on

Tablet Game Harga Terjangkau: Acer Predator 8 (GT810)

Tablet Game atau gaming tablet ternyata tidak selalu identik dengan mahal. Perusahaan asal Taiwan Acer yang tahun ini tampak serius menggarap segmen gamers dengan merilis laptop Acer Predator turut pula menghadirkan gaming tablet lewat produk Tablet Android terbarunya yang berjuluk Acer Predator 8.

Well, harga tablet game terbaru yang dibanderol di angka Rp 4 juta-an ini mungkin memang tidak terjangkau oleh setiap orang. Namun harga tersebut sangat wajar untuk sebuah Tablet kelas high-end terlebih yang berani memosisikan dirinya sebagai gaming tablet. Sejauh ini baru Nvidia Shield-lah yang pernah terang-terangkan menempatkan produknya pada segmen tersebut.

Acer Predator 8 Indonesia


Mengenal Desain & Spesifikasi Tablet Game Acer Predator 8

Seperti bisa dilihat pada gambar di atas bahwa penampilan Acer Predator 8 relatif tidak umum untuk sebuah Tablet. Bagian tepi yang dibuat tajam benar-benar mengingatkan pada desain laptop gaming ternama seperti Alienware, Asus RoG atau laptop seri Predator buatan Acer sendiri. Meski berkesan kokoh dan agresif namun pabrikan asal Taiwan ini masih menggunakan material plastik untuk casing tersebut dikombinasikan dengan soft touch di beberapa bagian.

Dukungan interface yang disediakan sendiri terbilang standar meliputi microUSB dan audio 3.5 mm. Port HDMI sendiri masih belum diketemukan sebagai bagian darinya.

Layar berteknologi TFT berukuran 8 inch dengan tingkat resolusi maksimal 1920 x 1200 pixels cukup memuaskan ekspektasi para penggemar game Android maupun penikmat film. Ketajaman serta tingkat detil gambarnya pun terbilang sangat baik untuk ukuran sebuah Tablet Android. Beberapa orang mungkin akan pesimis dengan teknologi TFT alih-alih IPS seperti pada Nvidia Shield, namun layar TFT pada Tablet Acer ini pada kenyataannya mampu menampilkan kualitas yang nyaris setara dengan layar berteknologi IPS.

Tablet Game Murah Acer Predator 8

Permukaan layarnya sendiri memang cenderung reflektif, namun oleh karena tingkat kecerahan yang tinggi ia masih bisa terbaca dengan baik kala digunakan di luar ruangan. Empat speaker yang mendampinginya terbilang jernih dan kuat untuk ukuran speaker Tablet namun tentu Anda tak bisa berharap secara berlebihan.

Terlepas dari beberapa hal yang sudah dibahas di atas tentu faktor performa menjadi pertimbangan serius bagi sebuah gaming tablet. Dengan mengandalkan prosesor Intel Atom 2.4 GHz berikut RAM sebesar 2 GB terbukti Android Lollipop mampu berjalan lancar bersama Acer Predator 8. Kala dicoba menjalankan game ‘Asphalt 8’ waktu loading-nya tidak secepat kilat namun tidak pula tergolong lambat. Game berjalan cukup lancar meski sempat mengalami frame drop. Tampaknya update firmware akan mampu mengatasi kelemahan Acer Predator 8 nantinya.

Kelemahan utama Acer Predator 8 justru terletak pada stamina baterai yang hanya bertahan selama 2.5 jam kala melakukan video streaming, padahal pada kondisi yang sama Nvidia Shield sanggup bertahan selama 4 jam.

Spesifikasi dan Harga Gaming Tablet Acer Predator 8

Opini Terhadap Tablet Game Acer Predator 8

Layar tajam beserta kualitas audio yang jernih menjadi dua kelebihan utama tablet game Acer Predator 8. Stamina baterainya memang tak sebaik Nvidia Shield namun masih dalam kategori baik, mungkin faktor yang bakal membuat konsumen mempertimbangkan membeli tablet Nvidia Shield ketimbang Acer Predator 8 adalah selisih banderol harga yang cukup lumayan.