on

Perkiraan Harga iPhone 6 dan Spesifikasi

iPhone 6 sampai saat ini memang belum secara resmi masuk di Indonesia. Dengan berbagai fitur baru dan upgrade spesifikasi wajar saja jika banyak yang tak sabar menanti kehadirannya. Sambil menanti iPhone 6 masuk Indonesia mari kita tengok sedikit ulasan smartphone terbaru dari Apple ini.

Kabar bakal masuknya iPhone 6 di Indonesia tentu sudah dinantikan utamanya oleh mereka yang saat ini sudah menggunakan iPhone. Bukan rahasia bahwa siapapun yang sudah pernah menggunakan iPhone umumnya enggan berpaling ke sistem operasi lain. Karenanya para pemilik iPhone lama pasti sudah jauh-jauh hari memutuskan apakah dirinya hendak membeli atau tidak membeli bahkan sebelum iPhone 6 resmi masuk Indonesia.

Apple memang bekerja keras untuk memastikan konsumennya merasa “kecanduan”, dan sejauh ini mereka terbukti sukses menjalankan misi tersebut. Bahkan karena keunikan dan keistimewaan iPhone sampai-sampai umum terjadi jika salah satu anggota keluarga sudah menggunakan smartphone besutan Apple ini maka hampir pasti anggota keluarga yang lain bakal mengikuti pada akhirnya.



Spesifikasi iPhone 6


Release date


September 2014

Form factor

Touchscreen

Dimensions (mm)


158.10
x
77.80
x
7.10

Weight (g)

172.00

Battery capacity (mAh)

2915

Removable battery

No

Colours

Silver, Gold, Space Gray

SAR value

NA
Display

Screen size (inches)

5.50

Touchscreen

Yes

Touchscreen type

Capacitive

Resolution

1080x1920
pixels

Pixels per inch (PPI)

401

Colours

16M
Hardware

Processor make

Apple A8

RAM

1GB

Internal storage

16GB
Camera

Rear camera

8-megapixel

Flash

Yes

Front camera

1.2-megapixel
Software

Operating System

iOS 8.0

Java support

Yes

Browser

HTML

Browser supports Flash

No
Connectivity

Wi-Fi

Yes

Wi-Fi standards supported

802.11 a/ b/ g/ n/ ac

GPS

Yes

Bluetooth

Yes, v 4.00

NFC

Yes

Infrared

No

DLNA

No

Wi-Fi Direct

No

MHL Out

No

HDMI

No

Headphones

3.5mm

FM

No

USB

No

Charging via Micro-USB

No

Proprietary charging connector

Yes

Proprietary data connector

Yes

Number of SIMs

1

SIM Type

Nano-SIM

GSM/ CDMA

GSM

3G

Yes

Perbedaan antara iPhone 6 dengan iPhone 5S atau versi sebelumnya yang paling signifikan tentu saja adalah dimensinya. Bersama dengan iPhone 6 Plus, iPhone 6 merupakan device pertama dimana pabrikan yang identik dengan Steve Jobs tersebut menggunakan layar berukuran lebar.

Meski tahun-tahun sebelumnya Apple tampak ngotot mempertahankan pendapat bahwa ukuran ideal bagi layar smartphone maksimal adalah 4.5 inch namun ternyata mereka sendiri tak lagi bertahan dengan pemikiran tersebut.

Kini dengan layar berukuran 4.7 inch, iPhone 6 mengusung layar yang setara dengan dua kompetitor utamanya yaitu Samsung Galaxy S5 dan Motorola Moto X. Memang ketika tiga smartphone terbaik yang ada saat ini tersebut dibandingkan secara langsung dimensi iPhone 6 adalah yang terkecil di antara ketiganya. Namun ukuran layar smartphone Apple tersebut tampak sangat pas dan tidak terlalu kecil.


Di atas kertas memang layar iPhone 6 tampak kalah dari Samsung Galaxy Alpha ataupun Motorola Moto X. Dengan resolusi 720 pixels dan kedalaman warna 326 ppi di atas kertas kualitas layarnya seperti tak sebanding dengan Samsung Galaxy S5 dengan kedalaman warna 432 ppi dan Moto X dengan 441 ppi. Belum lagi kedua kompetitornya itu menawarkan resolusi full HD.

Namun jangan salah, faktanya data-data yang ada dari spesifikasi iPhone 6 dan rival-rivalnya itu tak bisa dijadikan patokan untuk perbandingan. Kualitas layar iPhone 6 tak kalah baik, tajam dan natural dibanding dua smartphone yang disebut itu.

