on

Apa Beda Sony Xperia C5 Ultra dengan Sony Xperia M5?

Sony Xperia C5 Ultra dan Sony Xperia M5 merupakan dua smartphone kelas menengah terbaru buatan raksasa elektronik asal Jepang, Sony. Banderol keduanya tidak terlalu jauh berbeda atau sekitar Rp 3 juta-an. Relatif sebenarnya untuk menilai apakah selisih beberapa juta itu banyak atau sedikit.

Walau demikian, dengan asumsi Anda termasuk calon konsumen dengan cukup anggaran untuk membeli manapun dari keduanya maka akan muncul pertanyaan apakah selisih harga tersebut cukup layak untuk menjatuhkan pilihan pada Sony Xperia M5 ketimbang Sony Xperia C5 Ultra? Atau justru Xperia C5 Ultra lebih layak dipilih atas pertimbang better value for money? Untuk itu pada ulasan singkat kali ini kami mencoba menjabarkan perbedaan antara Sony Xperia C5 Ultra vs. Sony Xperia M5.



Menelusur Perbedaan Sony Xperia C5 Ultra vs. Sony Xperia M5



Sony Xperia C5 Ultra


Sony Xperia M5 Dual

6-inch FHD IPS display 5-inch IPS 1080p LCD display, 441ppi
8.2mm thickness and 187g weight 7.6 mm thickness, 142.6g weight
Scratch-resistant glass scratch-resistant glass
Mediatek 6752 octacore chip, 1.7GHz Cortex A53 CPU MediaTek MT6795 Helio X10
2GB RAM 3GB of RAM
16GB internal, microSD card up to 128GB 16GB internal storage, microSD up to 200GB
13MP camera, HDR, 1080p video, LED flash 21.2MP 5312 x 3984 pixels, phase detection autofocus
13MP selfie camera, 1080p video, LED flash 13MP, 1080p@30fps video
Dual nano SIM, 4G LTE, WiFi a, Bt 4.1, NFC, FM Radio, GPS, ANT+ 4G LTE Dual SIM, WiFi n, Bt 4.1, FM Radio, GPS, GLONASS
Android 5.0 Lollipop Android 5.0 Lollipop
3000mAh 2600mAh battery
White, Black, Mint green Black, White, Gold

Pilih Sony Xperia C5 Ultra atau Sony Xperia M5?

Dari sisi dimensi kedua handphone Android kelas menengah ini sama-sama berdimensi compact, nyaman kala digunakan bagi mereka dengan tingkat mobilitas tinggi sekalipun. Walau demikian dari sisi penampilan Xperia C5 Ultra tampak langsung memancing perhatian berkat kombinasi antara bezel super tipis dengan rasio screen-to-body yang mencapai hampir 80%.

Cover bagian belakang kedua smartphone kelas menengah ini sama-sama mengandalkan serat kaca sehingga kesan elegan serta premium keduanya bisa dikatakan imbang. Walau demikian Xperia M5 yang lebih tipis 0.6 mm serta lebih ringan sekitar 44 gram, belum lagi sudah memenuhi syarat sertifikasi IP68 bagi beberapa calon konsumen dianggap lebih layak dipilih.

Kami sendiri lebih suka memberi keduanya poin imbang dari sisi desain serta build quality.

Kondisi serupa juga terjadi kala membandingkan layar Sony Xperia C5 Ultra vs. Sony Xperia M5. Pada satu sisi layar 5 inch beresolusi FHD dengan kepadatan warna mencapai 441 ppi milik Xperia M5 menampilkan kualitas gambar yang lebih tajam dan jernih ketimbang layar 6 inch dengan resolusi FHD dan kepadatan warna 367 ppi pada Xperia C5 Ultra.

Namun pada sisi lain layar Xperia C5 Ultra memiliki level kecerahan yang lebih baik. Walau demikian layar keduanya sama-sama memiliki viewing angles luas serta terbaca jelas kala digunakan di luar ruangan.

Pada poin perbandingan kamera Sony Xperia C5 Ultra vs. Sony Xperia M5 cukup jelas bahwa kamera 21 MP milik Xperia M5 menghasilkan kualitas foto yang lebih tajam sekaligus reproduksi warna lebih akurat dibanding kamera utama 13 MP milik Xperia C5 Ultra. Walau demikian untuk ukuran smartphone kelas menengah sebenarnya kamera Xperia C5 Ultra sudah sangat memadai.

Perbandingan Harga Sony Xperia C5 Ultra vs. Sony Xperia M5

Perbandingan Kamera Sony Xperia C5 Ultra vs. Sony Xperia M5

Namun kondisi ini tidak berlaku sama untuk kamera sekunder, sebab kamera selfie 13 MP milik Xperia C5 Ultra menghasilkan ketajaman lebih baik serta reproduksi warna lebih natural dibanding Xperia M5 meski keduanya sama-sama menggunakan lensa 13 MP.

Kamera Sony Xperia M5 kembali unggul telak kala digunakan untuk merekam video sebab selain mendukung resolusi 4K juga kecepatan fokusnya jauh lebih baik dibanding Xperia C5 Ultra.

Perbedaan signifikan lain dari kedua smartphone kelas menengah ini tentu terletak pada jantung performa, Sony memercayakan MediaTek untuk bertanggung jawab atas performa kecepatan Xperia C5 Ultra dan Xperia M5. Namun sementara Xperia C5 Ultra menggunakan MT6752, Xperia M5 yang dibanderol lebih mahal sudah menggunakan Helio X10. Hal yang sama juga berlaku pada kapasitas RAM dimana Xperia M5 1 GB lebih besar dibanding Xperia C5 Ultra.

Melihat perbedaan yang signifikan tersebut maka secara teoritis mestinya Xperia M5 dengan mudah mengungguli kecepatan Xperia C5 Ultra. Namun secara mengejutkan dalam uji Benchmark justru Xperia C5 Ultra secara konsisten mencatatkan poin lebih tinggi dibanding Xperia M5. Sulit menjelaskan apa yang menjadi latar belakang dari fenomena ini, kemungkinan sistem pada Xperia C5 Ultra lebih ringan dan efisien dibanding Xperia M5.

Poin terakhir sebagai penutup perbandingan kedua smartphone kelas menengah ini sekaligus membantu Anda yang tengah mempertimbangkan antara memilih Sony Xperia C5 Ultra atau Sony Xperia M5 adalah kualitas audio. Di sini speaker Xperia M5 jauh mengungguli Xperia C5 Ultra berkat output yang lebih baik. Walau demikian sekali lagi untuk ukuran smartphone kelas menengah kualitas speaker Xperia C5 Ultra masih terbilang sangat baik.

Apa Beda Sony Xperia C5 Ultra dengan Sony Xperia M5?

Opini: Perbedaan Sony Xperia C5 Ultra dengan Sony Xperia M5

Rasanya poin-poin di atas sudah cukup jelas memberi jawab apa saja beda antara Sony Xperia C5 Ultra vs. Sony Xperia M5. Namun yang lebih penting sudah pasti adalah mana diantara kedua smartphone ini yang merupakan pilihan lebih baik? Xperia M5 meski memiliki banyak keunggulan di atas kertas namun dalam pengujian hanya menunjukkan kelebihan telak pada performa kamera utama serta casing IP68. Selebihnya kedua smartphone Sony Xperia ini justru berimbang atau dalam beberapa poin justru Cperia C5 Ultra lebih unggul.

Jelas sudah bahwa dari sisi value for money Sony Xperia C5 Ultra merupakan pilihan yang lebih baik, namun tentu saja keputusan ada di tangan Anda sebagai calon konsumen.