on

Pilih Samsung Galaxy A8 atau Sony Xperia C5 Ultra?

Meski selisih harga Samsung Galaxy A8 vs. Sony Xperia C5 Ultra cukup lumayan namun sejatinya kedua handphone Android ini bermain di segmen yang sama. Keadaan ini sebenarnya sudah bisa diduga, sebab dalam sejarahnya Samsung memang cenderung membanderol produknya lebih mahal dibanding kompetitor sekelas.

Bagi sebagian calon konsumen mungkin memilih antara Samsung Galaxy A8 atau Sony Xperia C5 Ultra bukan pilihan sulit mengingat selisih harga yang mencapai kisaran Rp 2 juta-an. Demikian pula konsumen loyal salah satu merek. Namun bagi sebagian lainnya tidak semudah itu, sebagian konsumen tidak memiliki loyalitas terhadap merek tertentu dan bagi mereka harga juga tidak selalu bisa dijadikan patokan menentukan kualitas. Untuk itu kali ini kami mencoba menyajikan perbandingan antara Samsung Galaxy A8 vs. Sony Xperia C5 Ultra.

Perbandingan Samsung Galaxy A8 vs Sony Xperia C5 Ultra


Perbandingan Desain & Spesifikasi Samsung Galaxy A8 vs. Sony Xperia C5 Ultra


Spesifikasi dan Harga

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A8


Spesifikasi dan Harga Sony Xperia C5 Ultra dual

Display 5.7-inch 1080p Super AMOLED display, 386ppi 6-inch 1080p IPS LCD display BraviaEngine 2, 367ppi
Size 5.9mm thickness, 151g weight 8.2mm thickness, 187g weight
Color Pearl white, midnight black, champagne gold Black, white, mint
Protection Cornings Gorilla Glass 4 Scratch-resistant glass
Chip Qualcomm Snapdragon 615 chipset MediaTek 6752 octacore chipset
Processor Quad-core 1.8GHz Cortex-A53 & quad-core 1.3GHz Cortex-A53 processor 8 x 1.7GHz Cortex-A53 processor
Graphics Adreno 405 GPU Mali-T760MP2
Memory 2GB of RAM, 32GB of internal storage, microSD card up to 128GB 2GB of RAM, 16GB of internal storage, microSD card up to 128GB
Main shooter 16MP rear shooter 13MP rear shooter, AF, LED flash
Multimedia 1080p@30fps video 1080p FHD video, HDR
Front facing shooter 5MP selfie shooter, 1080p 13MP selfie shooter, 1080p video, LED flash
Connectivity 4G LTE, WiFi ac, BT 4.1, GPS, GLONASS/Beidou, NFC, FM Radio with RDS recording WiFi a, BT 4.1, GPS, NFC, dual-SIM 4G LTE, FM Radio
OS Android 5.1 Lollipop Android 5.0 to be updated to Android 6.0 Marshmallow
Software feature Ok Google, Android TV Xperia UI (close to stock Android experience)
Battery Capacity 3050mAh battery 2950mAh battery
Ports and charging microUSB v2.0 microUSB v2.0, MHL
Release date August September
Where to buy? Lazada Lazada

Dari kacamata kami Xperia C5 Ultra adalah salah satu smartphone kelas menengah yang penampilannya paling menarik. oleophobic back coating pada cover bagian belakang memberikan sentuhan elegan sekaligus premium melebihi harga yang sesungguhnya. Bukan hanya itu bezel super tipis dengan screen-to-body ratio mencapai 75.9% membuat handphone Android kelas menengag buatan Sony ini demikian sedap di mata.

Desain Samsung Galaxy A8 pun tak kalah menarik, kualitasnya solid dan penampilannya pun elegan. Bezel yang sedikit lebih tebal ketimbang Xperia C5 Ultra tak membuatnya tampak ketinggalan jaman namun justru memberikan kesan maskulin. Mungkin bagi kaum Adam penampilan Galaxy A8 terasa lebih pas ketimbang Xperia C5 Ultra, namun tentu saja setiap orang memiliki penilaian berbeda ketika bicara desain.

Kala membandingkan Samsung Galaxy A8 dengan Sony Xperia C5 Ultra dari sisi desain serta build quality rasanya cukup adil memberikan poin imbang pada kedua smartphone kelas menengah ini.

Sedangkan untuk perbandingan fitur pada dasarnya imbang meski masing-masing memiliki fitur unggulannya sendiri. Xperia C5 Ultra memiliki shutter key yang tak dimiliki Galaxy A8, sebaliknya Galaxy A8 dilengkapi sensor pemindai sidik jari yang tak diketemukan keberadaannya pada Xperia C5 Ultra. Mana yang lebih penting? Silakan Anda menilainya sendiri sesuai selera dan kebutuhan.

