on

Nokia N1 Tablet Android Lollipop Pertama dari Finlandia

Nokia N1 baru-baru ini diumumkan oleh pabrikan asal Finlandia, Nokia sebagai tablet Android Lollipop pertama yang mereka rilis. Tak hanya itu Nokia N1 mencatatkan diri pula sebagai tablet Android Lollipop pertama yang dirilis diluar merek Nexus milik Google sendiri. Apakah Nokia N1 sekedar upaya pabrikan asal Finlandia itu untuk mencoba peruntungannya?

Nokia N1 diumumkan hanya berselang beberapa hari setelah Microsoft resmi mencoret nama Nokia dari seri Lumia dengan ditandai oleh rilisnya Microsoft Lumia 535 pekan lalu. Memang sebagai bagian dari perjanjian akuisisi antara Microsoft dan Nokia pabrikan asal Finlandia itu dilarang memproduksi perangkat ponsel hingga tahun 2015. Namun pada perjanjian itu tak ada larangan bagi Nokia untuk memproduksi mobile device lainnya termasuk tablet yang dipandang sebagai celah untuk melahirkan Nokia N1 ini.

Spesifikasi Nokia N1 Tablet Android Lollipop


Spesifikasi Nokia N1 Tablet Android Lollipop

Component Description
Screen size 7.9 inches
Screen type IPS LCD
Resolution 2048 x 1536
Pixel density 324 ppi
SoC Intel 64-bit Atom Z3580
Type Quad-core
Speed 2.3 GHz
GPU PowerVR G6430 533MHz
RAM 2GB
Storage 32GB
Expansion None
Camera 8MP autofocus
Flash None
Front-facer 5MP fixed focus
Battery 5300mAh
OS Android 5.0 Lollipop
Bands WiFi-only
SIM type N/A
Bluetooth Bluetooth 4.0
WiFi 802.11a/b/g/n/ac (MIMO)
NFC Unknown
Infrared None
Sensors 6-axis gyro / accelerometer
Build One-piece design / aluminum with surface anodization
Size 200.7 x 138.6 x 6.9mm / 318g

Nokia N1 hadir dengan layar berukuran 7.9 inch yang menawarkan resolusi 2048 x 1536 pixels. Layar tipe IPS LCD ini sudah dilapisi dengan pelindung Gorilla Glass 3 untuk meminimalisir goresan pada layar sentuh tersebut. Sedangkan untuk performanya Nokia memercayakan pada prosesor 64 bit Intel Atom Z3580 dengan kecepatan 2.3 GHz yang terkenal tidak cepat panas yang berkombinasi dengan GPU PowerVR G6430 dan RAM dengan kapasitas 2 GB.

Sementara untuk media penyimpanannya disediakan internal memori yang cukup lega yaitu 32 GB yang sayangnya tidak didukung dengan memori eksternal, sehingga pemilik tablet Android Lollipop dari Nokia ini selamanya bergantung pada internal memori 32 GB tersebut. Tentu ini bukan kelemahan Nokia N1, pasalnya memang perangkat mobile seperti smartphone maupun tablet memang tidak dimaksudkan untuk menyimpan file foto atau video secara permanen. Hanya saja keberadaan memori eksternal yang umumnya berupa keping microSD bakal mempermudah proses pemindahan data dari perangkat mobile ke laptop, desktop maupun keping CD.

Pada bagian depan casing Nokia N1 terdapat kamera dengan resolusi 5 MP, sementara di bagian belakang terdapat kamera 8 MP. Saat masih memproduksi ponsel Nokia Lumia, produsen asal Finlandia ini selalu terkenal dengan kualitas kamera yang superior. Sayangnya belum jelas apakah kamera pada tablet Nokia N1 akan memiliki kecanggihan yang sama atau sekedar kamera biasa seperti pada tablet Android lainnya.

Casingnya sendiri mengaplikasi desain unibody dengan material aluminium dan tersedia dalam pilihan warna Lava Grey disamping warna asli aluminium. Desainnya memiliki banyak kemiripan dengan iPad Mini 3. Untuk mendukung fungsi mobilitasnya maka Nokia menempatkan baterai dengan kapasitas 5300 mAh dan dukungan koneksi berupa dual band WiFi (802.11a/b/g/n/ac), Bluetooth 4.0, dan port micro USB 2.0.

Jika dibandingkan dengan Nexus 9 memang Nokia N1 tampak lebih ramping dan tipis, demikian pula ukuran layarnya sedikit lebih kecil jika dibanding Nexus 9 milik Google tersebut. Tak seperti HP Android Samsung Galaxy kelas low-end dan mid-end yang meski memiliki layar besar namun sebenarnya kopong, layar lebar pada Nokia N1 menawarkan kedalaman warna 324 ppi yang jauh lebih baik dibandingkan Nexus 9 dengan 267,64 ppi.

Untuk tampilan antar mukanya sendiri Nokia N1 mengusung Z launcher yang sebenarnya bisa didapat juga di Google Playstore. Pada titik ini bisa dilihat bagaimana Nokia sebenarnya belum benar-benar serius merilis perangkat Android sehingga belum berniat untuk berinvestasi pada pengembangan tampilan antar muka khas milik mereka sendiri.

Harga Nokia N1 Tablet Android Lollipop

Harga Nokia N1 Tablet Android Lollipop

Harga Kompetitor Nokia N1 Tablet Android Lollipop
Sony Xperia Z3 Tablet Compact iPad Mini 3
Perbandingan Tablet Sony Xperia Z3 Tablet Compact dan iPad Mini 3 Perbandingan Tablet Sony Xperia Z3 Tablet Compact dan iPad Mini 3
beli sekarang beli sekarang

Harga Nokia N1 dibanderol sekitar $249 dan saat ini baru direncanakan akan dirilis di Cina pada kuartal pertama tahun depan. Jika melihat fenomena selama ini besar kemungkinan harganya akan lebih tinggi dari itu jika masuk ke Indonesia.

Dibandingkan Google Nexus 9 ada beberapa kesetaraan Nokia N1 di sektor konfigurasi hardware, hanya saja untuk konektivitas Nexus 9 sudah mendukung 3G/LTE sementara Nokia N1 masih sepenuhnya bergantung pada WiFi. Selain itu untuk audio Nexus 9 yang diproduksi oleh HTC mengusung teknologi BoomSound sebagaimana dimiliki oleh HP buatan HTC terbaru, sementara Nokia N1 menggunakan dual speaker 0.5 W. Nantinya bukan hanya Nexus 9 yang bakal menjadi kompetitor Nokia N1 melainkan juga iPad Mini 3 dan Sony Xperia Z3 Tablet Compact.