on

Blackberry Q5 Spesifikasi dan Harga Terbaru

Blackberry Q5 merupakan jawaban Blackberry terhadap kritikan yang kala itu ditujukan pada BB Z10 karena harga yang dianggap terlalu tinggi. Selain itu lewat Q10 dan Q5 seolah perusahaan asal Kanada itu ingin menjembatani pelanggan setia mereka yang sebelumnya sudah terbiasa dengan physical keyboard. Karena itu bersama dengan Q10, Blackberry Q5 pun hadir dengan keyboard QWERTY.

Spesifikasi Blackberry Q5 jelas berbeda dengan smartphone Blackberry kelas high-end seperti Z30. Sebab segmen yang dituju pun sangat berbeda, Q5 menyasar segmen mid-end. Namun pertanyaannya apakah Blackberry Q5 bakal mampu bersaing dengan smartphone Android dan Windows Phone di kisaran harga yang sama?



Spesifikasi Blackberry Q5

Product Line BLACKBERRY Q5 HITAM
Model Q5 HITAM
Ukuran (L x W x H cm) 12 x 6.6 x 1 cm
Berat (kg) 0.12 kg
Warna Hitam
Tipe Q5
Ukuran Layar (in) 3.1
Kapasitas Penyimpanan 8
Memori Grafis 2
Kecepatan CPU 1.20
Megapiksel 5.0
Sistem Operasi Other
Fitur GSM|Music Player|Primary Camera|Touchscreen|GPS|Secondary Camera|Image Stabilization|MP3|Internet Ready
Care label
Garansi produk Garansi dari Distributor 2 tahun
(Wii / Berrindo / Royal / Bless / Bbm / 3Berry)
barang yang diterima oleh customer tergantung ketersediaan stock dari masing-masing distributor
Input USB
Output 3.5mm jack|USB
Koneksi Nirkabel 4G|Bluetooth|WiFi|EDGE|3G
Kamera Ya
Kamera Belakang 5 MP
Kamera Depan 1.3
Resolusi Layar 720 x 720
Tipe Baterai Li-Ion
Kapasitas Baterai 2180 mAh
Built in Memory 2 GB RAM
Tipe Memory Card microSD
Tipe Layar IPS
Kedalaman Warna 16 Juta Warna
Versi Sistem Operasi Blackberry 10 OS
SIM micro SIM GSM
Kapasitas Penyimpanan 8 GB
Kecepatan Processor 1.2 GHz
Tipe Processor Dual Core Qualcomm Snapdragon 4
Product warranty in english Garansi dari Distributor 2 tahun
(Wii / Berrindo / Royal / Bless / Bbm / 3Berry)
barang yang diterima oleh customer tergantung ketersediaan stock dari masing-masing distributor
RAM 2
USB Port Ya
Video HD Ya
Resolusi Video 1920x1080
Built in Flash Ya
Fitur Kamera Lainnya Autofokus

Desain Blackberry Q5 sangat sederhana seperti umumnya ponsel lain yang menggunakan keyboard QWERTY. Build quality-nya tergolong baik, khas Blackberry namun sayang material plastik yang digunakan pada casing membuatnya tampak lebih murah dari harga yang sebenarnya. Ketiadaan lapisan karet atau kontur di bagian belakang juga membuatnya terasa licin dan mudah sekali kotor.

Keunggulan Blackberry Q5 tak lain adalah QWERTY keyboard yang diusungnya. Jujur saja, mungkin ini juga adalah satu-satunya yang menjadi kelebihan BB Q5. Meski keberadaannya dianggap aneh bagi mereka yang tidak pernah menggunakan Blackberry karena kini hampir semua smartphone sudah mengaplikasikan layar sentuh, namun bagi mereka yang sudah bertahun-tahun menggunakan ponsel tradisional ataupun Blackberry tentu keberadaan keyboard ini bakal dirasa vital.

Sama halnya dengan Blackberry Z3, BB Q5 pun sudah menjalankan sistem operasi Blackberry 10. Sayangnya ketiadaan layar sentuh menjadikan pengalaman yang diberikan oleh BB 10 ini tidak semenarik ketika menggunakan layar sentuh seperti pada Z3, Z10 atau Z30.





Di sektor kamera, pabrikan asal Kanada itu menempatkan kamera 5 MP di bagian belakang. Bukan hanya resolusinya rendah namun kualitas foto yang dihasilkan juga jauh dari memuaskan. Karena itu pemilik Blackberry Q5 rasanya tetap perlu menenteng kamera digital saat berwisata. Tapi soal kualitas kamera memang tidak pernah menjadi keunggulan Blackberry bahkan pada seri yang lebih mahal sekalipun.

Harga Blackberry Q5

Jika Anda adalah mantan pengguna Blackberry Bold atau BB Curve rasa-rasanya Blackberry Q5 bakal mampu memenuhi ekspektasi Anda. Namun jika Anda sudah terbiasa dengan sistem operasi lain lebih-lebih dengan layar sentuh maka rasanya tak ada kelebihan yang bisa didapat dari Q5 ini. Bahkan jika Anda adalah pecinta Blackberry OS dan physical keyboard dengan dana lebih ada baiknya menunggu Blackberry Passport masuk Indonesia.
Harga Blackberry Q5 terbaru saat ini ada di kisaran Rp 2.3 juta dengan internal memori 8 GB.