on

Harga Motorola Moto E Akhirnya Resmi Dirilis

Harga Motorola E di Indonesia akhirnya secara resmi dirilis, versi downgrade dari Motorola Moto G yang sudah dirilis terlebih dahulu ini dibanderol Rp 1,3 juta atau berada di kisaran harga yang sama dengan Xiaomi Redmi 1s. Moto E akan semakin meramaikan bursa ponsel murah di Indonesia sekaligus memberi semakin banyak alternatif pilihan bagi konsumen.

Spesifikasi Motorola Moto E sendiri sudah cukup untuk menjelaskan kelas serta gambaran performa dari ponsel Android terbaru buatan Motorola ini. Maka jangan harapkan fitur-fitur gimmick seperti yang ditawarkan oleh Sony Xperia C3 bakal ditemukan di sini. Tujuan pabrikan yang kini dikuasai oleh Lenovo tersebut sangat jelas, yaitu menghadirkan ponsel Android murah yang mengakomodir berbagai keperluan pengguna smartphone masa kini.

Sukses dengan Moto G rupanya tak membuat Motorola puas, sebab mereka melihat bahwa masih ada segmen di bawah Moto G yang belum terlayani dan tersentuh oleh pabrikan lain. Dengan baterai yang bisa diganti berikut penempatan speaker di bagian depan lagi-lagi Motorola membuat sebuah terobosan di kelas low-end yang selama ini sedikit diacuhkan oleh merek-merek besar seperti Samsung atau HTC.

Desain casing Moto E sendiri tak jauh berbeda dari Moto G maupun Moto X, kecuali dimensinya yang memang lebih kecil. Keunggulan dari desain ini adalah bagian sudut yang sedikit membulat sehingga memberi kenyamanan lebih saat digenggam. Selain itu dengan desain tersebut Moto E tak berkesan murahan meski harganya hanya di kisaran Rp 1 juta-an.

Harga Motorola Moto E
Motorola Moto E

Selain itu meski termasuk ponsel murah namun keberadaan splash guard untuk melindungi dari percikan air menunjukkan bahwa pihak pabrikan sangat memerhatikan hal-hal detil, bahkan beberapa ponsel kelas menengah yang harganya lebih dari dua kali lipat seperti Sony Xperia C3 saja masih belum dilengkapi dengan desain ini.

Seperti sudah disinggung dalam tulisan sebelumnya bahwa Moto E menggunakan layar qHD 4.3 inch dengan resolusi 540 x 960 pixels yang artinya bahkan bukan layar HD (720 pixels).
Harga Motorola Moto E adalah faktor kunci yang menentukan bagi calon konsumen yang menjadi target market-nya. Namun lagi-lagi di kisaran harga yang sama ponsel Android murah ini harus berhadapan dengan Xiaomi Redmi 1s.


Masing-masing hadir dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya sendiri, mana yang lebih pas untuk dipilih tentu sangat bergantung pada pertimbangan dan preferensi calon konsumen. Motorola Moto E minim fitur namun purna jualnya sudah teruji, sementara Xiaomi Redmi 1s menawarkan fitur dan kualitas kamera yang sedikit lebih baik namun sebagai pemain baru layanan purna jualnya di Indonesia masih belum teruji.