on

Perbandingan Xiaomi Mi4i vs. Lenovo K4 Note

Xiaomi Mi4i banyak mendapat apresiasi ketika beberapa waktu lalu diperkenalkan oleh produsennya. Hanya berselang beberapa bulan kemudian produsen handphone asal Cina lainnya yaitu Lenovo merilis pula phablet Android terbaru mereka Lenovo K4 Note yang menyasar segmen pasar sama seperti Xiaomi Mi4i.

Kompetisi antara Xiaomi Mi4i vs. Lenovo K4 Note pun tercipta secara alamiah. Baik Xiaomi maupun Lenovo sama-sama mencoba menarik hati calon konsumen dengan menawarkan handheld berspesifikasi tinggi namun banderol harganya relatif terjangkau. Mana yang berpeluang tampil sebagai pemenang antara kedua phablet Android tersebut?

Perbandingan Xiaomi Mi4i vs. Lenovo K4 Note


Membandingkan Desain & Spesifikasi Xiaomi Mi4i vs. Lenovo K4 Note

Pendekatan desain yang diambil oleh kedua produsen tampak bertolak belakang, maka penampilan Mi4i dan K4 Note pun juga jelas sekali berbeda satu dengan yang lain. Lenovo K4 Note tampil dengan desain yang lebih sederhana namun berkesan kokoh, pada sisi lain Xiaomi Mi4i hadir dengan warna-warni ceria dalam rangka memikat segmen konsumen yang lebih belia.

Lenovo K4 Note sebagaimana sudah dibahas pada preview singkat Lenovo K4 Note belum lama ini sudah dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari. Cover bagian belakangnya juga mengadopsi tipe removable meski baterainya sendiri tidak bisa diganti secara mandiri oleh pengguna. Ketebalannya mencapai 9.1 mm sedangkan bobot K4 Note tercatat 158 gram.

Sementara itu Xiaomi Mi4i memiliki ketebalan hanya 7.8 mm dan bobot yang juga lebih ringan yaitu 130 gram. Dari sisi tersebut rasa-rasanya Mi4i lebih praktis mendukung mobilitas dibanding K4 Note. Oleh karena mengadopsi desain unibodi maka slot SIM card diletakkan pada tray di bagian samping.

Pilih Xiaomi Mi4i atau. Lenovo K4 Note?

Pada poin desain masing-masing memiliki kelebihan sendiri, namun dalam persepsi kami build quality Lenovo K4 Note lebih kokoh dibanding kompetitor senegaranya itu.

Untuk perbandingan layar Xiaomi Mi4i vs. Lenovo K4 Note keduanya sama-sama menampilkan resolusi 1080 x 1920 pixels serta teknologi IPS. Perbedaan di atas kertas antara keduanya terletak pada ukuran layar dimana K4 Note sedikit lebih besar dibanding Mi4i, alhasil tingkat kepadatan warnanya pun tidak sepekat Mi4i meski pada kenyataan di lapangan tak terlalu terasa berbeda. Baik Xiaomi maupun Lenovo keduanya juga sama-sama sudah memberikan perlindungan Corning Gorilla Glass.

Di samping perbedaan ukuran, akurasi warna keduanya juga tampak tidak sama. Silakan Anda membandingkan langsung keduanya untuk menentukan mana yang lebih sesuai dengan selera masing-masing.

Pada jantung performa Lenovo K4 Note mengandalkan chipset besutan MediaTek yaitu MT6753 dengan prosesor octa-core 1.3 GHz terintegrasi berikut RAM sebesar 3 GB untuk menangani multitasking. Kapasitas media penyimpanan yang tersedia adalah 16 GB dengan opsi memori eksternal berkapasitas maksimal 128 GB.

Di lain pihak Xiaomi memercayakan chipset Snapdragon 615 dengan prosesor octa-core 1.7 GHz terintegrasi hasil besutan Qualcomm. Kapasitas RAM yang disediakan defisit 1 GB dibanding K4 Note, demikian pula meski sama-sama menyediakan kapasitas memori internal yang sama namun Mi4i tidak menyediakan dukungan memori eksternal.

Dengan chipset lebih baru, RAM lebih besar serta dukungan memori eksternal sudah cukup jelas bahwa Lenovo K4 Note memiliki cukup keunggulan atas Xiaomi Mi4i pada poin performa.

Untuk perangkat lunaknya sendiri meski sama-sama menjalankan sistem operasi Android Lollipop namun keduanya menggunakan tampilan antar muka yang berbeda. Kembali lagi pada poin ini preferensi masing-masing calon konsumen akan menentukan mana yang lebih sesuai seleranya.

Masuk ke perbandingan kamera Lenovo K4 Note vs. Xiaomi Mi4i meski sama-sama mengandalkan sensor 13 MP namun perangkat keras keduanya tidak persis sama. Pada K4 Note digunakan lensa lima elemen dengan f/2.0 didukung oleh two tone flash light, real time HDR serta mode manual.
Sedangkan Mi4i lensa f/2.2-nya didukung oleh phase detection autofocus, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama dan dual-LED flash.

Sulit menentukan mana yang lebih baik diantara keduanya mengingat belum cukup pengujian terhadap kamera Lenovo K4 Note sendiri.

Opini Hasil Perbandingan Xiaomi Mi4i vs. Lenovo K4 Note

Lenovo K4 Note yang dilengkapi dengan chipset lebih modern, kapasitas RAM lebih besar serta dukungan memori eksternal secara keseluhan tampak merupakan pilihan lebih baik dibanding Xiaomi Mi4i. Keunggulannya sendiri tidak terlalu telak, hanya saja ketiadaan dukungan memori eksternal pada Mi4i menjadikan K4 Note sebagai pilihan yang lebih masuk akal mengingat harga keduanya tidak jauh berbeda.