on

Benarkah iPad Pro Mampu Menggantikan Laptop & PC

Medio September 2015 lalu Apple memperkenalkan beberapa produk terbaru, satu diantaranya adalah iPad Pro. Dalam kesempatan tersebut dan beberapa kesempatan lain sesudahnya Tim Cook (CEO Apple) menyebut bahwa kehadiran iPad Pro membuat orang tak lagi punya alasan membeli laptop maupun desktop PC. Secara tersirat muncul kesimpulan bahwa iPad Pro memiliki segala yang diperlukan untuk menggantikan fungsi sebuah laptop atau PC.

Ukuran iPad Pro tidaklah lumrah untuk ukuran sebuah Tablet, namun jika peruntukkannya memang untuk menggantikan laptop/PC tentu saja pertimbangan terkait dimensi ini menjadi berbeda. Sebesar apapun iPad Pro sebagai tablet tetap terbilang ringan serta kompak dibanding laptop lebih-lebih PC. Namun benarkah Tablet terbaru keluaran Apple itu memiliki kriteria yang diperlukan?

Spesifikasi iPad Pro Pengganti Laptop


Membedah Potensi iPad Pro Menggantikan Laptop & PC

Seoptimis apapun pihak Apple kala mengumumkan iPad Pro, reaksi publik terhadap keluarga baru lini iPad tersebut cenderung skeptis. Calon konsumen merasa aneh dengan dimensi iPad Pro yang dinilai berlebihan karena persepsi mereka terhadap lini iPad sudah terbentuk dari iPad, iPad Air maupun iPad Mini yang selama ini sudah akrab dikenal.

Jika dibandingkan dengan iPad Air 2 yang diperkenalkan tahun lalu, seri Pro memiliki keunggulan berupa layar lebih lebar (12.9 inch) serta chipset lebih kencang yaitu A9X. Namun sebenarnya bukan dimensi besar yang membuat calon konsumen bersikap pesimis, melainkan keputusan Apple untuk menggunakan sistem operasi iOS bukannya OSX. Padahal jika positioning-nya adalah sebagai pengganti laptop/PC tentu sistem operasi OSX bakal lebih mudah diterima.

Tablet Pengganti Laptop

Terlepas daripada itu iPad Pro sendiri merupakan produk yang lebih dari pantas untuk diapresiasi, selama tidak membandingkannya dengan laptop/PC maupun Microsoft Surface Pro. Keluarga baru dalam lini produk iPad ini memilki semua keunggulan yang dimiliki oleh iPad lainnya malah dengan beberapa kelebihan ekstra.

Sebagai contoh, selama ini iPad dikenal sebagai satu dari sedikit Tablet yang cukup mumpuni melakukan olah video, dan iPad Pro bahkan sanggup melakukan olah video beresolusi 4K berkat chipset yang lebih powerful. Layar yang lebih lebar juga berarti kala melakukan editing gambar, pengguna bisa menampilkan dalam ukuran setara A4.

Selama ini kelemahan iPad jika dibanding laptop/PC adalah kemampuannya yang hanya terfokus menampilkan satu layar sehingga melakukan dua tugas sekaligus tidak cukup praktis. Kali ini kondisi tersebut tidak terjadi dengan iPad Pro. Sebab Apple membekalinya kemampuan untuk melakukan tampilan multi-screen. Mode split-screen ini mampu menampilkan dua aplikasi bersamaan dimana masing-masing dalam ukuran penuh.

Kelebihan iPad Pro

Bagi Anda yang gemar membaca e-book, berlangganan e-magazine atau e-paper iPad Pro sudah pasti memberikan pengalaman membaca lebih optimal dibanding Tablet lain. Layar 12. 9 inch yang setara dengan ukuran layar laptop tentu merupakan alasannya.
Penggemar film maupun audio juga bisa memetik manfaat dari perpaduan layar lebar dengan empat buah speaker. Sistem stereo-nya bahkan secara otomatis mampu melakukan rekonfigurasi manakala posisi Tablet nya dirotasi. Sampai saat ini iPad Pro adalah Tablet dengan kualitas audio terbaik.

Kelebihan dan Kekurangan iPad Pro

iPad Pro memang tidak dilengkapi keyboard sebagaimana Microsoft Surface, namun bukan berarti kemampuannya menjalankan olah kata serta aplikasi lain yang memerlukan keyboard menjadi terbatas. Sebab layar berukuran lebar juga berarti ukuran virtual keyboard-nya cukup nyaman digunakan mengetik. Selain ukuran yang lebar, tata letak serta tingkat responsivitas yang baik turut mendukung kenyamanan. Tidak senyaman physical keyboard tentu saja, namun untuk sebuah Tablet sudah nyaris sempurna.

Sedikit kritik untuk iPad Pro terkait estetika adalah tampilan Home screen iOS yang belum disesuaikan untuk layar lebar. Icon dalam tata letak 5x4 terkesan sepi dan banyak ruang disia-siakan kala tampil di layar 12.9 inch.

iPad Pro Menggantikan Laptop

Jadi, Mampukah iPad Pro Mengganti Laptop/PC?

Memosisikan iPad Pro sebagai pengganti laptop/PC rasanya merupakan blunder yang muncul dari kata-kata sang CEO sendiri. iPad Pro jelas tak sanggup menggantikan laptop/PC, namun sebagai Super Tablet ia bisa dibilang nyaris sempurna.