on

Perbandingan Kamera Asus Zenfone Zoom vs. Lumia 1020

Asus Zenfone Zoom menjadi smartphone pertama buatan Asus yang dilengkapi optical zoom. Dengan nada sinis beberapa pengamat menyebutnya sebagai “Lumia 1020 wannabe”. Ya, memang beberapa tahun silam Nokia mencatatkan diri sebagai pabrikan pertama yang sukses membuat kamera smartphone berfitur extra zoom tersebut. Perbandingan kamera Asus Zenfone Zoom vs. Lumia 1020 tampaknya akan menegaskan benar tidaknya pernyataan sinis tersebut.

Dari sisi usia Asus Zenfone Zoom memang lebih baru dibanding Lumia 1020, namun meski selalu menonjolkan teknologi ‘Zenmaster’ pada setiap smartphone buatannya sampai saat ini tak satupun kamera smartphone Asus Zenfone yang bisa disebut layak. Sebaliknya kamera Lumia 1020 sampai hari ini masih diakui sebagai yang terbaik. Bagaimana posisi keduanya kala diperhadapkan langsung?

Perbandingan Kamera Asus Zenfone Zoom vs. Lumia 1020


Membandingkan Spesifikasi dan Hasil Kamera Asus Zenfone Zoom vs. Lumia 1020

Asus mempersenjatai Zenfone Zoom dengan kamera utama 13 MP yang didukung oleh fitur laser autofocus dan tentu saja optical zoom. Sementara itu kamera 41 MP PureView dengan lensa f/2.2 dari Carl Zeiss yang melengkapi Lumia 1020 bisa disebut sebagai legenda kamera smartphone. Meski dari sisi penampilan tampak ada persamaan desain di bagian kamera namun cara kerja keduanya tidak sama. Nokia Lumia 1020 masih menggunakan digital zoom, sementara Asus Zenfone Zoom sudah mengadopsi optical zoom. Simak perbandingan spesifikasi kedua kamera tersebut pada tabel di bawah ini:

Spesifikasi

Nokia Lumia 1020


Asus Zenfone Zoom

Sensor 41 MP PureView, 1/1.5″ size, 1.12um pixel size 13 MP, laser autofocus, 3x optical zoom
Lens f/2.2 Carl Zeiss, 26mm f/2.7-4.8, 28-84mm
Raw DNG Yes Yes
Video recorder 1080p at 30fps 1080p at 30fps
OIS Yes Yes
Front camera 1.2MP, 720p video 5 MP, f/2.0 aperture
Flash Xenon + LED dual-LED (dual tone) flash
Microphones Dual / stereo Mono

Data-data di atas kertas tersebut tentu tidak banyak berarti tanpa menguji hasil keduanya secara langsung dalam berbagai situasi yang paling kerap dihadapi oleh masing-masing kamera.

Hasil Kamera Asus Zenfone Zoom vs. Lumia 1020

Foto di atas diambil tanpa menggunakan mode zoom, untuk Asus Zenfone Zoom mode HDR diaktifkan sementara Lumia 1020 tidak karena memang belum mendukung mode tersebut. Bisa dilihat bahwa tanpa dukungan mode HDR pun kamera Lumia 1020 mampu menangkap cahaya serta detil yang lebih baik ketimbang foto hasil Asus Zenfone Zoom.

Sedangkan foto di bawah ini diambil dengan mode 3x optical zoom pada Zenfone Zoom dan 3x digital zoom untuk Lumia 1020:

Bagus mana Kamera Asus Zenfone Zoom atau Lumia 1020?

Pada mode tersebut Asus Zenfone Zoom memang menghasilkan foto yang lebih tajam, namun pada saat yang bersamaan gejala ghosting juga sangat kuat sehingga detil tidak bisa terlihat sebagaimana pada foto dari kamera Lumia 1020.

Tantangan sesungguhnya dari sebuah kamera terletak pada night shooting/low light shooting dan hasilnya bisa dilihat di bawah ini:

Perbandingan Kamera Asus Zenfone Zoom vs. Lumia 1020

Perbandingan Kamera Asus Zenfone Zoom vs. Lumia 1020

Baik kamera Lumia 1020 maupun Asus Zenfone Zoom sama-sama optimal meminimalisir gejala noise. Bagaimanapun teknologi PureView masih menunjukkan keunggulannya lewat low-light capability yang lebih baik serta kemampuan mereproduksi warna lebih natural.

Opini Untuk Perbandingan Kamera Asus Zenfone Zoom vs. Lumia 1020

Tua tak berarti usang, Lumia 1020 sekali lagi membuktikan pernyataan tersebut. Meski harus berhadapan dengan kamera Asus Zenfone Zoom yang usianya lebih belia ternyata kamera Lumia 1020 masih mampu mengasapi dengan mudah.

Ada dua hal dimana Asus Zenfone Zoom unggul atas Lumia 1020 yaitu kamera sekunder yang mampu menangkap detil lebih baik. Wajar karena Lumia 1020 hanya dilengkapi kamera sekunder 1.2 MP sedangkan Asus Zenfone Zoom memiliki kamera sekunder 5 MP.
Hal kedua adalah kecepatan fokus, memang kamera Lumia 1020 menghasilkan kualitas foto jauh lebih baik namun kecepatan fokusnya terbilang lambat untuk ukuran masa kini.