on

Impresi Awal Phablet Android Marshmallow Huawei Nexus 6P

Bersamaan dengan rilis resmi Android Marshmallow seperti biasa Google memperkenalkan pula handset terbarunya. Kali ini bukan hanya dua melainkan tiga dan diantaranya Huawei Nexus 6P tercatat sebagai phablet Android pertama yang menjalankan Android Marsmallow. Smartphone Marshmallow dengan layar lebar serta sensor pemindai sidik jari ini tampak dimaksudkan berkompetisi dengan iPhone 6s Plus, Samsung Galaxy Note 5, LG G4 dan phablet kelas high-end lainnya.

Selain layar lebar beresolusi tinggi serta sensor pemindai sidik jari masih ada pula beberapa fitur unggulan lain dari Huawei Nexus 6P termasuk modul kamera 12.3 MP. Cukupkah semua yang dimiliki oleh handphone Android Marshmallow pertama ini untuk berkompetisi di segmen tertinggi? Simak liputan awal berikut ini.

Phablet Android Marshmallow Huawei Nexus 6P


Bedah Spesifikasi dan Desain Phablet Android Marshmallow Huawei Nexus 6P

Huawei Nexus 6P sendiri diposisikan sebagai pengganti dari Nexus 6, penampilan dan fitur yang diusungnya jauh lebih premium dibanding pendahulunya itu. Untuk menegaskan hal tersebut maka Google memberikan tambahan huruf “P” yang dimaksudkan sebagai singkatan dari “Premium”.

Meski harga resmi Huawei Nexus 6P sendiri hanya dikisaran Rp 6 juta-an namun dirinya sama sekali bukan handphone kelas mid-end melainkan high-end. Bahkan penampilannya yang berbalut aluminium pun sebenarnya sudah cukup untuk menegaskan positioning-nya sebagai flagship smartphone.

Phablet Marshmallow terbaru ini hadir untuk memberikan pilihan lebih kaya bagi calon konsumen yang sebelumnya hanya dihadapkan pada LG G4, Galaxy Note 5 serta iPhone 6 Plus yang notabene dibanderol dengan harga jauh lebih mahal.

Tahun lalu meski Nexus 6 kastanya sudah naik dibanding pendahulunya namun masih dianggap belum layak untuk berkompetisi dengan LG G3, Galaxy Note 4 atau iPhone 6 Plus. Kali ini kondisinya cukup berbeda. Google tampak sukses menyeimbangkan antara harga terjangkau dengan citra premium pada Nexus 6P.

Smartphone Android Marshmallow Huawei Nexus 6P

Sekilas memang tampilan Huawei Nexus 6P tak tampak se-premium atau se-elegan Galaxy Note 5, namun jika Anda memberi kesempatan untuk mencoba keduanya selama dua atau tiga hari maka hampir pasti Anda takkan merasa ada kekurangan dari Nexus 6P dibanding sang kompetitor dari Korea itu.

Build quality-nya layak disejajarkan dengan smartphone high-end merek manapun, fakta bahwa ia diproduksi oleh Huawei sama sekali tak menjadikannya tampak inferior dihadapan kompetitor yang notabene mereknya lebih mapan. Desain yang keempat tepinya dibuat membulat menjadikannya sangat nyaman digunakan dalam waktu lama sekalipun.

Sebagai catatan bahwa layar 5.7 inch dengan resolusi Quad-HD ini menggunakan teknologi Super AMOLED seperti pada kebanyakan smartphone buatan Samsung di kelas yang sama. Bahkan ukuran serta tingkat resolusinya pun setara dengan layar Galaxy Note 5 meski dimensinya secara keseluruhan sedikit lebih besar karena Huawei menempatkan dual speaker di bagian depan.

