on

Smartphone Android Terbaru Motorola DROID Turbo a.k.a. Motorola Moto Maxx

Motorola bakal merilis smartphone Android terbaru yang disebut Motorola DROID Turbo. Beberapa waktu lalu detil spesifikasi HP Android terbaru ini mulai beredar di beberapa blog yang bukan merupakan sumber resmi namun kredibel. Meski sekilas penampilannya biasa saja namun ternyata ada beberapa keunggulan Motorola DROID Turbo yang tak dimiliki kompetitornya.

Salah satu keunggulan Motorola DROID Turbo yang paling ramai didiskusikan di berbagai forum saat ini tentu saja adalah baterainya yang diklaim sanggup bertahan selama dua hari penuh atau 48 jam. Keunggulan kedua adalah layar 5.2 inch dengan resolusi qHD yang konon bakal mampu mengalahkan LG G3 sebagai HP Android terbaik saat ini.

Motorola DROID Turbo


Spesifikasi Motorola DROID Turbo

Display5.2-inch AMOLED, Quad HD (1440 x 2560 pixels), 565 ppi
Processor2.7 Ghz quad-core Qualcomm Snapdragon 805, Adreno 420
RAM3GB
CameraRear: 21MP. Front: 2MP
Battery3,900 mAh
Storage32GB/64GB, non-expandable
NetworksCDMA/EVDO Rev A (850, 1900MHz)
LTE Cat 4 (bands 2, 3, 4, 7, 13)
Carrier Aggregation (B4+13)
GSM/GPRS/EDGE (850, 900, 1800, 1900MHz)
UMTS/HSPA+ (850, 900, 1900, 2100MHz)
ConnectivityGPS, microUSB 2.0, WiFi a/b/g/n/ac, NFC, Bluetooth 4.0
SoftwareAndroid 4.4 Kitkat
DimensionsBallistic Nylon: 143.5 x 73.3 x 11.2mm - 176g
Metalized Fiber: 143.5 x 73.3 x 10.6mm - 169g
ColorsBlack, Red

Motorola DROID Turbo bahkan sudah mulai dijual kemarin oleh salah satu operator seluler terkemuka di Amerika Serikat yaitu Verizon. Memang dimensinya tampak tidak begitu kompak, namun dengan daya tahan baterai hingga 48 jam dan resolusi qHD diprediksi smartphone Android terbaru keluaran Motorola ini bakal mendapat respon positif dari konsumen.

Meski dimensinya besar namun desain yang menyerupai Motorola Moto X menjadikan ponsel ini secara teoritis nyaman digenggam karena sudut yang membulat. Selain itu menurut beberapa reviewer yang sudah menjajal langsung build quality-nya sangat solid, sehingga tak perlu khawatir terjadi cacat seperti skandal Bendgate yang dialami oleh iPhone beberapa waktu lalu.

Casing yang solid pada Motorola DROID Turbo berkat penggunaan bahan kevlar yang umum digunakan juga sebagai bahan rompi anti peluru. Kombinasi bahan lainnya adalah metallized glass fiber yang tak sekedar memperkuat casing namun juga memberikan efek berkilau.

Pada bagian bawah handset terletak tombol pengatur volume dan port USB 2.0 untuk mengisi ulang baterai. Sementara pada bagian atas terdapat port untuk headset. SIM card-nya sendiri terpasang di bagian dalam.

Dengan resolusi 2560 x 1440 pixels yang berarti kedalaman warnanya bahkan lebih baik dibanding resolusi full HD 1080 pixels tak heran jika perusahaan yang sudah diakuisisi oleh Lenovo itu mengklaim produk terbarunya bakal mampu mengalahkan LG G3.

Tak cukup sampai di situ beberapa spesifikasi unggulan seperti kamera 21 MP yang sanggup merekam video 4K pun turut mendukung Motorola DROID Turbo. Sementara itu bertanggung jawab atas performanya adalah 2.7 GHz quad core Qualcomm Snapdragon 805, GPU Adreno 420 dan RAM berkapasitas 3 GB.

Meski daya tahan baterainya merupakan keunggulan Motorola DROID Turbo atas para kompetitor namun bagi Motorola sendiri sebenarnya teknologi ini sama sekali tidak baru. Sebab dalam sejarahnya perusahaan ini juga pernah merilis smartphone dengan daya tahan baterai di atas rata-rata salah satunya adalah Motorola DROID Maxx yang diperkenalkan setahun lalu.

OS yang dijalankan oleh Motorola DROID Turbo adalah sistem operasi Android KitKat 4.4.4, namun pihak pabrikan menjamin bahwa update ke sistem Android Lollipop sudah bisa dilakukan paling lambat pada akhir tahun ini. Karenanya smartphone terbaru Motorola ini bakal menjadi salah satu HP Android Lollipop pertama di luar Nexus.

Motorola DROID Turbo

Harga Motorola DROID Turbo

Harga Motorola DROID Turbo oleh Verizon dibanderol $199 dengan kontrak selama dua tahun. Kemungkinan jika Motorola DROID Turbo masuk Indonesia dan beberapa negara lain nantinya dengan nama Motorola Moto Maxx. Namun tampaknya kemungkinan tersebut sangat kecil mengingat bahwa belum lama ini dikabarkan Motorola Moto Maxx hanya akan dijual di Amerika Latin saja, bahkan negara-negara Eropa pun takkan menikmati kencanggihan ponsel Motorola ini.