on

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia Z3 Compact

Sony Xperia Z3 Compact merupakan versi mini dari Sony Xperia Z3 standar yang pernah dibahas beberapa waktu lalu. Setelah beberapa tahun lalu Sony merilis Xperia Z1 Compact dan tidak berlanjut dengann Z2 Compact rupanya pabrikan asal Jepang itu belum menyerah menghadirkan versi mini dari model flagship-nya. Tampaknya sukses Samsung Galaxy Mini S5 sedikit banyak berpengaruh terhadap keputusan rivalnya merilis Sony Xperia Z3 Compact.

Satu hal yang disayangkan dari Sony Xperia Z3 Compact adalah pihak pabrikan meninggalkan casing metal yang tadinya diaplikasi pada Xperia Z1 Compact menjadi material plastik. Walau dari segi material tampak terjadi penurunan, namun tidak demikian dari segi estetika desain. Desain Sony Xperia Z3 Compact tampak lebih elegan sekaligus menarik dibandingkan Z1 Compact.

Harga Sony Xperia Z3 Compact


Spesifikasi Sony Xperia Z3 Compact


General

Release date


September 2014

Form factor

Touchscreen

Dimensions (mm)


127.30
x
64.90
x
8.60

Weight (g)

129.00

Battery capacity (mAh)

2600

Removable battery

No

Colours

Black, White, Orange, Mint

SAR value

NA
Display

Screen size (inches)

4.60

Touchscreen

Yes

Touchscreen type

Capacitive

Resolution

720x1280
pixels

Colours

16M
Hardware

Processor


2.5GHz
quad-core

Processor make

Qualcomm Snapdragon 801

RAM

2GB

Internal storage

16GB

Expandable storage

Yes

Expandable storage type

microSD

Expandable storage up to (GB)

128
Camera

Rear camera

20.7-megapixel

Flash

Yes

Front camera

2.2-megapixel
Software

Operating System

Android 4.4

Java support

Yes

Browser supports Flash

No
Connectivity

Wi-Fi

Yes

Wi-Fi standards supported

802.11 a/ b/ g/ n/ ac

GPS

Yes

Bluetooth

Yes, v 4.00

NFC

Yes

Infrared

No

DLNA

Yes

Wi-Fi Direct

Yes

MHL Out

No

HDMI

No

Headphones

3.5mm

FM

Yes

USB

Micro-USB

Charging via Micro-USB

Yes

Proprietary charging connector

No

Proprietary data connector

No

Number of SIMs

1

SIM Type

Nano-SIM

GSM/ CDMA

GSM

3G

Yes
Sensors

Compass/ Magnetometer

Yes

Proximity sensor

Yes

Accelerometer

Yes

Ambient light sensor

Yes

Gyroscope

Yes

Barometer

No

Temperature sensor

No


Jika Samsung Galaxy S5 Mini belum dilengkapi dengan perlindungan terhadap air dan goncangan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S5 standar tidak demikian halnya dengan Xperia Z3 Compact. Versi mini dari Xperia Z3 ini sudah mengadopsi perlindungan iP68. Pada bagian depan bisa dilihat speaker stereo bersama dengan kamera depan dan sensor.

Dimensinya terasa lebih besar jika dibandingkan Z1 Compact namun lebih ringan dan lebih tipis. Smartphone android terbaru dari Sony ini hanya sedikit lebih lebar dibandingkan iPhone 5s.

Spesifikasi Sony Xperia Z3 Compact tak banyak perbedaan dengan Sony Xperia Z3 standar. Tengok saja prosesor Qualcomm Snapdragon 801 2.5 GHz yang berpadu dengan GPU Adreno 330. Perbedaannya jika Sony Xperia Z3 standar memiliki RAM dengan kapasitas 3 GB maka pada Sony Xperia Z3 Compact kapasitasnya sedikit menyusut menjadi 2 GB.

Namun perbedaan sesungguhnya antara kedua smartphone Android Sony itu adalah ukuran layarnya. Xperia Z3 Compact menggunakan layar yang lebih kecil yaitu 4.6 inch. Meski kecil namun resolusinya cukup tinggi yaitu 720 x 1280 pixels atau full HD.

Harga Sony Xperia Z3 Compact

Oleh karena layar yang lebih kecil ini pula maka kapasitas baterainya menyusut 2.000 mAh dimana versi standarnya menggunakan baterai 3.100 mAh.

Di luar itu lagi-lagi spesifikasi Sony Xperia Z3 Compact tak berbeda dengan versi standarnya. Kamera belakang 20.7 MP masih dipertahankan. Jadi pada dasarnya memilih antara Xperia Z3 Compact atau versi standar pada akhirnya hanya soal preferensi dimensi. Sebab kelengkapan, fitur dan spesifikasi keduanya berimbang.

Perbandingan antara kecua Xperia Z3 ini bak perbandingan antara iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang pada dasarnya juga hanya berbeda dimensi dan ukuran layar saja.

Harga Sony Xperia Z3 Compact

Spesifikasi Sony Xperia Z3 Compact

Harga Sony Xperia Z3 Compact

Sama seperti versi standarnya, Sony Xperia Z3 Compact pun belum secara resmi masuk di Indonesia. Namun sebagai gambaran saja harga Sony Xperia Z3 Compact di UK saat ini dibanderol £349. JikaAnda adalah penggemar smartphone dengan spesifikasi tinggi namun tidak suka dengan ukuran yang besar rasa-rasanya Xperia Z3 Compact merupakan kandidat yang wajib dipertimbangkan.