on

Perbandingan Handphone Kelas Menengah: Motorola Moto X Play vs. LG Nexus 5X vs. OnePlus X

Bicara soal handphone Android kelas menengah (mid-mid) setidaknya saat ini ada tiga nama yang sering dianggap sebagai pilihan ideal yaitu Moto X Play, Nexus 5X dan X dari OnePlus. Ketiganya dengan mudah menyingkirkan nama-nama lain, namun ketiga harus memilih satu diantara ketiganya tentu proses pembuatan keputusan beli tidak terasa sederhana.

Ketiga handphone Android kelas menengah disebut di atas sama-sama menawarkan desain serta build quality realtif baik, performa mumpuni serta kamera outstanding di kelasnya. Tak pelak bahwa persaingan antara Motorola Moto X Play vs. LG Nexus 5X vs. OnePlus X bakal menjadi kompetisi tersengit di segmen tersebut sepanjang tahun ini. Untuk membantu memilih mana diantara ketiganya yang lebih cocok dengan kebutuhan Anda berikut kami sajikan perbandingan ketiga jagoan kelas menengah tersebut:

Perbandingan Handphone Kelas Menengah: Motorola Moto X Play vs. LG Nexus 5X vs. OnePlus X


Mengupas Perbandingan Handphone Kelas Menengah: Motorola Moto X Play vs. LG Nexus 5X vs. OnePlus X


Phone OnePlus X LG Nexus 5X Motorola Moto X Play
Weight 138g 136g 169g
Screen size 5-inches 5.2-inches 5.5-inches
Screen resolution 1080x1920 1080x1920 1080x1920
OS Android 5.1 Android 6.0 Android 5.1
Processor Snapdragon 801 Snapdragon 808 Snapdragon 615
RAM 3GB 2GB 2GB
Storage 16GB, microSD 16/32GB 16/32GB, microSD
Fingerprint sensor? No Yes No
Cameras 13MP, 8MP 12.3MP, 5MP 21MP, 5MP

Dari sisi desain meski masing-masing menawarkan keunikan namun OnePlus X dengan dimensi paling kompak tampaknya bakal lebih disukai oleh pemuja kepraktisan yang utamanya adalah konsumen pria. Memang versi ceramic rasanya bakal sulit diperoleh mengingat produksinya yang terbatas, namun dari sisi estetika versi onyx pun sebenarnya tak kalah menarik. Casing yang mudah kusam oleh jari serta tangan serta material yang mudah tergores mungkin merupakan kelemahan OnePlus X onyx dari sisi build quality.

Jika memang terasa kurang sreg pada kekurangan desain OnePlus X onyx namun tetap menghendaki dimensi kompak maka pilihan berikutnya adalah LG Nexus 5X. Layar berukuran 5.2 inch jelas lebih besar dibanding OnePlus X, namun dalam pengujian awal terbukti bahwa dimensi handphone Android pertama yang menjalankan Android Marshmallow ini cukup nyaman dioperasikan dengan satu tangan. Casing dengan permukan matte juga membuatnya lebih jarang terkesan kusam akibat penggunaan ketimbang casing OnePlus X onyx.

Bagaimanapun jika Anda bukan termasuk yang berkeberatan mengoperasikan dengan dua tangan maka Motorola Moto X Play menawarkan desain paling menarik diantara ketiganya. Pilihan warna yang ceria membuatnya makin pas terutama bagi segmen konsumen usia muda.

Meski ukuran layar ketiga smartphone Android kelas menengah yang menjadi kontestan dalam perbandingan ini berbeda-beda namun ketiganya sama-sama menampilkan resolusi FHD yang untuk ukuran saat ini terbilang ideal digunakan memutar film maupun memainkan game. Bahkan tingkat kecerahan ketiganya pun sama-sama memenuhi syarat untuk tetap jelas terbaca kala digunakan di luar ruangan.

Walau demikian teknologi yang digunakan tidaklah sama. OnePlus X yang menggunakan layar AMOLED menampilkan tingkat saturasi mendekati ideal bagi kebanyakan orang, sementara layar Moto X Play adalah yang paling agresif menampilkan warna dan layar LG Nexus 5X terbukti paling presisi diantara ketiganya. Kami tidak menyebut mana yang lebih baik sebab faktanya setiap orang memiliki selera yang berbeda sehingga penilaian baik atau kurang menjadi relatif.

Untuk sementara ini LG Nexus 5X adalah satu-satunya yang sudah menjalankan sistem operasi Android Marshmallow. Beberapa keunggulan versi terbaru Android ini adalah penggunaan baterai yang lebih efisien serta beberapa penyempurnaan lain yang pernah dibahas pada artikel mengenai keunggulan Android Marshmallow beberapa waktu lalu. Perlu dicatat bahwa selama Anda bisa bersabar maka pada awal tahun depan OnePlus X dan Moto X Play pun juga sudah dijadwal mendapatkan update Android Marshmallow.

Justru fitur penting yang menjadikan LG Nexus 5X unggul dibanding kedua kompetitornya adalah keberadaan sensor pemindai sidik jari, fitur ini meski sudah lumrah untuk smartphone kelas mid-end dan high-end namun masih sangat langka untuk kelas di bawahnya, karena itu Nexus 5X layak diapresiasi dari sisi ini.

Pada perbandingan performa komputasi atau kecepatan antara Moto X Play vs. Nexus 5X vs. OnePlus X meski masing-masing mengusung chipset berbeda namun ketiganya sama-sama meng-handle aplikasi harian maupun kompleks dengan relatif baik. Tentu saja LG Nexus 5X adalah yang paling mumpuni selain karena menggunakan chipset terkini juga tampilan antar mukanya sederhana.

Perbandingan Kamera Handphone Kelas Menengah Motorola Moto X Play vs. LG Nexus 5X vs. OnePlus X

Membandingkan kamera Motorola Moto X Play vs. LG Nexus 5X vs. OnePlus X di atas kertas kentara sekali bahwa sensor kamera utama 21 MP milik Moto X Play unggul dibanding dua kompetitornya. Namun kenyataanya tidaklah demikian. Hasil foto dari kamera OnePlus X justru secara subjektif tampak paling ideal, kamera Nexus 5X paling handal kala digunakan dalam ruangan atau malam hari, sementara justru kamera Moto X Play yang paling inferior dalam low light performance. Bagaimanapun untuk ukuran smartphone kelas ini ketiganya terbilang di atas rata-rata.

Pada mode rekam video sejauh ini hanya kamera LG Nexus 5X yang mendukung resolusi 4K. Sedangkan untuk kamera sekunder meski dari sisi kualitas ketiganya berimbang namun kamera selifie OnePlus X lebih menguntungkan karena lensanya paling lebar.