on

Lenovo Miix 3: Sepadankah dengan Harganya?

Produsen asal Cina: Lenovo kembali menghadirkan salah satu convertible tablet terbarunya dengan basis sistem operasi Windows yang diberi nama Lenovo Miix 3. Banderol harga Tablet bersistem operasi Windows buatan Lenovo tersebut terbilang murah, namun cukup layakkah untuk dipertimbangkan?

Sebelumnya perusahaan yang sama sudah memantapkan posisinya di kategori Tablet Windows lewat seri Yoga, sementara seri Miix sendiri awalnya hanya di pasarkan di pasar dalam negeri (Cina). Baru di penghujung 2014 lalu Lenovo memperkenalkan Lenovo Miix di pasar global termasuk Indonesia. Sementara Lenovo Yoga diposisikan bermain di segmen pasar yang lebih tinggi, Lenovo Miix sendiri berusaha mengakomodir kelas di bawahnya. Simak ulasan singkat Lenovo Miix 3 berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Miix 3


Mengenal Desain & Spesifikasi Lenovo Miix 3

Lenovo Lenovo Miix 3 sendiri dirilis dalam dua versi masing-masing mengusung layar 8 inch dan 10 inch, khusus untuk ulasan kali ini difokuskan pada tipe 10 inch meski pada dasarnya kedua Tablet tersebut cukup identik satu sama lain.

Tablet berbasis sistem operasi Windows 8.1 ini memiliki bobot 582 gram dan tebal 9.3 mm dengan material plastik di sekujur casing. Suara berisik beberapa kali muncul kala menutup atau mengubah mode Tablet tersebut, namun secara keseluruhan build quality-nya masih terbilang handal untuk keperluan sehari-hari.

Satu hal yang menjadi kekurangan Lenovo Miix 3 dari sisi desain adalah tidak diberikannya akses kepada pemilik untuk melakukan perawatan sendiri seperti membersihkan bagian dalam komponen karena akses untuk itu ditutup. Namun hal yang sama pun terjadi pada mayoritas convertible tablet dan bahkan netbook dewasa ini.

Oleh karena dimensi yang terbatas maka bisa ditebak interface yang disediakan oleh Lenovo Miix 3 juga tidak istimewa. Setidaknya beberapa port yang umum digunakan sehari-hari seperti port micro USB 2.0, audio 3.5 mm, slot micro SD serta micro HDMI bisa diketemukan pada convertible tablet dengan harga terjangkau ini.

Pada bagian depan sang produsen juga menempatkan kamera 2 MP yang cukup layak untuk digunakan video chat.
Sementara itu untuk dukungan konektivitas nirkabel Miix 3 menyediakan modul WiFi Realtek RTL8723BS yang mendukung IEEE 802.11 b/g/n serta Bluetooth 4.0. Koneksi melalui modul tersebut terbukti cukup stabil selama pengujian.

Spesifikasi dan Harga Lenovo Miix 3

Masuk ke pembahasan input devices yang terdiri atas keyboard, touch screen dan touchpad, papan kunci milik Lenovo Miix 3 tampak cukup kecil. Walau demikian kala digunakan ternyata bisa cukup nyaman bahkan bagi pengguna yang ukuran jari-jarinya terbilang besar sekalipun. Feedback serta pressure point-nya sangat ideal, jauh dari apa yang diharapkan dari sebuah Tablet Konvertibel kelas low-end seperti ini.

Sebaliknya touchpad atau clikpad berukuran 90 mm x 54 mm yang tersedia relatif berfungsi dengan baik meski beberapa kali tidak terasa cukup responsif dan akurat.

Sementara untuk touchscreen pada dasarnya bekerja cukup sempurna dan responsif, hanya saja karena ukuran layar yang kecil maka beberapa icon cukup susah diklik dengan jari. Ada baiknya Anda membeli Stylus Pen juga bersamaan dengan Lenovo Miix 3 ini.

Review Lenovo Miix 3

Di atas kertas, layar berteknologi IPS dengan tingkat resolusi maksimal 1920 x 200 ppi mestinya cukup baik untuk convertible tablet sekelas ini, namun dengan tingkat kecerahan yang hanya mencapai 231 cd/m² kala digunakan di luar ruangan keterbatasannya menjadi sangat kentara. Idealnya layar sebuah tablet memiliki tingkat kecerahan setidaknya 297 cd/m² agar bisa leluasa digunakan dalam berbagai kondisi. Menggunakan Lenovo Miix 3 di luar ruangan masih memungkinkan, hanya saja kala sinar matahari cukup terik tingkat kenyamanan sedikit terkorbankan.

Untuk sektor performa, mengandalkan prosesor Intel Atom Z3735F yang berarsitektur Silvermont dalam pengujian Lenovo Miix 3 menunjukan performa yang terbilang rendah dibanding kebanyakan Tablet bersistem operasi Windows 8.1 yang ada di pasaran saat ini. Namun perlu dicatat bahwa banderol harganya pun berselisih lumayan. Untuk menjalankan aplikasi seperti browser serta office ia masih cukup handal, namun kala menjalankan aplikasi lebih berat seperti Photoshop maka performanya langsung terasa menurun. Sedangkan game Android 3D terbaru sama sekali tidak mampu dijalankan olehnya selama pengujian.

Pengalaman Menggunakan Lenovo Miix 3

Stamina baterai tercatat bertahan selama 375 menit selama pengujian yang menempatkannya setara dengan kebanyakan Tablet sekelas, namun jika Anda mencari convertible tablet dengan stamina baterai di atas rata-rata maka sampai saat ini hanya Asus Transformer Book T100 yang terbukti mampu bertahan selama 647 menit pada pengujian yang sama.

Jadi, Layak Dibelikah Lenovo Miix 3?

Harga Lenovo Lenovo Miix 3
Hitam
Harga Lenovo Miix 3
Jual Lenovo Miix 3

Dengan mempertimbangkan harga Lenovo Miix 3 yang tak sampai Rp 5 juta maka ia termasuk salah satu convertible tablet yang layak dipertimbangkan. Tingkat kecerahan layarnya sangat minim, namun Miix 3 mengkompensasi dengan rasio kontras tinggi sehingga secara umum masih bisa digunakan di luar ruangan. Sedangkan di sektor performa meski ia tidak luar biasa namun sanggup memenuhi kebutuhan sesuai peruntukannya.