on

iPad 2017 Dirancang Untuk Pemula

Harga iPad 2017 tebilang murah jika dibandingkan rata-rata harga tablet buatan Apple selama ini. Rupa-rupanya perusahaan berbasis di Cupertino itu kembali mencoba menerapkan resep kala merilis iPhone SE, dengan kata lain mengemas ulang produk lama dalam wujud produk baru.

Kalau iPhone SE merupakan versi kemas ulang dari iPhone 5s maka untuk iPad 2017 ini tampaknya spesifikasi iPad Air 2 –lah yang coba ‘dihidupkan kembali’. Jika Anda membandingkan spesifikasi kedua tablet Apple tersebut maka langsung kentara banyak kemiripannya.

Alasan apa dibalik langkah Apple mendaur ulang produk lawasnya? Apakah mereka sudah kehabisan ide? Atau merek sendiri pesimis dengan masa depan kategori tablet?

Harga iPad 2017 dan Spesifikasi


iPad 2017: iPad Lawas dengan Nama Baru

Menilik dari penampilannya semata memang iPad 2017 tampak tidak berbeda dari versi sebelumnya. Dimensinya nyaris sama seperti iPad Air 2 hanya saja bobotnya kini meningkat menjadi 469 gram. Sayangnya Gizmo Je-Jo tidak memiliki kesempatan untuk memastikan apakah cover/casing iPad Air 2 bisa diaplikasikan pada iPad 2017.

Jika sebelumnya Anda memiliki iPad versi yang lebih lawas maka ada perbedaan fisik yang bisa diamati yaitu menghilangnya tombol mute, fungsi mute kini bisa diaktifkan dengan cara menekan tombol pengatur volume ke atas dan bawah secara bersamaan atau lewat Action Center.

Sementara itu jika dibandingkan dengan iPad Air 2 maka downgrade yang cukup terasa adalah ketiadaan laminasi anti refleksi pada layar. Sebenarnya penurunan tersebut tidak bakal terlalu disadari bagi mereka yang hanya memiliki pengalaman dengan iPad generasi lampau tapi untuk mereka yang cukup terbiasa dengan seri iPad lebih baru maka kala menyentuh layar sensasinya terasa berbeda disamping pula suara ketukan jari lebih terdengar.

Untuk mengkompensasi ketiadaan lapisan anti refleksi tersebut maka Apple meningkatkan kecerahan layar pada iPad terbaru ini menjadi 500 nit lebih terang dibanding versi sebelumnya. Gejala refleksi kala digunakan di luar ruangan masih terasa, namun setidaknya layarnya sendiri masih terbaca dengan baik.

Tentu tidak semua mengenai iPad versi terbaru adalah sekedar daur ulang atau penurunan dari iPad Air 2. Setidaknya kapasitas baterai kini meningkat, Apple sendiri mengklaim stamina baterai ini sanggup bertahan selama 10 jam untuk menjalankan video.

Tablet terbaru Apple dengan harga terjangkau ini mengandalkan chip A9X yang dalam uji benchmark mencatatkan 210 poin untuk single core dan 4094 untuk multicore.
Dalam aplikasinya pada kondisi sehari-hari ada situasi tertentu dimana iPad 2017 menunjukkan performa lebih baik dibanding iPad Air 2 tapi ada pula situasi lain yang menunjukkan performa iPad Air 2 lebih baik.

Berapa Harga iPad 2017?

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa harga iPad 2017 terbilang murah dibanding umumnya tablet Apple. Saat ini banderolnya dikisaran Rp 4,4 Juta-an, bandingkan saja dengan iPad Air 2 kala pertama kali dirilis sudah menyentuh harga lebih dari Rp 5 Juta.

Namun dalam rangka menekan harga jual memang ada beberapa fitur yang ada pada seri iPad lain dihilangkan pada iPad 2017 salah satunya adalah ‘Smart Connecter”. Akibatnya jika Anda ingin menambahkan keyboard maka koneksi hanya bisa dilakukan lewat Bluetooth atau konektor Lightning.