Dan bukan kali ini saja data spesifikasi smartphone di atas kertas tidak bisa dijadikan patokan. Tengok saja flagship model terbaru Samsung yaitu Samsung Galaxy Alpha yang sama halnya dengan iPhone 6 “hanya” menawarkan resolusi 72o pixels dan kedalaman warna 312 ppi. Jika dibandingkan dengan pendahulunya yaitu Samsung Galaxy S5 di atas kertas jelas tampak lebih unggul Galaxy S5. Namun fakta di lapangan sepenuhnya berbeda. Sudah pasti pabrikan sekaliber Samsung takkan berbuat bodoh dengan melakukan downgrade.

Mengapa bisa demikian? Memang teknologi layar smartphone berkembang sangat pesat. Tengok saja LG G3 dengan layar quad HD yang memiliki kedalaman warna bahkan lebih tinggi ketimbang sebuah televisi modern. Namun pertanyaannya adalah apakah kedalaman warna dan resolusi yang super itu bisa dikenali oleh mata telanjang? Sayangnya tidak!

Mungkin berangkat dari fakta inilah maka Samsung Galaxy Alpha dan iPhone 6 tidak gila-gilaan ketika bicara spesifikasi layar. Kedua pabrikan yang saling berseteru itu mungkin sadar bahwa spesifikasi tinggi hanyalah kesia-siaan dan pemborosan jika mata normal saja tidak bisa membedakan.

Memang jika dibandigkan langsung secara sebelah menyebelah maka gambar dan warna yang ditampilkan oleh layar LG G3 lebih baik daripada Samsung Galaxy Alpha maupun iPhone 6. Tapi selain dengan cara itu spesifikasi layar Galaxy Alpha maupun iPhone 6 dijamin sudah bakal membuat Anda terpukau.

Dari segi desain, seperti biasa iPhone 6 lagi-lagi harus diakui sebagai smartphone dengan desain terbaik yang ada saat ini. Meski ukurannya lebih besar namun bobotnya lebih ringan dari rata-rata smartphone Android dan masih tetap tipis. Selain itu dengan build quality yang baik smartphone ini terasa mantap dan solid kala digenggam. Smartphone Blackberry yang terkenal dengan build quality baik pun tidak ada apa-apanya.

Sayang beribu sayang pada bagian belakang ada beberapa penggunaan material plastik yang bagi sebagian besar konsumen loyal Apple fakta ini bisa dianggap sebagai sebuah “pengkhianatan”.



Kualitas kameranya sendiri seperti biasa, mengagumkan. Sehingga ketika pemilik smartphone merek lain masih harus menenteng kamera saku untuk mendapat hasil foto yang lebih baik, tidak demikian halnya dengan pengguna iPhone karena kamera yang dimiliki smartphone Apple ini sudah lebih dari cukup untuk non profesional. Namun penempatan lensa di tepi atas dan sedikit menonjol keluar bisa menjadi kelemahan iPhone 6.

Pasalnya posisi dan desain ini menyebabkan lensa kamera iPhone 6 mudah tergores, dan jika sampai ini terjadi, dan hampir pasti terjadi, maka kualitas foto yang dihasilkan sudah pasti akan menurun drastis. Entah kenapa Apple yang tersohor jika bicara soal desain bisa melakukan kesalahan fatal seperti ini.

Harga iPhone 6

Saat ini harga iPhone 6 dibanderol sekitar $749 tanpa kontrak dan dengan memori internal 16 GB. Harga iPhone 6 di Indonesia di pasar BM yang konon sempat muncul beberapa waktu lalu dibanderol hingga Rp 17 juta. Belum bisa ditebak berapa harga resminya, karena sampai saat ini kepastian waktunya pun bahkan belum ada.

iPhone 6 masih layak menyandang predikat sebagai smartphone terbaik di dunia sama halnya dengan para pendahulunya. Bahkan Motorola Moto X yang beroleh gelar smartphone Android terbaik di dunia pun belum mampu menyamai iPhone 6 dalam banyak hal. Ditambah lagi soal ekosistem hingga saat ini belum ada sistem operasi lain yang mampu menyamai iOS.

Layar Retina ukuran 4.7 inch adalah perubahan yang sudah pasti bakal diapresiasi oleh konsumen, sedangkan daya tahan baterainya tidak istimewa namun masih lebih baik dibanding iPhone 5s.