligus menjadi Tablet paling ringan yang dibuat oleh Apple sampai saat ini, namun dari sisi desain maupun build quality tak ada yang berubah semenjak dua tahun lalu. Beberapa orang akan menilainya membosankan serta minim inovasi, namun kami tak bermasalah dengan fakta tersebut. Sebab dari sisi ergonomis maupun estetika desain iPad Mini masih sangat layak diapresiasi.

Kelebihan dan Kekurangan iPad Mini 4

iPad Mini 4 juga memiliki keunggulan dibanding Tablet sekelasnya yang berbasis Android dalam hal emisi panas, sebab meski digunakan menjalankan aplikasi berat dalam jangka waktu cukup lama suhu casing-nya masih tetap dalam batasan wajar. Tetap terasa hangat namun sama sekali tidak mengganggu.

Hal lain yang tidak berubah dari iPad Mini 4 dibandingkan iPad Mini 3 adalah peletakkan sensor pemindai sidik jari yang menyatu dengan tombol “Home”. Bahkan desain serta tata letak tombolnya pun masih bertahan seperti pendahulunya. Fitur ini baru mulai diperkenalkan pada generasi ketiga dan belum dimiliki oleh iPad Mini 2 dan iPad Mini generasi pertama.

Layar Retina 7.9 inch dengan kepadatan warna 326 ppi yang pertama kali dikenal pada iPad Mini 2 sekitar dua tahun silam masih tetap dipertahankan pada generasi keempat ini. Lagi-lagi kami menilainya bukan sebagai sebuah kekurangan karena pada faktanya kualitas layar ini masih sangat mumpuni hingga hari ini.

Pengalaman iPad Mini 4

Gambar yang dihasilkan sangat tajam, tingkat kecerahan warnanya pun sanggup mengkompensasi cahaya dari luar manakala menggunakannya di luar ruangan. Bahkan viewing angles-nya juga terbilang luas. Sayang sekali Apple memutuskan menyingkirkan tombol yang semula berfungsi mengunci posisi layar (screen rotation lock) agar tidak berubah-ubah antara Landscape dengan Portrait secara tidak sengaja. Pengguna masih bisa mengunci posisi lewat control centre namun tentu saja tidak terasa cukup praktis.

Kekurangan lain dari iPad Mini 4 yang meski sudah dimaklumi oleh konsumen loyal produk Apple adalah ketiadaan dukungan microSD. Apple sendiri menyediakan iPad Mini 4 dalam tiga opsi kapasitas memori internal yaitu 16 GB, 64 GB dan 128 GB. Menurut hemat kami iPad Mini 4 16 GB sama sekali tak layak dipilih kecuali budget Anda benar-benar mepet. Pasalnya dengan update iOS saja sudah bakal menyita cukup banyak ruang. Setidaknya pilihlah versi 64 GB yang selama Anda tidak menyimpan file multimedia berlebihan masih memberikan sisa ruang penyimpanan yang layak. Jika anggaran Anda memungkinkan tentu saja versi 128 GB merupakan pilihan paling ideal.

iPad Mini 4 sendiri saat ini sudah menjalankan sistem operasi iOS 9 yang salah satu keunggulannya adalah fitur split-screen multi-tasking. Namun pada sisi lain iOS 9 memiliki kelemahan berupa bug yang menyebabkan beberapa aplikasi mengalami crash. Saat tulisan ini dibuat Apple sudah memberikan update iOS 9.0.1 untuk iPad Mini 4 dan sejauh ini tampaknya masalah tersebut sudah teratasi. Setidaknya sebelum tahun ini berakhir kami optimis pabrikan berbasis di Cupertino tersebut sudah mampu menstabilkan iOS 9 sepenuhnya.

Jantung performa iPad Mini 4 masih mengandalkan chipset A8 seperti yang digunakan oleh iPhone 6/6 Plus, bukan A8X seperti yang digunakan oleh iPad Air 2 namun kecepatannya sedikit ditingkatnya. Meski cukup kecewa karena berharap iPad Mini terbaru ini sudah menggunakan chipset A9 sebagaimana digunakan oleh iPhone 6s dan iPhone 6s Plus atau setidaknya A8X seperti iPad Air 2, namun dari sisi performa tak ada kritik yang perlu ditujukan pada iPad Mini 4. Aplikasi berat serta game terbaru semua mampu dijalankan dengan lancar tanpa lag ataupun waktu loading yang lama. Setidaknya selama pengujian game GTA San Andreas serta aplikasi olah video berjalan mulus pada iPad Mini terbaru ini.

Stamina baterainya mengalami penurunan dibanding iPad Mini 3 oleh karena peningkatan kecepatan prosesor serta penambahan kapasitas RAM. Namun kala digunakan melakukan video streaming baterai iPad Mini 4 masih mampu bertahan selama 8 setengah jam atau setara dengan umumnya Tablet sekelas saat ini.

Modul kamera utama 8 MP iSight merupakan peningkatan dibanding sebelumnya, kualitas foto yang dihasilkan relatif jernih dengan warna tajam serta detil yang lumayan. Namun dibandingkan Tablet berbasis Android sekelasnya tidak pula lebih baik. Jika Anda mengharapkan kamera iPad Mini 4 setara dengan kamera iPhone 6 lebih-lebih iPhone 6s tentu ekspektasi tersebut terasa berlebihan. Tapi siapa juga yang menenteng Tablet kemana-mana untuk mengandalkannya untuk mengabadikan objek atau momen? Kamera point-and-shoot jelas lebih praktis dan reliable dibanding kamera Tablet. Mungkin itu sebabnya Apple tampak terlalu serius dengan kamera Tablet buatannya sampai saat ini.

Harga iPad Mini 4 Indonesia

Kesimpulan Kupas Tuntas iPad Mini 4

Sama sekali tak ada hal revolusioner yang ditawarkan oleh iPad Mini 4 jika membandingkan dengan generasi-generasi pendahulunya. Walau demikian iPad Mini terbaru ini tetap merupakan salah satu Tablet terbaik untuk kategori layar 10 inch atau kurang. Kombinasi antara dimensi kompak dengan performa mumpuni merupakan dua kelebihan iPad Mini 4 yang sulit disamai oleh kompetitor sekelas yang mana umumnya berbasis Android.