on

Membandingkan Asus Zenfone Zoom vs. LG G3

Zenfone Zoom yang belum lama ini diperkenalkan oleh Asus hadir dengan positioning sebagai smartphone fotografi. Sementara itu meski tidak secara spesifik diposisikan demikian namun LG G3 dilengkapi dengan modul kamera istimewa bahkan untuk ukuran saat ini. Memang posisinya telah digantikan oleh LG G4 namun mengingat banderol harga G3 setara dengan Zenfone Zoom maka kami mencoba membandingkan Asus Zenfone Zoom vs. LG G3 sebagai topik kali ini.

LG G3 dua tahun lalu merupakan flagship model andalan pabrikan asal Korea tersebut, sedangkan Asus Zenfone Zoom meski tidak secara resmi disebut sebagai flagship model oleh sang produsen dalam beberapa hal ia tergolong premium dibanding seri Zenfone lainnya. Mana diantara kedua smartphone Android ini yang lebih sesuai dengan preferensi Anda?

Perbandingan Asus Zenfone Zoom vs. LG G3


Membandingkan Desain & Spesifikasi Asus Zenfone Zoom vs. LG G3

Tampilan Asus Zenfone Zoom terutama pada cover bagian belakang tampak mencolok, sekilas ia mengingatkan pada Lumia 1020 yang masih dianggap sebagai salah satu smartphone fotografi terbaik hingga hari ini. Bagian belakang tersebut juga dibuat mengkurva dengan leather finish yang menjadikannya terasa nyaman dan tidak licin dalam genggaman. Seperti sudah diulas pada preview Asus Zenfone Zoom sebelumnya bahwa meski dimensi serta bobotnya terbilang ekstra namun kala digenggam ia tak terasa berbeda dengan smartphone lain.

Asus Zenfone Zoom vs. LG G3

Sedangkan sebagai flagship smartphone LG G3 hadir dengan perpaduan antara polycarbonate dan bingkai aluminium yang terasa lebih kokoh dibanding Zenfone Zoom. Kedua smartphone sama-sama menerapkan cover belakang tipe removable. Bedanya LG G3 masih menggunakan baterai removable yang bagi kebanyaan konsumen dianggap sebagai sebuah keunggulan karena membuat mereka tidak terlalu bergantung pada Service Center.

Pilih Asus Zenfone Zoom atau LG G3?

Untuk poin desain, LG G3 unggul dalam hal build quality yang lebih solid sedangkan Asus Zenfone Zoom unggul dari sisi penampilam uang lebih atraktif.

Pada perbandingan layar, LG G3 menjadi smartphone pertama yang layarnya mampu menampilkan resolusi setara QHD. Namun layar IPS berukuran 5.5 inch tersebut kala itu banyak mendapat kritik karena reproduksi warna yang dianggap kurang akurat. LG selanjutnya menyempurnakan layar tersebut yang mulai ditetapkan pada LG G4 kemudian berlanjut pada LG V10. Meski memiliki kekurangan, pada dasarnya layar LG G3 masih termasuk outstanding lebih-lebih jika dibandingkan layar FHD miliki Zenfone Zoom. Karenanya poin ini menempatkan LG G3 sebagai pilihan yang lebih baik.

Baik LG maupun Asus sama-sama sudah memberikan proteksi layar yang bertujuan meminimalisir goresan. Pada LG G3 adalah Corning Gorilla Glass 3 sementara pada Zenfone Zoom Gorilla Glass 4.

Meski beberapa pada beberapa produk terbarunya Asus sudah mulai menggunakan chipset besutan Qualcomm namun kerjasama mereka pada Intel tampaknya masih terjalin manis, maka tak terlalu mengherankan jika Zenfone Zoom kembali menggunakan chipset Z3580 buatan Intel dengan prosesor Quad-core 2.3 GHz dan RAM pendukung sebesar 4 GB. Untuk media penyimpanan selain memori internal 64 GB didukung pula memori eksternal hingga kapasitas maksimal 128 GB.

LG G3 sendiri menggunakan chipset yang lebih lawas yaitu Snapdragon 801 buatan Qualcomm dengan prosesor Quad-core 2.5 GHz didampingi RAM sebesar 3 GB. Kapasitas memori internalnya hanya 32 GB, namun sama halnya dengan Zenfone Zoom ia mendukung memori eksternal hingga 128 GB.

Kedua kontestan dalam perbandingan ini sama-sama menjalankan sistem operasi Android Lollipop dengan tampilan antar muka masing-masing. Bedanya saat ini LG sudah memastikan bahwa LG G3 akan mendapatkan update Android Marshmallow sementara belum ada pernyataan serupa dari pihak Asus untuk Zenfone Zoom hingga artikel ini diterbitkan.

Kapasitas baterai LG G3 dan Asus Zenfone Zoom setara (3.000 mAh), namun sementara stamina baterai LG G3 sudah teruji sanggup bertahan selama sehari untuk pemakaian normal hingga kini belum ada pengujian langsung maupun klaim dari pihak pabrikan untuk baterai Asus Zenfone Zoom.

Perbandingan kamera Asus Zenfone Zoom vs. LG G3 sudah pasti menjadi poin paling dinanti mengingat keduanya dianggap sebagai smartphone fotografi terbaik di kelasnya. LG melengkapi LG G3 dengan sensor kamera utama 13 MP didukung oleh dual LED flash, OIS, laser auto focus dan kemampuan merekam video 4K.

Dalam berbagai pengujian meski hasil fotonya tak sebaik LG G4 namun kualitas foto yang didapat dari kamera LG G3 tergolong outstanding dalam berbagai kondisi. Bahkan kala menggunakan fitur full zoom sekalipun noise yang muncul terbilang minim untuk ukuran kamera handphone.

Sedanglan kamera Asus Zenfone Zoom banyak diperbincangkan karena ia menjadi satu dari sedikit kamera smartphone yang mendukung 3x optical zoom. Lensa kamera 13 MP ini juga didukung OIS, laser auto-focus, dual LED flash dan masih banyak lagi. Sayangnya sampai saat ini belum ada pengujian terhadap kamera tersebut. Karenanya untuk menilai kamera smartphone mana yang lebih baik Anda masih harus bersabar untuk sementara waktu.

Pada sektor dukungan jaringan dan konektivitas Asus Zenfone Zoom menawarkan dukungan berupa dual SIM card, koneksi 4G, WiFi, Bluetooth 4.0, A-GPS dan GLONASS.
Sedangkan pada LG G3 mencakup 4G, NFC, Bluetooth 4.0 LE dengan A2DP, Infrared Port, WiFi (a/b/g/n/ac), WiFi Direct, WiFi hotspot, dan DLNA. Bedanya ia hanya menyediakan slot SIM card tunggal.

Opini Terhadap Hasil Perbandingan Asus Zenfone Zoom vs. LG G3

Dari sisi tahun produksi memang LG G3 boleh dibilang sudah berumur, sementara Asus Zenfone Zoom jauh lebih muda. Walau demikian hal tersebut tidak bisa dijadikan patokan dalam menentuka kualitas dan performa sebuah smartphone. Lebih-lebih setelah LG memastikan LG G3 bakal mendapat update Android Marshmallow jelas ia masih worth to buy atau worth to keep dalam kasus sudah Anda miliki saat ini.

Asus Zenfone Zoom di lain pihak memiliki segudang potensi di atas kertas, namun masih butuh waktu beberapa lama lagi untuk melihat bagaimana implementasinya di lapangan.