on

Perbandingan Hasil Kamera LG G2 vs. Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One

LG G2 vs. Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One memang sebenarnya tidak bermain di segmen yang sama. Sebab LG G2 pada tahun 2013 silam merupakan top-end smartphone sementara OnePlus One dan Asus Zenfone 2 memosisikan diri di kelas antara mid-end dan high-end. Namun kisaran harga ketiganya saat ini yang lebih kurang sama menjadikan konsumen cenderung memperbandingkan satu sama lain.

Diantara ketiganya LG G2 adalah yang paling berumur, diikuti oleh OnePlus One dan terakhir Asus Zenfone 2 tercatat sebagai yang paling muda diantara ketiga kontestan. Ketiga smartphone sering dipilih konsumen lantaran performa kamera yang konon paling mumpuni di rentang harga Rp 3 juta-an. Namun mana diantaranya yang benar-benar memiliki kamera terbaik?


Perbandingan Mendalam Hasil Kamera LG G2 vs. Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One

Pada perbanding hasil kamera LG G2 vs. Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One kali in difokuskan pada kemampuan di situasi minim cahaya (low-light performance). Pasalnya untuk kondisi pencahayaan ideal umumnya kamera smartphone sama-sama mengandalkan kemampuan olah gambar lewat perangkat lunak ketimbang perangkat keras. Alhasil perbedaannya tidak terlalu kentara alias tipis. Umumnya dalam kondisi (ideal) tersebut perbedaan sekedar tampak pada tingkat exposure serta sedikit pada detil.

Baik LG G2, Asus Zenfone 2 maupun OnePlus One sama-sama mengandalkan kamera utama 13 MP, sedikit flash back saja kala pertama kali diperkenalkan tahun 2013 lalu LG G2 merupakan smartphone kedua yang kameranya sudah memiliki fitur OIS disamping Nokia Lumia 1020. Saat itu LG G2 juga sempat mencatatkan diri sebagai smartphone termahal yang ada di pasaran.

Namun itu sudah bertahun-tahun terlewat, saat ini hampir semua kamera smartphone sudah dilengkapi dengan OIS. Walau demikian bukan berarti semua mampu menghasilkan kualitas foto yang sama pada situasi low-light.

Untuk membuktikannya di bawah ini secara berurutan merupakan foto hasil kamera LG G2, OnePlus One dan Asus Zenfone 2 secara berurutan masing-masing diposisikan pada mode auto tanpa menggunakan flash:

Perbandingan Hasil Kamera LG G2 vs. Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One

Perbandingan Hasil Kamera LG G2 vs. Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One

Perbandingan Hasil Kamera LG G2 vs. Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One

Dari ketiga foto di atas bisa dilihat bahwa hasil kamera LG G2 masih yang terbaik dibandingkan hasil kamera Zenfone 2 maupun OnePlus One. Foto yang didapat dari LG G2 memiliki detil lebih baik berikut tingkat noise paling rendah.
Sementara kamera Asus Zenfone 2 berada pada posisi kedua dengan hasil foto yang tampak lebih terang dibanding hasil kamera OnePlus One untuk kondisi yang sama.
Kamera OnePlus One harus puas menduduki posisi ketiga karena selain paling gelap juga tampak kabur. OnePlus One memang belum dilengkapi OIS namun demikian pula halnya dengan kamera Asus Zenfone 2.

Pengujian kedua dilakukan pada kondisi dan mode yang sama, namun kali ini lampu flash diaktifkan untuk membantu pencahayaan. Hasilnya sebagai berikut:

Perbandingan Hasil Kamera LG G2 vs. Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One

Perbandingan Hasil Kamera LG G2 vs. Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One

Perbandingan Hasil Kamera LG G2 vs. Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One


Lagi-lagi hasil kamera LG G2 mempecundangi kedua kontestan lain, akurasi warna yang lebih baik membuat LG G2 tampak demikian superior. Sementara itu OnePlus One naik satu peringkat berkat tingkat kecerahan yang lebih baik, bahkan tingkat kecerahannya lebih baik ketimbang LG G2. Hanya saja jika diperhatikan sungguh-sungguh gejala blurry memaksa kamera OnePlus One mengakui keunggulan LG G2.
Kamera Zenfone 2 merosot ke peringkat paling bontot, meski menggunakan dual tone flash namun foto yang dihasilkan sangat kabur, demikian pula tingkat detil serta akurasi warna jauh di bawah dua kontestan lain.

LG G2 Asus Zenfone 2 OnePlus One
Komparasi LG: LG G2 vs. LG G3 vs. LG G4 Komparasi LG: LG G2 vs. LG G3 vs. LG G4 Komparasi LG G2 vs. LG G3 vs. LG G4
beli sekarang beli sekarang beli sekarang

Kesimpuan Perbandingan Hasil Kamera LG G2 vs. Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One

LG G2 meski paling uzur diantara ketiga kontestan membuktikan diri masih sebagai pilihan terbaik bagi konsumen yang menilai kamera sebagai fitur penting. Kamera OnePlus One sebenarnya juga tidak buruk, hanya saja dalam banyak kasus menghasilkan foto yang blurry mungkin ketiadaan OIS merupakan biang persoalan.
Sedangkan kamera Asus Zenfone 2 meski dikampanyekan dengan teknologi PixelMaster dan dual tone flash yang lumayan sukses membentuk persepsi konsumen nyatanya justru tercatat sebagai yang paling inferior dan belum pantas masuk ke liga top-end smartphones. Bahkan menghadapi LG G2 yang sudah uzur atau OnePlus One yang pengalamannya masih minim pun tak sanggup bersaing.