on

Harga HTC One M8 Bulan ini dan Spesifikasi Lengkap

HTC One M8 hingga hari ini masih menjadi flagship model dari HTC. Meski beberapa kali sempat beredar rumor bahwa pabrikan asal Taiwan ini segera merilis penggantinya yang kono bernama HTC One M8 Eye namun sampai saat ini belum ada informasi resmi yang dirilis. Dan sampai saat ini pula setidaknya HTC One M8 masih layak menjadi lawan bagi Samsung Galaxy S5, LG G3 dan Sony Xperia Z3.

HTC One M8 memanaskan persaingan di kelas high-end lewat desain yang elegan dengan casing metal khas HTC. Meski spesifikasinya tak banyak berbeda dari kompetitor namun desain dan built quality yang superior menjadikannya menonjol jika dibanding Samsung Galaxy S5. Dari semuanya itu salah satu fitur unggulan HTC One M8 tak lain adalah kamera yang telah ditingkatkan dari versi sebelumnya.

HTC One M8 Terbaru
Jual HTC One M8


Spesifikasi HTC One M8

Ukuran (L x W x H cm) 14.6 x 7.0 x 9.4
Berat (kg) 0.16
Warna Silver
Ukuran Layar (in) 5.0
Hard Disk 16
RAM 2
Kapasitas Penyimpanan 16
Megapiksel 5.0
Fitur Tampilan Full HD|HD
Fitur GSM|Music Player|Primary Camera|Bluetooth|3G|Touchscreen|Wi-Fi|GPS|Secondary Camera|HD Recording|HD |Full HD |Image Stabilization|MP3
Garansi produk 1 Tahun Garansi (Service Center)
Koneksi Nirkabel 4G|Bluetooth|WiFi|EDGE|3G

Membandingkan antara HTC One M8 dan Samsung Galaxy S5 selama ini hanya ditilik dari spesifikasi semata. Padahal yang membedakan antara keduanya justru terletak pada kualitas casing, desain serta fitur-fitur yang ada pada masing-masing smartphone Android terbaik tersebut.

Tengok saja pada bagian layar misalnya, baik HTC One M8 maupun Samsung Galaxy S5 sama-sama memiliki layar berukuran 5 inch. Namun dengan resolusi 1920 x 1080 pixels serta kedalaman warna 441 ppi sudah bisa ditebak bahwa kualitas layar smartphone sedikit di atas smartphone Samsung Galaxy.

Sebelumnya HTC juga selalu unggul di sektor kualitas audio, dan meski kerja samanya dengan Beats by Dre sudah berakhir namun ternyata justru kualitas audio yang dihasilkan oleh HTC One M8 lebih baik dibanding HTC One M7.

Keunggulan kualitas audio pada smartphone HTC terbaru ini tak lain adalah berkat desain ulang posisi chamber berikut penambahan amplifier yang menjadikan HTC One M8 unggul telak atas Samsung Galaxy S5 di sektor ini.

Harga HTC One M8 Terbaru

HTC One M8 Spesifikasi Harga

Pada seri-seri sebelumnya HTC memang masih tampak sedikit di bawah Samsung, namun keinginan pabrikan asal Taiwan untuk mengalahkan rivalnya yang berasal dari Korea itu tampaknya makin menjadi-jadi. Tengok saja setidaknya dari spesifikasi hardware HTC One M8 yang benar-benar meniru spesifikasi Samsung Galaxy S5.

Seolah pabrikan asal Taiwan ini ingin menerapkan pola “ATM” atau Amati Tiru dan Modifikasi. Faktor “tiru” bisa dilihat dari spesifikasi keduanya yang sama persis, sementara faktor “modifikasi” terletak pada fitur tambahan HTC One M8 yang unggul atas Samsung Galaxy S5.

Seperti sudah disinggung di awal bahwa salah satu keunggulan utama HTC One M8 adalah pada sektor kamera.
Memang rata-rata foto yang dihasilkan memiliki resolusi 4 MP namun berkat sensor Ultrapixel yang mampu menangkap cahaya lebih baik dibanding sensor biasa maka kualitas foto yang dihasilkan pun di atas rata-rata para kompetitornya.

Perbedaan paling kentara adalah saat mengambil foto di ruangan minim cahaya atau pada malam hari. Umumnya pada kondisi demikian kamera smartphone nyaris tidak mampu menghasilkan foto yang layak disimpan. Namun tidak demikian halnya dengan HTC One M8, walaupun saat dilihat pada resolusi aslinya gejala image noise masih bisa terdeteksi.
Setidaknya kamera smartphone HTC ini lebih mampu menghasilkan foto berkualitas kala kondisi minim cahaya dibanding smartphone Android lainnya.

Di atas kamera belakang tersebut pihak pabrikan masih menempatkan sebuah kamera tambahan. Banyak keuntungan yang didapat dari kamera kedua ini, salah satunya adalah kemampuan membuat latar belakang sebuah obyek menjadi kabur (bokeh) yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan interchangeable kamera atau DSLR kamera.

Namun demikian dua kamera di bagian belakang HTC One M8 sebenarnya juga masih belum terasa maksimal. Karena meski kualitas foto yang dihasilkan tampak superior ketika dilihat di layar smartphone namun ternyata masih tampak banyak kekurangan kala foto tersebut dilihat pada layar laptop atau lebih-lebih dicetak.

Meski diapresiasi keberadaannya pada sebuah smartphone dan diapresiasi pula oleh mereka yang sekedar berfoto untuk diunggah ke media sosial namun bagi penggemar fotografi sejati yang mementingkan aspek kualitas sebuah foto rasa-rasanya segala kelebihan yang dimiliki oleh kamera HTC One M8 tak dianggap lebih dari sekedar gimmick. Secara keseluruhan kualitasnya masih kalah dari Nokia Lumia 930.

Sementara itu kamera bagian depan menggunakan sensor 5 MP f/2.0 yang tanpa ragu bakal digemari oleh para maniak foto selfie. Meski resolusinya lebih tinggi dari kamera belakang namun belum menggunakan teknologi Ultrapixel sehingga kualitasnya masih di bawah kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera belakang dengan sensor 4 MP Ultrapixel.

Sebaliknya untuk merekam video baik kamera depan maupun belakang menghasilkan kualitas yang sangat baik dan keduanya berimbang.

Fitur HTC One M8 tak berhenti sampai di situ, satu fitur lagi yang bukan sekedar fungsional namun juga layak diapresiasi dari segi estetika adalah Dot View yang tak lain adalah lampu LED difungsikan sebagai notifikasi saat ada telepon atau SMS yang masuk begitu pula saat mengatur volume atau memberi peringatan saat baterai melemah.
Namun di pihak lain casing/cover Dot View ini juga memiliki kelemahannya sendiri, jika tidak dirawat baik-baik maka debu yang menempel lama-lama akan merusak tampilan smartphone secara keseluruhan. Selain itu juga kadang terasa mengganggu saat harus mengetik di layar dengan dua tangan.

HTC One M8 Indonesia

HTC One M8

Harga HTC One M8

Dengan segala fitur dan kualitasnya HTC One M8 jelas lebih unggul dibanding Samsung Galaxy S5. Bahkan sebelum kehadiran LG G3 beberapa bulan lalu HTC One M8 adalah smartphone Android terbaik yang ada di pasaran, namun semua itu juga harus ditebus dengan harga yang tidak murah.

Sampai saat ini harga HTC One M8 masih stabil di kisaran Rp 9-9,5 juta-an, meski terasa mahal namun setidaknya stabilitas harga juga membuktikan bahwa smartphone Android keluaran HTC ini masih banyak peminatnya.