on

Komparasi Smartphone Selfie: Asus Zenfone Selfie vs. Sony Xperia C5 Ultra

Tahun lalu kala memperkenalkan smartphone selfie pertama mereka, Sony Xperia C3 berhadapan dengan Samsung Galaxy Prime dan Lumia 730. Kali ini kondisi hampir serupa kembali dialami oleh produsen asal Jepang itu, bedanya kompetitor yang menjadi penantang utama berasal dari Taiwan yang pada saat hampir bersamaan memperkenalkan smartphone selfie-nya Asus Zenfone Selfie.

Seperti tahun sebelumnya pula Sony lebih percaya diri dalam mematok harga Sony Xperia C5 Ultra, sementara Asus Zenfone Selfie berusaha merangkul pangsa pasar lebih besar dengan melabel harga lebih terjangkau. Sepadankah selisih harga yang cukup lumayan antara Asus Zenfone Selfie vs. Sony Xperia C5 Ultra tersebut?

Perbandingan Asus Zenfone Selfie vs. Sony Xperia C5 Ultra


Memperbandingkan Desain & Spesifikasi Asus Zenfone Selfie vs. Sony Xperia C5 Ultra

Dari sisi desain hal paling mencolok yang membuat Sony Xperia C5 Ultra begitu menarik perhatian adalah desain bezel yang sedemikian tipis. Lewat bezel tipis tersebut screen-to-body ratio smartphone selfie buatan Sony ini mencapai 75.9%. Kondisi ini cukup kontras jika dibandingkan dengan screen-to-body ratio pada Zenfone Selfie yang hanya mencapai 68.3%.
Bagaimanapun pada poin ini Asus memiliki keunggulannya sendiri sebab sementara Xperia C5 Ultra absen perlindungan Zenfone Selfie sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 4.

Keunggulan Sony Xperia C5 Ultra dibanding Asus Zenfone Selfie berlanjut di sisi estetika, desain serta permukaan cover belakang smartphone terbaru Sony ini tampak demikian elegan. Di pihak lain tampilan Asus Zenfone Selfie menjadi terkesan biasa saja ketika didekatkan dengan kompetitornya itu. Pendekatan desain yang berbeda menghasilkan keunggulan dan kelemahan yang berbeda pula. Memang dari sisi estetika Xperia C5 Ultra jelas pilihan lebih baik namun untuk mencapai kondisi tersebut Sony terpaksa menerapkan desain unibody, sebaliknya Asus memberikan keleluasaan lebih besar bagi pengguna untuk mengakses baterai.

Pada perbandingan Asus Zenfone Selfie vs. Sony Xperia C5 Ultra di sektor layar selama ini smartphone keluaran Sony terkenal memiliki keunggulan dalam dua hal yaitu layar dan kamera. Karenanya meski sama-sama menawarkan layar berteknologi IPS dengan resolusi FHD cukup kentara bagaimana tingkat kecerahan layar Xperia C5 Ultra lebih baik dibanding kompetitornya. Bukan hanya tingkat kecerahan yang membedakan namun viewing angles layar Xperia C5 Ultra juga lebih luas demikian pula tingkat akurasi warna yang lebih baik.

Poin perbandingan yang paling dinanti tentu adalah perbandingan kamera Asus Zenfone Selfie vs. Sony Xperia C5 Ultra mengingat bahwa keduanya secara khusus memosisikan diri sebagai smartphone swafoto. Kala membandingkan performa serta hasil foto dari kamera utama keduanya tampak cukup berimbang dalam hal tingkat detil serta ketajaman. Perbedaan baru muncul kala membandingkan reproduksi warna masing-masing dimana Xperia C5 Ultra cenderung overexposure. Sedangkan untuk low-light performance pilihannya menjadi trade-off karena pada satu sisi kamera Zenfone Selfie mampu menangkap detil serta menghasilkan ketajaman lebih baik namun di sisi lain LED flash Xperia C5 Ultra lebih mumpuni.

Hasil Foto Asus Zenfone Selfie vs. Sony Xperia C5 Ultra

Pilih Asus Zenfone Selfie atau. Sony Xperia C5 Ultra?

Rasanya cukup adil untuk menyebut bahwa keduanya berimbang pada perbandingan kamera utama.

Posisi trade-off lagi-lagi terjadi kala membandingkan kamera selfie keduanya. Sama-sama mengandalkan sensor 13 MP, kamera sekunder Asus Zenfone Selfie memiliki lensa yang lebih luas namun ketajaman serta detilnya masih di bawah kamera sekunder Xperia C5 Ultra.

Keunggulan kamera Asus Zenfone Selfie dibanding Sony Xperia C5 Ultra baru kentara pada mode perekaman video. Pada mode ini ketajaman serta dynamic range yang ditawarkan kamera Zenfone Selfie cukup superior dibanding Xperia C5 Ultra.

Di sektor performa, sama-sama menjalankan sistem operasi Android 5.0 Lollipop, Sony kali ini mempercayakan chipset MediaTek MT6752 dengan prosesor Octa-core sebagai jantung performa Xperia C5 Ultra. Sementara Asus memilih Snapdragon 615. Pada beberapa pengujian benchmark Xperia C5 Ultra mencatat skor sedikit lebih baik dibanding Zenfone Selfie. Karenanya untuk poin ini Sony kembali tampil sebagai pemenang.

Sementara itu Zenfone Selfie kembali mengungguli Xperia C5 Ultra kala memperbandingkan kualitas speaker keduanya. Speaker Asus Zenfone Selfie terbukti menghasilkan volume lebih kuat sekaligus jernih dibanding speaker C5 Ultra.

Opini Terhadap Hasil Perbandingan Asus Zenfone Selfie vs. Sony Xperia C5 Ultra

Berdasar beberapa poin yang digunakan sebagai acuan dalam memperbandingkan Asus Zenfone Selfie vs. Sony Xperia C5 Ultra di atas cukup terlihat bahwa masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan yang cukup berbeda.

Cek Harga Asus Zenfone Selfie vs. Sony Xperia C5 Ultra
Sony Xperia C5 Ultra Asus Zenfone Selfie
Harga Sony Xperia C5 Ultra Harga Asus Zenfone Selfie
Samsung Galaxy S4 beli sekarang


Oleh karena keduanya diposisikan sebagai smartphone selfie maka kualitas serta performa kamera menjadi tolok ukur utamanya, dan untuk poin ini kedua smartphone pada posisi berimbang. Mana yang menjadi pilihan Anda?