Dibandingkan dengan pendahulunya, dimensi Huawei 6P kurang lebih sama namun dari sisi peningkatan kelas, fitur dan build quality perubahannya terasa secara signifikan. Berikut adalah spesifikasi Huawei Nexus 6P:
  • 5.7-inch 2560 x 1440 Quad-HD AMOLED Display
  • 8-core Snapdragon 810 processor with 3GB of RAM
  • 32/64/128GB storage (no micro-SD slot)
  • Android 6.0 Marshmallow
  • 12.3 Megapixel Camera, Laser auto-focus, 240 FPS Slow-motion, more
  • 8 Megapixel front
  • Rear Fingerprint Scanner
  • Dual front-facing speakers
  • 3,450 mAh battery
  • Fast Charging
  • USB Type-C port
  • Aluminum Design
Di atas kertas, layar Huawei Nexus 6P memang setara dengan layar Samsung Galaxy Note 5. Namun kala dibandingkan langsung ternyata justru layar Huawei Nexus 6P menghasilkan reproduksi warna yang lebih baik. Beberapa kekurangan layar Super AMOLED seperti warna putih yang cenderung kekuning-kuningan serta warna yang kurang imbang nyaris tidak diketemukan di sini.

Sisi negatifnya, karena Google menginginkan Huawei menempatkan dual speaker pada bagian depan maka mau tidak mau Huawei Nexus 6P harus mengadopsi ukuran bezel yang cukup tebal sehingga tampilannya tak sedinamis Galaxy Note 5.

Bicara soal desainnya sendiri tidak berlebihan menyebut Huawei Nexus 6P sebagai smartphone terbaik yang pernah dirilis oleh Google semenjak pertama kali memperkenalkan lini produk Nexus beberapa tahun silam. Jika hanya melihat fotonya saja kebanyakan orang tak menyadari betapa menariknya smartphone Android Marshmallow pertama ini, keindahan sejatinya baru benar-benar bisa diapresiasi lewat interaksi langsung.

Keunggulan Huawei Nexus 6P

Sama halnya seperti beberapa smartphone keluaran tahun ini, Google pun menempatkan USB tipe C pada Nexus terbarunya. Selain itu Huawei Nexus 6P juga tercatat sebagai seri Nexus pertama yang dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari. Dan istimewanya, meski bukan smartphone pertama di dunia yang dilengkapi fitur tersebut namun kecepatan serta tingkat akurasi sensor pemindai sidik jari Huawei Nexus 6P ternyata jauh lebih baik dibanding fitur serupa pada Samsung Galaxy.

Spesifikasi dan Harga Huawei Nexus 6P

Sampai pada poin ini kentara sekali bahwa dengan mempertimbangkan rasio antara harga dengan kualitas Huawei Nexus 6P lebih dari sanggup menyingkirkan Galaxy Note 5 maupun iPhone 6s. Namun sayang sekali sampai saat tulisan ini dibuat belum ada kesempatan untuk menguji kemampuan kamera 12.3 MP-nya untuk melihat apakah pada poin tersebut Google juga sudah menempatkan dirinya setara dengan para kompetitor.

Di atas kertas mestinya kamera dengan sensor lebar 1.55 um ini layak disejajarkan dengan kompetitor sekelas. Satu-satunya kekurangan adalah ketiadaan OIS, meski menurut beberapa orang keberadaannya di kamera smartphone tidak terlalu vital. Auto-focus-nya sendiri dipandu oleh laser sehingga lagi-lagi secara teoritis mampu mengunci objek dengan sangat cepat serta akurat.

Selain kecepatan auto-focus, kelebihan lain dari kamera Huawei Nexus 6P adalah kemampuannya mengabadikan objek di malam hari. Tampaknya kampanye tersebut bukan omong kosong, setidaknya mengacu pada contoh foto dari kamera Huawei Nexus 6P yang diambil dari sebuah situs di bawah ini:

Hasil Kamera Huawei Nexus 6P

Huawei Nexus 6P juga dilengkapi dengan kapasitas baterai 3450 mAh yang artinya lebih besar 450 mAh dibanding baterai Samsung Galaxy Note 5, dan disamping itu fitur fast charging juga melengkapi kelebihannya.

Review Huawei Nexus 6P Indonesia

Opini Awal Phablet Android Marshmallow Huawei Nexus 6P

Pada impresi awal ini tampaknya Huawei Nexus 6P memang memiliki segudang potensi untuk memberi ancaman serius pada iPhone 6s Plus, Samsung Galaxy Note 5 serta LG G4. Fitur melimpah, desain serta build quality tanpa cela serta harga yang sangat terjangkau menjadi tiga poin keunggulan Huawei Nexus 6P atas para kompetitornya.