on

Perbandingan Samsung Galaxy S6 Edge+ vs. Huawei Nexus 6P

Huawei Nexus 6P disebut-sebut sebagai phablet Android terbaik dilihat dari sisi value for money. Meski klaim tersebut terbukti tidak berlebihan namun calon konsumen tetap saja merasa penasaran, bagaimana posisi phablet Android Marshmallow pertama di dunia itu jika dibandingkan dengan flaghip model seperti Samsung Galaxy S6 Edge+?

Baik Samsung Galaxy S6 Edge+ maupun Huawei Nexus 6P sama-sama mengusung layar super lebar yaitu 5.7 inch. Tentu saja, jika hanya ditilik dari layar saja Galaxy S6 Edge+ lebih menonjol karena desain layar mengkurva sementara Nexus 6P menggunakan layar konvensional. Selain keunikan layar, adakah keunggulan yang dimiliki Samsung Galaxy S6 Edge+ dibanding Nexus 6P?

Perbandingan Harga Samsung Galaxy S6 Edge+ vs. Huawei Nexus 6P


Head-to-head Perbandingan Samsung Galaxy S6 Edge+ vs. Huawei Nexus 6P

Kurang lebih dua bulan yang lalu pabrikan asal Korea, Samsung merilis Galaxy S6 Edge+ dan resmi menjadi salah satu phablet termahal sepanjang tahun 2015. Meski beberapa pekan kemudian sang produsen memutuskan memberi potongan harga cukup besar namun harganya tetap lebih dari Rp 1 juta lebih mahal dibanding harga resmi Huawei Nexus 6P.

Dari sisi desain serta build quality kedua phablet kelas high-end ini sama-sama menarik. Samsung menggunakan cover belakang bermotif black saphire dan gold platinum, sedangkan Google memilih aluminium, graphite dan frost.

Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy S6 Edge+ vs. Huawei Nexus 6P

Sementara dari sisi dimensi Samsung Galaxy S6 Edge+ sedikit lebih ramping dengan tebal 6.9 mm dan bobot 153 gram dimana Nexus 6P tercatat memiliki ketebalan 7.3 mm dan bobot 178 gram.

Perbandingan Kamera Samsung Galaxy S6 Edge+ vs. Huawei Nexus 6P

Selisih tebal keduanya tidak terlalu terasa signifikan, namun perbedaan bobotnya cukup terasa. Walau demikian Samsung Galaxy S6 Edge+ sendiri memiliki kelemahan, sebab cover bagian belakangnya terasa cukup licin dalam genggaman. Meski seolah sepele namun cukup vital untuk sebuah phablet yang notabene berukuran cukup besar.

Untuk perbandingan layar Samsung Galaxy S6 Edge+ vs. Huawei Nexus 6P di atas kertas Samsung tampak unggul karena mengadopsi teknologi Super AMOLED dimana Huawei sekedar menggunakan teknologi AMOLED. Kenyataannya perbedaan keunggulan Samsung sangat tipis, bahkan jika tidak secara sungguh-sungguh mencermati perbedaannya maka nyaris tidak disadari.

Pada performa multitasking pengguna Samsung Galaxy S6 Edge+ sedikit lebih dimanjakan karena sang produsen sudah memberikan LDDR4-RAM dengan kapasitas 4 GB, Huawei sendiri hanya memberikan RAM berkapasitas 3 GB.

Sementara untuk perbandingan dukungan konektivitas keduanya sama-sama menawarkan dual-band 11ac Wi-Fi, Bluetooth 4.2 dengan aptX, GPS, 4G LTE dan NFC.
Samsung Galaxy S6 Edge+ belum menyediakan USB port tipe C, namun sudah menyediakan fitur wireless charging yang tak didukung oleh Nexus 6P.

Baik Samsung Galaxy S6 Edge+ maupun Neuxs 6P juga sama-sama dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari dengan responsivitas dan kecepatan yang sama baiknya.

Perrbandingan kamera Samsung Galaxy S6 Edge+ vs. Huawei Nexus 6P tentu menjadi poin perbandingan yang menarik pula untuk disimak. Sensor 12.5 MP pada kamera utama Nexus 6P memang banyak menuai kritik karena belum didukung fitur OIS, namun pada sisi lain kamera ini memiliki sensor lebar 1.55µmp dan didukung oleh laser auto-focus serta dual-tone LED flash. Kamera utama 16 MP milik Galaxy S6 Edge+ diakui sebagai salah satu yang terbaik tahun ini. Pada satu sisi Samsung sudah memberikan fitur OIS untuk kamera phablet buatannya, namun alih-alih dual-tone flash pabrikan asal Korea itu hanya memberikan flash tunggal.

Pilih Samsung Galaxy S6 Edge+ atau Huawei Nexus 6P

Untuk kamera sekunder atau yang belakangan ini lebih populer disebut sebagai kamera selfie, Huawei Nexus 6P sedikit lebih unggul dibanding Galaxy S6 Edge+ karena sudah mengadopsi kamera 8 MP dengan 1.4 µm pixels dan f/2.4 aperture.

Opini Hasil Perbandingan Samsung Galaxy S6 Edge+ vs. Huawei Nexus 6P

Sejak awal perbandingan Samsung Galaxy S6 Edge+ vs. Huawei Nexus 6P ini tidak dimaksudkan untuk mencari tahu mana yang lebih baik dianatara keduanya. Perbandingan ini sekedar dimaksudkan membantu calon konsumen mempertimbangkan kedua pilihan tersebut. Dari sisi value for money Huawei Nexus 6P tetap tak tergoyahkan dari singgasananya, namun jika dana yang dimiliki fleksibel Galaxy S6 Edge+ tampak sebagai pilihan yang lebih stylish.