on

Perbandingan Samsung Galaxy A3 2016 vs. OnePlus X

Update yang dilakukan Samsung untuk Galaxy A3 2016 meski dari sisi spesifikasi tak terlalu istimewa namun cukup mampu menebar ancaman bagi beberapa kompetitor di segmen yang sama. Salah satu kompetitor yang paling berpotensi terancam adalah OnePlus X yang menjadi andalan OnePlus di segmen menengah. Perbandingan Samsung Galaxy A3 2016 vs. OnePlus X diangkat kali ini untuk melihat kedua smartphone tersebut.

OnePlus X adalah smartphone kedua yang dirilis sang produsen asal Cina pada tahun yang sama, sebelumnya mereka hanya merilis satu produk dalam satu tahun. Sementara itu pabrikan asal Korea Samsung berusaha memperbaiki jebloknya penjualan tahun lalu dengan melakukan penyempurnaan beberapa smartphone kelas menengahnya, satu diantaranya adalah Galaxy A3 yang sekaligus merupakan pengganti dari Samsung Galaxy seri Mini.

Perbandingan Samsung Galaxy A3 2016 vs. OnePlus X


Membandingkan Desain & Spesifikasi Samsung Galaxy A3 2016 vs. OnePlus X

Hadir dengan dimensi 140x69x6.9 mm dan bobot 138 gram OnePlus X mengandalkan casing berbahan keramik sebagai daya pikat kepada calon konsumen. Pilihan warna yang disediakan pun jauh dari monoton yaitu Onyx black serta Champange.
Sementara itu Samsung Galaxy A3 versi 2016 yang memiliki dimensi 134.5×65.2×7.3mm serta berat 132 gram mengadopsi penampilan Samsung Galaxy S6 dengan sedikit modifikasi minor. Dari sisi penampilan baik OnePlus X maupun Galaxy A3 terbaru boleh dikatakan merupakan dua yang terbaik di kelas menengah.

Samsung juga sudah memperbaiki salah satu kekurangan yang banyak dijadikan bahan kritik tahun lalu dimana banyak produk mereka di segmen menengah yang layarnya belum dilapis dengan Corning Gorilla dan sejenisnya. Kali ini layar Super AMOLED berukuran 4.7 inch dengan tingkat resolusi 1920 x 1080 pixels pada Galaxy A3 terbaru sudah dilindungi oleh Gorilla Glass 4.
Sedangkan layar 5 inch milik OnePlus X yang menampilkan resolusi maksimal 1280 x 720 pixels juga sudah mendapat perlindung sejenis, bedanya OnePlus masih mengandalkan Gorilla Glass versi 3.

Di jantung performa kedua pabrikan sama-sama memercayakan pada chipsert buatan Qualcomm. Secara teoritis OnePlus X tampak lebih menjanjikan dengan perpaduan Snapdragon 801, Adreno 330 dan RAM 3 GB. Sebab Galaxy A3 terbaru sendiri masih menggunakan kombinasi chipset Snapdragon 410, Adreno 306 serta RAM sebesar 1.5 GB.

Kedua kontestan sama-sama dilengkapi memori internal berkapasitas 16 GB dengan opsi penambahan memori eksternal hingga kapasitas 128 GB.

Kala membandingkan fitur kamera utama antara Samsung Galaxy A3 vs. OnePlus X di atas kertas keduanya tampak berimbang. OnePlus X mengandalkan kamera 13 MP dengan fitur pendukung berupa LED flash, autofocus, touch focus, face detection, panorama, HDR serta geo-tagging.
Galaxy A3 sendiri juga menggunakan kamera utama 13 MP yang dilengkapi LED flash, autofocus, geo-tagging, touch focus, face detections dan panorama.

Perbedaan baru kentara pada kamera sekunder dimana OnePlus X sudah menggunakan modul 8 MP sedangkan Samsung masih bertahan dengan 5 MP.

Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy A3 2016 vs. OnePlus X

Mana yang lebih baik antara kamera Samsung Galaxy A3 vs. OnePlus X masih perlu diuji dalam berbagai situasi secara langsung. Sebab membandingkan spesifikasi semata tidak mencerminkan hasil yang sesungguhnya.

Untuk perbandingan baterai memang OnePlus X dilengkapi dengan baterai yang memiliki daya lebih besar yaitu 2525 mAh sedangkan galaxy A3 terbaru hanya menggunakan baterai 2300 mAh, namun perlu diingat bahwa selain spesifikasi OnePlus X lebih tinggi juga ukuran layar yang lebih besar bakal mengkonsumsi daya baterai lebih besar pula. Kenyataannya justru Samsung Galaxy A3 terbaru diakui sebagai salah satu smartphone kelas menengah dengan stamina baterai terbaik saat ini.

Opini Terhadap Hasil Perbandingan Samsung Galaxy A3 2016 vs. OnePlus X

Bermain di segmen yang sama dengan kisaran harga yang tak jauh berbeda satu sama lain memang menjadikan keduanya tampak menarik dipertimbangkan. OnePlus X menawarkan spesifikasi yang nyaris setara dengan ponsel kelas high-end dua tahun lalu sedangkan di sisi lain meski dengan spesifikasi yang biasa saja serta kamera yang banyak mendapat kritik namun Galaxy A3 2016 nama reputasi Samsung yang selama ini terbukti handal dalam layanan purna jual.