on

Perbandingan Samsung Galaxy A5 vs. Lenovo Vibe P1

Bulan Oktober 2015 lalu Lenovo merilis Vibe P1 yang di atas kertas memiliki spesifikasi setara dengan Galaxy A5 namun dibanderol lebih murah. Meski citra merek Lenovo sendiri di industri ponsel belum sebaik Samsung namun calon konsumen juga tidak begitu saja mengesampingkan terlebih menimbang harga yang lebih terjangkau.

Perbandingan Samsung Galaxy A5 vs. Lenovo Vibe P1 diangkat sebagai sorotan kali ini untuk melihat seberapa besar potensi smartphone Android buatan Lenovo tersebut mengancam Galaxy A5. Penjualan Samsung Galaxy A5 sendiri sebelum kehadiran Vibe P1 sudah tercatat jauh dari ekspektasi, mungkinkah kompetitor baru ini bakal makin membenamkan peluang handphone Android buatan Samsung itu?

Perbandingan Samsung Galaxy A5 vs. Lenovo Vibe P1


Head-to-head Samsung Galaxy A5 vs. Lenovo Vibe P1

Kala diperkenalkan, lini Galaxy seri A termasuk Samsung Galaxy A5 cukup menyita perhatian karena akhirnya pabrikan asal Korea itu rela meninggalkan casing polycarbonate dan beralih ke casing metal. Walau dari sisi desain sendiri nyaris tak ada perubahan dari Samsung Galaxy seri lain yang sudah beredar tahun-tahun sebelumnya namun penggunaan material logam memberi kesan yang cukup berbeda. Perpaduan antara material logam dengan dimensi ramping belum lagi bobot yang ringan menjadikan kesan premium begitu kental terasa pada Galaxy A5.

Oleh karena menerapkan desain unibodi maka seperti sudah bisa ditebak bahwa slot dual hybrid SIM card diletakkan pada bagian samping dan baterainya menggunakan baterai non-removable yang sampai sekarang belum diterima sepenuhnya oleh calon konsumen.

Di sisi lain meski harga Lenovo Vibe P1 dibanderol lebih murah bukan berarti kualitas produk buatan produsen asal Cina ini di bawah kompetitornya yang berasal dari Korea. Lenovo dengan berani menggunakan material logam untuk casing smartphone terbarunya ini. Dimensi serta bobotnya memang lebih dibanding Galaxy A5, namun pada saat yang bersamaan Vibe P1 juga menawarkan ukuran layar yang lebih lebar (5.5 inch).

Estetika dan build quality Lenovo Vibe P1 cukup menggoda, sekilas mengingatkan pada smartphone seri One buatan HTC.
Jika menilai dari sisi estetika Lenovo Vibe P1 jelas lebih atraktif, namun oleh karena dimensi yang lebih tipis serta bobot lebih ringan maka Galaxy A5 unggul dari sisi kenyamanan.

Di sektor layar Lenovo Vibe P1 mengusung layar 5.5 inch dengan resolusl maksimal 1080 x 1920 pixels yang menghasilkan kerapatan warna 403 ppi. Sang produsen juga sudah melengkapi layar ini dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3.
Di atas kertas layar Samsung Galaxy A5 tampak inferior, selain karena ukuran lebih kecil juga resolusi serta tingat kerapatan warnanya di bawah layar Vibe P1. Bagaimanapun Galaxy A5 diuntungkan oleh teknologi Super AMOLED sehingga reproduksi warna yang dihasilkan tampak lebih akurat dibanding layar milik Lenovo.

Keunggulan utama Lenovo Vibe P1 dibanding Samsung Galaxy A5 yang paling mencolok ada pada sektor performa kecepatan sebab ia sudah mengadopsi chipset kelas menengah terbaru yaitu Snapdragon 615 dengan didampingi RAM sebesar 2 GB. Sedangkan Galaxy A5 masih menggunakan chipset lawas Snapdragon 410 berikut RAM 2 GB.

Kapasitas penyimpanan Vibe P1 pun lebih lega berkat memori internal 32 GB dan dukungan memori eksternal hingga 128 GB, sedangkan Galaxy A5 memiliki paduan memori internal 16 GB serta dukungan memori eksternal hingga 64 GB.

Kondisi yang sama juga kembali terjadi pada perbandingan baterai. Meski kedua smartphone kelas menengah ini sama-sama menggunakan baterai non-removable namun kapasitas baterai Lenovo Vibe P1 yang mencapai 5.000 mAh jelas melampaui Galaxy A5 dengan kapasitas baterai 2.300 mAh saja.

Perbandingan kamera Samsung Galaxy A5 vs. Lenovo Vibe P1 tentu merupakan poin yang tak kalah menarik, bahkan mungkin paling dinanti. Sayang sekali untuk saat ini kami belum berkesempatan mengusi kamera Vibe P1 sehingga belum bisa menyebut mana yang lebih baik. Pastinya, sama seperti Samsung Galaxy A5, Lenovo Vibe P1 pun dilengkapi kamera primer 13 MP dan kamera sekunder 5 MP.

Opini Hasil Perbandingan Samsung Galaxy A5 vs. Lenovo Vibe P1

Dibanderol dengan harga lebih murah bukan berarti Lenovo Vibe P1 pantas dinomorduakan, selain fakta bahwa citra merek Lenovo di industri telepon selular belum sekuat Samsung sebenarnya hampir tak ada poin dimana handphone Lenovo Vibe P1 inferior atas Samsung Galaxy A5.