on

Impresi Awal Lenovo Vibe K4 Note

Terlepas dari pro dan kontra seputar kualitas smartphone buatan Lenovo harus diakui bahwa tahun lalu mereka cukup mendapat respon positif kala merilis phablet Android Lenovo K3 Note. Tahun ini perusahaan yang sama merilis penerus dari K3 Note yang kini diintegrasikan dalam lini “Vibe” sehingga namanya resmi menjadi Lenovo Vibe K4 Note.

Masuknya Lenovo K4 Note dalam portofolio seri Vibe sekaligus menjawab rumor yang menyebutkan bahwa produsen asal Cina tersebut akan mematikan liini Lenovo Vibe untuk memberi jalan bagi Motorola. Lenovo K3 Note sendiri mencatat sukses luar biasa di emerging markets tahun lalu, tak heran jika Lenovo memutuskan melanjutkan proyek tersebut di tahun 2016 ini.

Spesifikasi dan Harga Lenovo Vibe K4 Note


Sekilas Desain dan Spesifikasi Lenovo Vibe K4 Note

Menariknya meski mengusung nama K4 Note namun pihak produsen sendiri secara tegas menyebut bahwa Lenovo Vibe K4 Note bukan merupakan penyempurnaan dari K3 Note. Cukup masuk akal sebenarnya, sebab jika membandingkan Lenovo K3 Note dengan Lenovo Vibe K4 Note maka kentara sekali gap diantara keduanya dimana K4 Note tampak dibekali dengan fitur yang jauh lebih baik dibanding saudaranya itu.

Selain dual front speaker dengan dukungan Dolby Atmos, Lenovo Vibe K4 Note dilengkapi pula dengan pemindai sidik jari serta teknologi TheaterMax VR. Walau demikian dijelaskan pada peluncuran handphone tersebut bahwa nantinya perangkat Ant VR bakal dijual terpisah sebagai aksesoris opsional.

Pada event peluncuran itu pula Lenovo memberi kesempatan kepada pengunjung untuk menjajal langsung Ant VR yang menjadi aksesoris resmi Lenovo Vibe K4 Note. Meski tergolong headset VR yang harganya murah namun kualitasnya jauh lebih baik jika dibanding Google Cardboard. Lewat headset VR dengan banderol relatif murah ini tampaknya sang produsen ingin merangkul lebih banyak konsumen.

Fitur TheaterMax VR-nya sendiri dicancang untuk bekerja kala memutar film, memainkan game serta beberapa kontent lain. Secara sederhana terknologi ini menerjemahkan konten multimedia dengan sudut pandang 100 Derajat.

Bukan hanya dari sisi spesifikasi saja Lenovo Vibe K4 Note tampak berbeda dari K3 Note, desainnya pun juga tidak tampak memiliki kemiripan karena memang Lenovo membuat rancangannya dari nol.

Meski dimensinya terbilang lebar karena mengusung layar 5.5 inch namun Lenovo K4 Note terasa cukup mudah sekaligus nyaman digenggam karena bagian belakang dengan permukaan soft touch.

Dalam sebuah pengujian singkat pada hari peluncuran pula performa Lenovo Vibe K4 Note tampak relatif menjanjikan dengan ketiadaan lag kala melakukan multitasking. Kamera utama 13 MP-nya cukup mumpuni, bahkan hasil foto di dalam ruangan terbilang baik dibanding ponsel sekelas buatan kompetitor. Sementara kualitas kamera selfie 5 MP tergolong rata-rata.

Kamera Lenovo Vibe K4 Note

Opini Awal Terhadap Lenovo Vibe K4 Note

Di atas kertas Lenovo Vibe K4 Note tampak memiliki segudang potensi yang bisa membuatnya meraih hati calon konsumen di emerging markets, fitur TheaterMax VR tampaknya bakal menjadi daya tarik utama dari phablet Android terbaru keluaran Lenovo tersebut.