Masuk ke perbandingan layar Samsung Galaxy A8 vs. Sony Xperia C5 Ultra sebagaimana diketahui bahwa daya tarik utama Galaxy A8 di mata mayoritas calon konsumen adalah layar Super AMOLED. Layar berukuran 5 inch ini tercatat memiliki kepadatan warna mencapai 386 ppi dengan resolusi setara FHD. Di lain pihak Sony Xperia C5 Ultra memiliki layar berukuran lebih besar yaitu 6 inch dengan kepadatan warna 367 ppi berteknologi IPS.

Pilih Samsung Galaxy A8 atau Sony Xperia C5 Ultra?

Jelas sekali reproduksi warna layar Xperia C5 Ultra cenderung washed out dibanding layar Super AMOLED Galaxy A8. Namun sebenarnya kualitas layar handphone buatan Sony ini masih terbilang outstanding untuk kelasnya.

Bagaimanapun untuk poin perbandingan layar kami memilih Samsung Galaxy A8 sebagai pemenang.

Fitur kedua yang dipersepsi penting oleh konsumen smartphone saat ini setelah layar adalah kamera. Dalam perbandingan kamera Samsung Galaxy A8 vs. Sony Xperia C5 Ultra di atas kertas Samsung unggul berkat modul 16 MP dibanding 13 MP milik Sony. Nilai MP yang lebih tinggi bukan satu-satunya tolok ukur menentukan kualitas foto yang dihasilkan oleh sebuah kamera. Namun dalam kasus ini memang terbukti kamera utama Galaxy A8 menghasilkan white balance serta akurasi reproduksi warna lebih baik. Pada sisi lain kamera Sony Xperia C5 Ultra unggul dalam hal ketajaman gambar serta kejernihan.

Perbandingan Kamera Samsung Galaxy A8 vs Sony Xperia C5 Ultra

Perbandingan Harga Samsung Galaxy A8 vs Sony Xperia C5 Ultra

Sulit menentukan mana yang lebih baik diantara keduanya, idealnya sebuah kamera memiliki keunggulan pada minimal keempat unsur tersebut. Sayangnya dalam kasus ini Anda harus membuat pilihan. Kami sendiri lebih suka menyebut keduanya imbang dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing di sektor yang berbeda.

Berbeda halnya kala harus memberikan penilaian kamera keduanya kala digunakan untuk merekam video. Kinerja auto-focus kamera Xperia C5 Ultra yang lebih cepat serta exposure yang lebih baik membuat kami dengan mudah memilihnya sebagai pemenang. Walau di sisi lain kamera Galaxy A8 merekam kualitas suara lebih baik kala merekam video.

Pada performa komputasi kedua smartphone menggunakan chipset dari pabrikan berbeda. Samsung memilih Snapdragon 615 buatan Qualcomm sebagai jantung performa Galaxy A8 sementara Sony memercayakan pada MT6752 buatan MediaTek. Kedua smartphone sama-sama mengandalkan RAM berkapasitas 2 GB. Perbedaan terletak pada kapasitas memori internal dimana Galaxy A8 menawarkan 32 GB dan Xperia C5 Ultra hanya setengahnya. Kapasitas memori eksternal yang didukung keduanya lagi-lagi berimbang yaitu 128 GB.

Berdasar hasil uji benchmark Samsung Galaxy A8 secara konsisten mencatatkan poin lebih tinggi dibanding kompetitornya. Karena itu cukup mudah memilihnya sebagai pemenang pada poin performa kecepatan.

Poin terakhir pada perbandingan Samsung Galaxy A8 vs. Sony Xperia C5 Ultra kali ini adalah kualitas audii. Lagi-lagi Galaxy A8 menunjukkan superioritasnya karena kualitas audio yang dihasilkan lebih jernih dan volumenya pun lebih tinggi dibanding Xperia C5 Ultra. Meski sekedar catatan, kualitas audio Xperia C5 Ultra pun tergolong di atas rata-rata untuk ukuran smartphone kelas menengah.

Opini: Pilih Samsung Galaxy A8 atau Sony Xperia C5 Ultra?


Samsung Galaxy A8 Sony Xperia C5 Ultra
Samsung Galaxy A8 Sony Xperia C5 Ultra
beli-sekarang beli-sekarang
Gratis ongkos kirim dan bisa dibayar ditempat atau COD

Kecuali di sektor desain serta kamera boleh dibilang bahwa Samsung Galaxy A8 mengungguli Sony Xperia C5 Ultra dengan mudah. Saat ini harga Samsung Galaxy A8 dibanderol Rp 6-6,4 juta-an dimana Sony membanderol harga Sony Xperia C5 Ultra di kisaran Rp 4,5 juta. Layakkah selisih harga sekitar Rp 2 juta-an tersebut menebus segala kelebihan yang dimiliki Galaxy A8 dibanding Xperia C5 Ultra? Seperti biasa kami mempersilakan Anda menimbangnya sendiri.